Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Gaet Pelanggan pada Harbolnas 2019, Blibli Pakai Strategi “Gamification”

Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang jatuh pada tanggal cantik 11.11 menjadi momen penting bagi para pelaku di industri e-commerce. Hal ini dimanfaatkan betul oleh Blibli.com, situs belanja milik grup Djarum, yang menerapkan gamification, atau penggunaan elemen-elemen permainan, untuk menarik minat pelanggan.

Gamification menjadi salah satu strategi utama untuk menggaet perhatian dan meningkatkan interaksi dengan pelanggan selama berlangsungnya Harbolnas. Selain gamification, Blibli.com juga menonjolkan pengalaman berbelanja secara mobile yang nyaman.

Hal ini ditegaskan oleh Geoffrey L. Dermawan, Project Lead Blibli Histeria Syok! 2019 yang  mengatakan gamification telah menjadi tren untuk berinteraksi dengan pelanggan di industri e-commerce. Dengan menghadirkan gamesyang didukung alur cerita, tantangan dan hadiah yang seru, pelanggan semakin terdorong untuk berinteraksi dengan platform penjualan online.

“Blibli.com memanfaatkan tren gamification ini dengan meluncurkan mini games di aplikasi mobile, termasuk CAPIT (Cara Berbelanja Paling Irit) yang menjadi permainan utama selama Harbolnas,” ujar Geoffrey.

Baca juga: Blibli Luncurkan Fitur Pick Delivery Time, Fleksibel Atur Waktu Pengiriman

Related Posts
1 daripada 18

Dijelaskan lebih lanjut, CAPIT diluncurkan pada tanggal 1 Oktober 2019 seiring dimulainya pesta belanja Blibli.com Histeria Syok! hingga berakhir pada 31 Desember 2019. CAPIT memberi kesempatan bagi para pelanggan untuk menebus jutaan produk dengan diskon hingga 90% dan tambahan cashback hingga 100%. Para pelanggan dapat memainkan CAPIT dengan mengumpulkan lima Token Histeria, di mana setiap token didapatkan setelah berbelanja minimal Rp100.000.

“Program pesta belanja termasuk permainan CAPIT ini merupakan komitmen kami dalam memberikan layanan terbaik dan apresiasi bagi para pelanggan Blibli.com. Hingga kini, CAPIT sudah dimainkan setidaknya 470.000 kali oleh para pelanggan,” lanjut Geoffrey.

Selama Histeria Syok 11.11 di November dan Histeria Syok 12.12 di Desember, Blibli.com akan menghadirkan penawaran istimewa bersama merchant partner, selain melanjutkan cashback dan flash sale.

Banyaknya program belanja yang dihadirkan mendorong trafik ke Blibli.com. Saat Histeria Syok 10.10, trafik optimum bertahan selama 11 jam, mulai dari 05:00 WIB hingga 16:00 WIB. Ini berbeda dengan periode 10.10 di 2018, di mana trafik optimum bertahan selama dua jam dari 09:00 WIB hingga 11:00 WIB.

“Mengingat besarnya trafik saat Harbolnas, Blibli.com juga meningkatkan performa mobile websitedengan mempercepat proses loading laman sebanyak 70%. Loading laman yang cepat sangat penting dalam meningkatkan kepuasan berbelanja para pelanggan karena mereka dapat mencari barang-barang yang diinginkan dengan cepat dan bertransaksi dengan mulus di platform kami,” kata Geoffrey.

Salah satu kategori yang terpopuler adalah BlibliMart yang menjual berbagai groceries, atau kebutuhan sehari-hari. Di periode 10.10 tahun ini, penjualan BlibliMart meningkat sebesar 10% dibandingkan periode 10.10 di 2018.