Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Mengenal Huawei Mobile Services, Pengganti Play Store di Mate 30 Pro

Perang dagang Amerika vs China sesungguhnya telah berlangsung sejak lama. Di China, beberapa layanan populer Amerika seperti Google, Facebook, Twitter, dan lainnya diblokir. Kini giliran perusahaan asal China, Huawei, kena getahnya dengan tidak bisa mengakses Google Mobile Services. Sebagai gantinya, raksasa teknologi asal China tersebut mengembangkan layanan sendiri bernama Huawei Mobile Services.

Sebenarnya layanan ekosistem untuk perangkat Huawei ini sudah lama dikembangkan. Namun hanya difokuskan untuk pasar domestik China di mana Google Mobile Services memang diblokir oleh pemerintah setempat. Sekarang, setelah pemerintah Amerika Serikat juga ikut melarang layanan Google di perangkat Huawei, maka mau tak maua ekosistem Huawei Mobile Services tersebut keluar dari kandangnya sendiri.

Produk pertama Huawei yang menjadi “korban” tidak hadirnya Google Play Store adalah Mate 30 series yang diperkenalkan secara global pada September lalu dan akan diluncurkan di Indonesia pada pekan depan.

Lo Khing Seng, Deputy Country Director, Huawei Consumer Business Group Indonesia, mengatakan pihaknya terus bekerja keras menyediakan pengalaman terbaik kepada pengguna smartphone, yang mengutamakan kemudahan, kecepatan, dan kelancaran. “Untuk mencapai hal ini, HUAWEI Mobile Services menciptakan ekosistem yang komprehensif yang termasuk layanan premium untuk memperkaya kehidupan mobile pengguna,” ujarnya.

Baca juga: Huawei Berangkatkan 10 Mahasiswa Indonesia Belajar Kultur &Teknologi ke China

Platform Huawei Mobile Services

HUAWEI Mobile Services (HMS) adalah aplikasi dan layanan dari Huawei untuk ekosistem perangkat yang menyediakan pengalaman lebih cerdas, lebih cepat, dan lebih mulus. Platform ini diklaim memikirkan ulang gaya hidup digital dan menyediakan pengalaman hidup digital AI yang lebih cerdas, lebih cepat, dan lebih baik kepada pengguna di seluruh dunia.

Salah satu layanan dari HMS adalah Huawei AppGallery. Serupa dengan Google Play Store, di App Gallery ini konsumen dapat mencari danmengunduh beragam aplikasi juga games. Sejak peluncuran global di bulan April 2018, AppGallery telah melayani lebih dari 300 juta pengguna aktif per bulannya di 170 negara dan wilayah. Pengunduhan yang terakumulasi telah mencapai 180 juta dalam setahun dan jumlah aplikasi yang diluncurkan di HUAWEI AppGallery telah meningkat seiring bertambahkan developer yang bergabung ke Ekosistem HMS.

Related Posts
1 daripada 10

Agar lebih memikat penggunanya, Huawei menyediakan konten eksklusif dan hadiah, acara game khusus, kompetisi, pengundian hadiah, dan apreasiasi khusus untuk pengguna AppGallery. Bagi gamers, aplikasi ini mampu meningkatkan pengalaman gaming dengan judul game terbaru, yang sudah dioptimalkan untuk bermain lebih cepat, mulus, dan lebih lama di ponsel Huawei.

HUAWEI AppGallery merupakan aplikasi global dan lokal. Ini menyediakan rekomendasi yang cerdas untuk pengguna Mate 30, disesuaikan dengan lokasi dan pilihan negara pengguna. Rekomedasi cerdas termasuk aplikasi lokal dan terdepat, aplikasi lokal yang populer, serta versi terbaik dari tiap aplikasi berdasarkan jenis ponsel.

Di HMS, terdapat juga HUAWEI Browser, HUAWEI Mobile Cloud, HUAWEI Themes, HUAWEI Music, HUAWEI Video, HUAWEI Reader, dan HUAWEI Assistant.

Ekosistem HMS

Untuk mewujudkan ekosistem HMS yang kaya, HUAWEI Mate 30 Pro terus memberikan pengalaman digital AI yang lebih cepat, lebih cerdas, dan lebih mulus kepada penggna. Saat ini, HMS Ecosystem telah menarik 1.01 juta developer terdaftar di seluruh dunia.

Untuk mengajak aplikasi lokal terbaik di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia, ke dalam HUAWEI AppGallery dan juga untuk meyakinkan mitra bisnis untuk yakin pada kerjasama bisnis ini, Huawei akan mengadakan HUAWEI Developer Day (HDD) di Singapura minggu depan.

Acara ini akan mengumpulkan developer-developer ternama dari Asia Tenggara dan Indonesia, untuk memastikan konsumen lokal di tiap negara akan mendapatkan pengalaman yang mulus saat menggunakan smartphone Huawei.

Menurut Lo Khing Seng, misi HUAWEI Mobile Services adalah sebagai jembatan di antara mitra kreasi konten, mendukung mereka untuk menyediakan pengalaman yang cerdas dengan smartphone Huawei. “Kami akan membantu developer untuk dengan mudah mencapai berbagai touchpoint di ekosistem Huawei, sehingga developer dapat fokus pada inovasi dengan dukungan penuh dari Huawei,” pungkasnya.