Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Samsung Galaxy Note 10 Mulai Dapat One UI 3.0, Indonesia Menyusul

6 4.632

Sembari menyiapkan flagship terbarunya yang dikabarkan rilis pertengahan Januari 2021 mendatang, Samsung juga sedang dalam proses menggulirkan pembaruan perangkat lunak One UI 3.0 ke beberapa seri smartphone-nya. Sudah sangat umum bagi produsen smartphone agar hadirkan software terbaru untuk lini flagship terlebih dahulu. Namun kehadirannya ke Galaxy Note 10 cukup mengejutkan.

Sebelumnya, Samsung telah merilis jadwal resmi perilisan One UI 3.0 untuk seri-seri smartphone-nya, mulai dari Galaxy S series, Note series hingga yang lebih murah. Dalam jadwal tersebut, tercatat Galaxy Note 10 bakal mendapatkannya di bulan Januari 2021. Namun kenyataannya malah lebih cepat, yaitu sejak akhir bulan Desember 2020 kemarin.

Informasi ini didukung oleh beberapa pengguna Samsung Galaxy Note 10 dari berbagai negara, baik untuk varian 4G dan 5G. Menariknya, yang mendapatkannya lebih dulu umumnya mereka yang berada di wilayah Eropa, alias varian Galaxy Note 10 dengan varian Exynos 9825. Dengan begitu, seharusnya tak perlu menunggu lama lagi untuk pengguna Tanah Air.

Baca juga: Inilah Jadwal Pembaruan One UI 3.0 untuk Smartphone Samsung

One UI 3.0 Hadir Untuk Pengguna Galaxy Note 10 di Eropa

Galaxy Note 10 One UI
Pembaruan One UI 3.0 di Galaxy Note 10. (Sumber: SamMobile)

Dikutip dari XDA Developers, baik pengguna Galaxy Note 10 (seri SM-N970F) dan Galaxy Note 10 Plus (SM-N975F) sudah mendapatkannya di negara Jerman. Sementara untuk pengguna varian 5G juga sudah dapat pembaruan lewat over-the-air (OTA) di Switzerland dan Spanyol.

Versi baru ini tentunya membawa versi keamanan bulanan terbaru Desember 2020, dan menaikkan versi Android-nya menjadi Android 11. Sementara versi bootloader-nya masih sama dengan software versi lama, sehingga masih memungkinkan pengguna untuk melakukan proses downgrade, bila nantinya memang diperlukan.

Sebelumnya, pembaruan ini telah hadir baik untuk Galaxy Note 20 series dan Galaxy S20 series. Sehingga sangat wajar bila kemudian turut hadir di lini flagship mereka yang telah rilis di akhir 2019 ini. Bakal ada cukup banyak fitur baru yang bisa dinikmati oleh penggunanya.

Beberapa fitur baru yang dibawa oleh Android 11 adalah chat bubbles, perizinan aplikasi untuk akses perangkat keras dalam satu waktu saja, widget pemutaran media baru sampai pengelompokkan notifikasi. Sementara One UI 3.0 bakal membawa tampilan antarmuka yang lebih segar, papan ketik virtual yang lebih kaya fitur, kunci layar atau lockscreen dengan kustomisasi lebih banyak serta peningkatan faktor keamanan.

Spesifikasi & Harga Terbaru Galaxy Note 10 Indonesia

Samsung Galaxy Note10

Untuk standar smartphone masa kini, Samsung Galaxy Note 10 sendiri masih sangat layak pakai. Yah, namanya juga dirilis sebagai flagship, sehingga wajar bila masih cocok-cocok saja untuk penggunaan beberapa tahun. Dimensinya tergolong kecil untuk sebuah smartphone dengan layar 6,3 inci, berkat bezel yang sangat tipis dan sedikit lengkungan di layar depan.

Baik permukaan kaca depan dan belakang terlindungi oleh Gorilla Glass 6, di mana Galaxy Note 20 malah justru “turun” gunakan plastik polikarbonat. Gunakan chipset dengan fabrikasi 7nm, kapasitas baterainya saja yang mungkin belum sesuai standar smartphone 2020, di 3,500 mAh. Setidaknya sudah mendukung fast charging 25 watt.

Kameranya pun juga tidak kalah impresif, masih gunakan teknologi dual-aperture yang digunakan sejak Galaxy S9. Sensor utama 12MP milik Galaxy Note 10 bisa berubah dari f/1.5 ke f/2.4 sesuai keperluan dan kondisi cahaya, mendukung Dual Pixel PDAF & OIS. Sensor telefoto 2x optical zoom-nya juga mendukung OIS, ditambah sensor 16MP ultra-wide yang dilengkapi Super Steady video.

Saat ini, situs resmi Samsung Indonesia memasang harga Galaxy Note 10 di Rp13,999 juta. Sementara varian yang lebih tinggi, Galaxy Note10+ di Rp16,499 juta. Namun bila Gizmo friends masih tertarik untuk membeli flagship 2019 ini, bisa cek e-commerce lokal dimana harga barunya sudah turun mulai Rp9,5 jutaan saja.

Tunjukkan Komen (6)