Google Buat Pragati OS, Sistem Operasi Android dengan Sentuhan India

India, Gizmologi – Google dikabarkan membuat sistem operasi baru bernama Pragati OS. Proyek ini merupakan hasil kolaborasi Google dengan Reliance Jio, operator seluler di India.

Melansir laman blog Google, Pragati OS merupakan kustomisasi Android yang dioptimalkan untuk pengguna India. Pragati OS akan disematkan pada smartphone entry-level dari Jio, yang akan tersedia di pasaran tepat pada perayaan Diwali di India.

“JioPhone Next adalah smartphone terjangkau yang dirancang untuk India, saya senang bahwa tim Google dan Jio telah berhasil menghadirkan perangkat terobosan ini kepada konsumen India,” ujar Mr Mukesh D Ambani, Chairman & Managing Director, Reliance Industries.

Pragati OS mewarisi hampir semua keunggulan Android Go yang dihadirkan untuk ponsel entry level, mulai dari Play Store, pembaruan melalui OTA, dan patch keamanan. Termasuk aplikasi eksklusif Android Go yang juga sudah terintegrasi dengan Pragati OS, mencakup Camera Go, Google Maps Go, Google Go, Google Assistant dan lainnya.

Salah satu keunggulan adalah aplikasi Camera Go di Pragati OS yang terintegrasi dengan Snapchat sehingga memberikan filter bernuansa Bollywood. Ada juga fitur Google Lens untuk penerjemahan 10 bahasa India.

“Saya sangat bangga dengan OS baru ini.Ini memiliki beberapa fitur baru paling keren yang diterjemahkan secara khusus sekarang. Saya dapat berbicara dalam satu bahasa, dan telepon akan menerjemahkannya ke bahasa lain,” tutur Binish Parangodath, product management JioPhone Next.

Spesifikasi JioPhone Next

pragati-os

Di sisi lain, JioPhone Next mengusung chipset SoC dari Qualcomm. Entah berapa nomer serinya, namun rumor menyebutkan prosesor Qualcomm Snapdragon 215 akan dipasang di ponsel murah ini.

Ponsel ini akan dibuat di India di dua pabrik di Tirupati, Andhra Pradesh dan Sriperumbudur, Tamil Nadu. Produksi akan ditangani oleh mitra Neolync, yang telah menerima investasi INR 200 juta ($2,7 juta) dari Jio dan INR 33,50 miliar ($445 juta) di bawah skema Production Linked Incentive (PLI) di India yang tersebar selama periode 4,5 tahun.

Menurut rumor, ponsel ini akan memiliki layar 720 x 1.440 piksel, RAM 2 GB, kamera 13 MP di bagian belakang dan 8 MP di bagian depan. Namun, Jio belum mengkonfirmasi secara detail spesifikasi tersebut.

Tinggalkan komen


Bagi 10 responden terpilih, berhak mendapatkan
saldo e-wallet masing-masing senilai Rp100 ribu.