Peringati Satu Tahun, Ghost of Tsushima Director’s Cut Berikan Cerita Baru

Pada bulan Juli 2021, tepat satu tahun sejak rilis pertama tahun lalu, Sucker Punch Production akhirnya mengumumkan jadwal rilis Ghost of Tsushima Director’s Cut. Versi director’s cut telah dipersiapkan jadi bagian dari peringatan satu tahun kisah sang samurai, Jin Sakai, dalam dunia game. Dan rencananya akan dirilis pada bulan Agustus mendatang.

Ghost of Tsushima Director’s Cut berisi paket ekspansi permainan baru menambahkan hal yang belum pernah ada sebelumnya. Salah satunya dengan hadirnya sebuah tempat untuk latar cerita baru bernama Pulau Iki. Menurut sejarah, pulau tersebut memang jadi tempat selain Tsushima yang menjadi lokasi kedatangan bangsa Mongol dalam usaha menginvasi Jepang.

“Kami senang mengungkapkan bahwa seluruh kisah baru dalam petulangan Jin akan mengambil tempat di Pulau Iki. Dalam kisah baru ini, Jin akan berkeliling pulau untuk menginvestigasi kehadiran Mongol. Namun segera menemukan bahwa dirinya masuk ke dalam masalah pribadi yang mendorongnya berhadapan dengan momen traumatis di masa lalu,” ujar Andrew Goldfarb, Communication Manager Sucker Punch Production.

Belum banyak informasi detail mengenai fitur apa saja yang dapat ditemukan di Pulau Iki. Yang jelas Sucker Punch sudah menyiapkan kisah dan karakter baru di sana. Termasuk konten baru untuk dieksplorasi, seperti baju zirah dan kuda baru, mini-games, teknik baru, jenis lawan berbeda, bahkan jenis binatang baru untuk dipelihara.

Baca juga: Rekomendasi 10 Judul Game untuk Dibeli Saat Steam Summer Sale 2021

PS5 Jadi Tujuan Utama Ghost of Tsushima Director’s Cut

Ghost of Tsushima Direcor's Cut
Perjalanan Jin Sakai di Pulau Iki akan membawanya pada pergulatan trauma masa lalu.

Kehadiran Ghost of Tsushima Director’s Cut yang memberikan banyak konten baru memang patut disyukuri. Walaupun bukan sebuah sekuel, namun paket ekspansi dengan pulau baru membuatnya jadi punya tawaran layaknya game baru. Dan untuk gamer yang sudah hijrah dari Playstation 4 ke Playstation 5 bahkan dapat merasakan fitur baru yang secara khusus telah dipersiapkan untuk konsol next-gen itu.

Ghost of Tsushima Director’s Cut versi PS5 tidak hanya mengalami perbaikan visual saja. Game ini juga akan memasukan fitur Dual-Sense haptic feedback dan adaptive triggers untuk perjalanan di Pulau Iki sehingga proses permainan jadi lebih atraktif. Sucker Punch pun turut memperbaiki kualitas lip-sync karakter ketika menggunakan voice over berbahasa Jepang. Sehingga adegan dalam cut-scene dapat terasa lebih dramatis.

Tidak ketinggalan kemampuan loading lebih cepat. Output audio 3 dimensi yang lebih baik. Ditambah kualitas gambar native 4K yang ditargetkan memiliki resolusi visual di angka 60 fps. Kesemua fitur tersebut tidak akan ditemukan jika memainkannya di PS4, kecuali cerita yang masih sama.

Pada saat Ghost of Tsushima Director’s Cut dirilis 20 Agustus 2021 nanti. Sucker Punch memiliki beberapa tawaran harga untuk gamer yang ingin memainkannya. Jika hendak membeli game secara utuh untuk seluruh cerita maka versi PS4 dijual US$59.99 dan versi PS5 dijual US$69.99. Ada tawaran art book, dan konten bonus menarik bila membelinya dalam format full game untuk PS5.

Namun bila gamer sudah memiliki game ini untuk PS4, maka cukup melakukan upgrade seharga US$19.99. Bila sudah membeli veri Director’s Cut untuk PS4 dan hendak upgrade ke versi PS5, maka siapkan dana US$9.99. Atau dapat langsung upgrade Director’s Cut secara langsung dari PS4 ke PS5 perlu membeli seharga US$29.99. Tertarik?

Tinggalkan komen