Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Inilah Fitur-fitur Baru iOS 14, Tersedia Mulai iPhone 6s Sampai yang Terbaru

1 3.898

Apple secara resmi telah menggelar acara tahunan mereka, Worldwide Developer Conference (WWDC) 2020 secara daring tengah malam tadi (23/6) waktu Indonesia. Tidak untuk perkenalkan perangkat baru, acara ini lebih memberikan informasi apa-apa saja yang bakal dihadirkan oleh Apple kedepannya. Termasuk perangkat lunak perangkatnya, seperti iOS dan iPadOS.

Tentunya yang paling banyak dinanti-nanti adalah pembaruan perangkat lunak untuk iPhone, yaitu iOS 14. Tak seperti peningkatan dari iOS 12 ke iOS 13, tahun ini Apple berikan banyak sekali fitur baru, termasuk merombak home screen. Bisa dibilang, ini adalah perubahan paling masif, menghadirkan kemampuan untuk meletakkan semacam widgets di Android. Dan masih banyak lagi peningkatan pada fitur-fitur lain seperti iMessage dan Apple Maps.

Baca juga: Apple Resmi Luncurkan iPhone SE (2020) dengan A13 Bionic, Hanya Rp7 Jutaan

iOS 14 Bawa Pembaruan Terbesar Pada Home Screen

Craig Federighi, Senior VP of Software Engineering pada Apple mengatakan dalam sebuah rilis jika iOS 14 telah mengubah elemen paling ikonik dari pengalaman menggunakan iPhone, dengan pembaruan terbesar yang pernah mereka buat pada tampilan home screen.

“Dengan widget yang didesain ulang di home screen, App Library yang secara otomatis mengatur semua aplikasi Anda, dan App Clips yang cepat dan mudah ditemukan. iPhone menjadi lebih kuat dan mudah digunakan.” Apa saja fitur-fitur barunya? Berikut daftarnya.

Home Screen Widgets & App Library

Home screen iOS 14

Selama ini, tampilan home screen hanya bisa kita atur peletakan ikon atau mungkin membuat folder. Itu saja, tanpa kustomisasi lain yang bisa kita temukan di Android atau Windows Phone. Di iOS 14, Apple perkenalkan widget baru, Smart Stacks serta App Library.

Kalau sebelumnya widgets hanya ada di halaman paling kiri, kali ini masing-masing widgets bisa diletakkan di home screen, menyatu dengan daftar aplikasi. Dengan begitu, tampilan home screen bisa lebih personal, mengingatkan kita dengan Live Tiles di Windows Phone. Sementara Smart Stacks adalah widget berdimensi besar, dapat menampilkan beberapa widget yang dirangkum untuk berikan informasi sesuai waktu, lokasi dan aktivitas.

Kalau dulu pengguna harus meletakkan aplikasi ke dalam folder supaya halaman home screen bisa berkurang, di iOS 14, pengguna dapat menghapus halaman secara langsung. Aplikasinya tidak hilang—pengguna masih bisa mencarinya lewat Search atau App Library, terletak di halaman paling kanan. Anggap saja ini app drawer di Android. Bedanya, Apple secara otomatis meletakkan aplikasi sesuai dengan kategori, sehingga lebih terstruktur.

Picture-in-Picture

Picture in Picture iOS 14

Ya, pada akhirnya iOS 14 mengejar ketertinggalan mereka dan dapat memanfaatkan ruang pada smartphone layar besarnya. Dibuat lebih sederhana, panggilan telepon maupun FaceTime yang masuk tak lagi ditampilkan secara penuh, melainkan seperti pop-up di bagian atas layar. Hal ini supaya pengguna bisa tetap fokus dengan konten yang sedang dilihat. Tampilan asisten suara Siri juga dibuat serupa.

Dengan dukungan Picture-in-Picture, kamu bisa tetap menonton konten video sembari menjelajah aplikasi lainnya. Panggilan FaceTime juga bisa dilakukan secara PiP, jadi kalau sedang akses aplikasi lain, video akan tetap terlihat.

App Clips

App Clips iOS 14

Pernah mendengar Google Play Instant Apps? Kalau sudah, maka App Clips adalah versi Apple di iOS 14. Sederhananya, fitur ini mungkinkan kita untuk akses fitur aplikasi yang belum kita punya secara cepat, tanpa perlu mengunduh dan memasangnya secara utuh. Berguna ketika kita perlu melakukan pembayaran di sebuah kedai kopi baru, misalnya. Atau menyewa kendaraan umum yang mengharuskan transaksi di dalam aplikasi.

Dengan App Clips, pengguna hanya akan mengunduh bagian penting yang diperlukan saja, sehingga menghemat waktu dan memori perangkat juga. Nantinya Apple akan sediakan kode khusus agar pengembang aplikasi bisa implementasi fitur ini, selain melalui NFC tag atau kode QR. Bisa juga melalui URL yang dibagikan dari aplikasi perpesanan atau peramban.

iMessage

iMessage iOS 14

Agar dapat mengakses orang terdekat atau grup secara cepat, pengguna dapat memberikan pin supaya posisi chat selalu berada di atas. Sementara untuk grup, iOS 14 hadirkan kemampuan untuk mention anggota grup, serta inline replies. Fitur ini berguna untuk membalas pesan agar lebih terstruktur. Tampilan foto grup juga bisa dikustomisasi lebih lanjut. Dan Apple juga berikan pilihan Memoji baru agar lebih inklusif dan kekinian, seperti penutup wajah atau masker.

Fitur-fitur Lainnya

iOS 14

Apple Maps juga diperbarui dengan rute sepeda dan rute kendaraan elektrik, supaya pengemudi bisa mendapatkan rute yang melewati terminal pengecasan kendaraan. Juga ada menu baru yaitu Guides, yang sediakan daftar tempat-tempat menarik layak dikunjungi, dikurasi dari sumber yang terpercaya seperti AllTrails, Complex dan The Washington Post.

Privasi dan keamanan juga menjadi yang sangat utama bagi Apple. Sebelumnya, Apple memperkenalkan opsi “Sign in with Apple” dimana pengguna dapat masuk ke aplikasi menggunakan kredensial anonim untuk menjaga data pribadi. Nantinya di iOS 14, pengguna dapat memilih untuk membagikan koordinat lokasi sekitar, alih-alih lokasi presisi ke aplikasi. Aplikasi yang mengakses kamera dan mikrofon juga akan diberikan tanda khusus demi transparansi.

Dan dengan iOS 14, iPhone XR ke atas dapat digunakan sebagai kunci mobil digital lewat fitur Digital Car Keys. Saat ini, kendaraan yang pertama kali mendukung fitur tersebut adalah BMW Seri 5 2021. Memanfaatkan sensor U1 dan NFC, pengguna hanya perlu menyentuhkan iPhone ke handel pintu, meletakkannya di wireless charging station pada dasbor, dan kendaraan bisa langsung dinyalakan.

Dari fitur-fitur di atas, mana nih yang paling ditunggu-tunggu oleh Gizmo friends? iOS 14 bakal tersedia untuk minimum iPhone 6s ke atas. Nantikan kehadirannya secara resmi dalam beberapa bulan mendatang ya.