Ini Dia 13 Set Top Box Bersertifikasi Resmi Kominfo

Jakarta, Gizmologi – Pemerintah segera memulai migrasi TV analog (Analog Switch Off/ASO) ke digital pada April 2022. Untuk menjajal tayangan simulcast, masyarakat yang TV-nya tidak bisa langsung menerima siaran TV digital bisa menggunakan alat tambahan, yakni Set Top Box (STB).

Tapi jangan sembarangan membeli Set Top Box, sekalipun banyak beredar di pasaran offline maupun online. Masyarakat harus memastikan Set Top Box yang dibelinya memiliki sertifikat resmi dari Kominfo.

“Setiap perangkat televisi digital dan dekoder set top box DVBT2 yang diperdagangkan, dibuat, dirakit, dimasukan dan atau digunakan di wilayah Negara Republik Indonesia diwajibkan untuk memperhatikan persyaratan teknis dan berdasarkan izin sesuai peraturan perundang-undangan,” tulis Kominfo seperti dikutip dari website siarandigital.kominfo.go.id.

Set top box merupakan alat yang penting, terutama bagi masyarakat yang masih menggunakan TV analog. Sebab dengan STB, siaran TV digital bisa dinikmati tanpa harus mengganti perangkat televisi.

Kominfo telah melabeli 13 set top box yang sudah memiliki sertifikasi dari sejumlah merek elektronik di Indonesia. Berikut 13 set top box yang mendukung siaran TV digital:

1. Nexmedia NA1300/DVB-T2 MPEG4 HD
2. Polytron PDV 600T2
3. Ichiko 8000HD
4. Akari ADS-2230
5. Akari ADS-210
6. Akari ADS-168
7. Venus Brio
8. Tanaka T2
9. Matrix APPLE
10. Evercoss STB1
11. Nextron NT2000-D
12. Nextron TR 1000
13. Evinix H-1

Cara Dapat Set Top Box TV Digital Gratis

TV Digital

Selain bisa membeli sendiri, Kominfo dan penyelenggara multipleksing (mux) akan membagikan set top box gratis. Namun perlu diingat, alat ini hanya akan didistribusikan kepada keluarga miskin.

Kominfo menyebutkan ada 6,7 juta set top box gratis yang siap disalurkan. Sehingga masyarakat yang masih menggunakan televisis analog bisa menerima siaran TV digital tanpa perlu mengganti perangkat mereka.

“Pemerintah dan swasta, terutama pemenang Mux, punya komitmen untuk subsidi STB kepada keluarga miskin. Ada sekitar 6,7 keluarga miskin, kita asumsikan ada tujuh keluarga miskin di Indonesia,” ujar Direktur Penyiaran Kominfo Geryantika Kurnia.

Adapun syarat untuk mendapat set top box gratis TV digital dari pemerintah, merupakan WNI, Rumah tangga miskin namun memiliki televisi, terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau data perangkat daerah bidang sosial, serta berada di cakupan siaran televisi yang akan terdampak ASO.

Nantinya setelah data penerima bantuan tersebut sudah valid, pemerintah akan mendistribusikan set top box dari penyelenggara mux. Menurut Gery ada sejumlah opsi dalam menyalurkan set top box, salah satunya dengan pengiriman lewat PT Pos dan dibagikan seperti bansos.

“Masyarakat miskin nanti diberikan undangan menerima STB ini, bisa sifatnya door to door atau ditempatkan kelurahan, RW, maupun RT sekaligus nanti kita demo untuk pemasangan STB,” sambungnya.

Tinggalkan komen