Jakarta, Gizmologi โย Menuju bulan Ramadan, GrabAds, platform periklanan dari Grab, merilis laporan Lebaran, Selasa (6/2/2024). Laporan ini mengungkap 72% orang mengandalkan layanan pesan antar online selama Ramadan.
Tentunya, laporan ini tak hanya mengungkapkan hal tersebut. GrabAds juga melaporkan hal lainnya yang kemungkinan akan terjadi di bulan Ramadan.
Para pelaku usaha UMKM atau pebisnis dengan laporan ini diharapkan bisa memprediksi dan mengusung jurus marketing mereka dalam menjangkau konsumen secara efektif selama masa perayaan ini. Apalagi bulan Ramadan merupakan bulan yang cukup meriah perayaannya karena mayoritas orang Indonesia ialah beragama Islam.
Baca Juga:ย Gara-gara Istri Founder-nya Simpati ke Israel, Warga Malaysia Boikot Grab
GrabAds Ungkap Selain Banyaknya Orang Bergantung di Layanan Pesan Antar Online

โMenjelang Ramadan, kami melihat ada peningkatan pola belanja dan konsumsi. Hal ini memberikan peluang bagi pelaku bisnis untuk menjangkau audiens yang tepat secaraย online,โ ujar Melinda Savitri, Country Marketing Head, Grab Indonesia & OVO.
72% orang yang ada di laporan GrabAds mengatakan akan menggunakan layanan pesan antar online yang diantaranya Grab dipilih sebagai platform. Mereka akan mengandalkan Grab untuk pesan-antar makanan dan transaksi pembayaran.
Selain itu sebanyak 84% masyarakat Indonesia bersiap untuk meningkatkan aktivitas digital mereka. Yaitu untuk meningkatkan pengeluaran mereka selama Ramadan, terutama untuk kebutuhan makanan, fashion, dan kesehatan.
Tren ini menunjukkan pentingnya strategiย omnichannel, dengan 61% responden menyukai perpaduan belanjaย online dan juga belanja di toko pada periode yang sama.ย 68% responden juga mengatakan bahwa mereka bersedia untuk mencoba brand baru. Dengan hasil survei tersebut, ini menjadi sebuah kesempatan besar bagi para pelaku bisnis untuk menawarkan produk mereka dan menarik pelanggan setia selama bulan Ramadan.
Penemuan selanjutnya menunjukan bahwa 82% responden akan berbuka puasa bersama orang-orang tersayang selama Ramadan. 86% responden rela berbelanja dengan barang yang berkualitas untuk keluarga mereka di rumah.
Untuk itu, para pemilik usaha dapat memenuhi kebutuhan acara kumpul keluarga dengan menu porsi keluarga dan menawarkan opsi tambahan seperti minuman dan makanan penutup. Selain itu, data dari Grab menunjukkan adanya peningkatan sebesar 19% dalam pengiriman parsel menjelang Lebaran. Hal ini memberi peluang bagiย brandย untuk menawarkan opsi parsel atau kotak hadiah yang memudahkan konsumen untuk mengirim hadiah kepada orang-orang tersayang di bulan penuh sukacita.
Menurut survei GrabAds, 79% pengguna Grab, termasuk yang memiliki kendaraan, lebih memilih Grab demi kenyamanan pada momen spesial, yang menyebabkan lonjakan jumlah penumpang mingguan sebesar 19% dibandingkan sebelum Ramadan. Tren ini semakin memuncak pada minggu-minggu menjelang Lebaran, dengan perjalanan ke bandara yang terus meningkat sejak minggu ketiga dan seterusnya.
Selain itu, adanya tradisi mudik untuk kumpulย keluarga membuat rute perjalanan menjadi lebih padat. Dengan mengetahui pola kebiasaan ini,ย brandย memiliki kesempatan untuk menarik perhatian para pengguna lebih awal. Salah satu caranya adalah dengan memasang iklan di dalam atau dengan โmembungkusโ mobil (car-wrap) selama 1 hingga 3 bulan menjelang Ramadan, sehingga brand dapat meningkatkan awarenessย dan mendapatkan pelanggan setia bahkan sebelum hari raya tiba.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.



