Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Huawei Berangkatkan 10 Mahasiswa Indonesia Belajar Kultur & Teknologi ke China

Sejak 2008, sebagai bentuk komitmen global dalam mengakselerasi daya saing SDM di industri TIK, Huawei menggelar program rutin Seeds for the Future. Program ini telah diterapkan di 108 negara di seluruh dunia dan lebih dari 4.700 siswa telah berpartisipasi.

Khusus Indonesia, program ini mulai diadakan sejak 2013, di mana lebih dari 100 mahasiswa dari berbagai universitas dan politeknik terkemuka di Indonesia mengikuti program ‘Seeds for the Future’ di China.

Ken Qijian, Vice President Public Affairs and Communications Huawei Indonesia, mengatakan bahwa program Seeds for the Future menyiapkan SDM berkompetensi tinggi dan siap untuk diandalkan dalam mengantisipasi dinamika di dunia TIK.

Program Seeds for the Future yang diadakan Huawei dianggap memiliki relevansi dengan inisiatif strategis pemerintah yang tertuang dalam Making Indonesia 4.0 yang bertujuan untuk memperkokoh kapabilitas digital bangsa di berbagai sektor industri.

“Di Indonesia, program ini juga merupakan wujud upaya sinergis kami dalam membantu dunia pendidikan menjawab tantangan baru dunia industri yang menuntut tersedianya lulusan-lulusan berkompetensi tinggi,” ujar Ken, saat inagurasi mahasiswa peserta Seeds for the Future 2019 di Jakarta (1/11/2019).

Related Posts
1 daripada 287

Baca juga: Huawei Ungkap Sejumlah Tantangan Adopsi 5G di Indonesia

Seeds for the Future 2019

Program ini adalah bentuk penegasan komitmen Huawei dalam turut menyiapkan SDM TIK yang profesional, penuh integritas, inovatif, dan berdaya saing tinggi, melalui transfer pengetahuan tentang teknologi, inovasi, nilai-nilai korporasi, wawasan global, dan juga pentingnya menjunjung tinggi kearifan lokal, yang dibutuhkan untuk menjawab kebutuhan industri dan lingkungkan kerja di era baru yang kian kompleks dan kompetitif.

Tahun ini, Seeds for the Future melibatkan delapan perguruan tinggi terkemuka Indonesia, yaitu Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjadjaran Bandung, Telkom University Bandung, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, dan Universitas Multimedia Nusantara.

Mereka akan mengikuti serangkaian program yang berlangsung di dua kota di Tiongkok, yaitu Beijing dan Shenzhen. Di kota Beijing, peserta Seeds for the Future 2019  akan mendapat kesempatan untuk belajar bahasa Mandarin dan kebudayaan Tiongkok beserta filosofinya. Sedangkan di Shenzhen, peserta akan mengikuti program semi-pemagangan dan bimbingan tentang teknologi dan inovasi terbaru di kantor pusat Huawei.

Peserta juga akan dibekali pengetahuan mengenai perkembangan terbaru dari teknologi jaringan 3G/4G/5G, komputasi awan, Internet of Things, hingga jaringan yang cerdas. Gizmologi.ID sebagai media partner dari program ini akan melaporkan aktivitas mahasiswa selama mengikuti program Seeds for the Future 2019.