alexa
Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

iOS 14.5 Rilis Membawa Emoji Baru, Bisa Buka Kunci Pakai Apple Watch

Setelah meluncurkan sejumlah perangkat baru lewat acara peluncurannya yang diadakan pekan lalu, Apple akhirnya meresmikan sebuah pembaruan perangkat lunak yang memang telah dinanti penggunanya. Ya, akhirnya iOS 14.5 resmi datang untuk sejumlah pengguna iPhone terbaru, membawa fitur krusial yang sangat cocok terutama di situasi pandemi.

Seperti yang kita ketahui, iPhone seri X ke atas (kecuali SE 2020) menggunakan metode pengaman kunci layar yang berbeda. Tak seperti kebanyakan Android yang pakai sensor sidik jari, Face ID mendeteksi wajah penggunanya sebelum mengizinkan untuk akses data pribadi. Dalam situasi di mana penggunaan masker lebih disarankan, otomatis fitur Face ID jadi agak sia-sia.

Namun lewat iOS 14.5, Apple berikan solusi yang bakal diapresiasi oleh banyak pengguna Apple Watch. Selain itu, iOS 14.5 juga bawa beberapa peningkatan kecil di berbagai fitur lain seperti asisten suara Siri, banyak emoji baru, serta fitur keamanan yang ditingkatkan. Plus, dukungan perangkat AirTag yang juga baru diperkenalkan pekan lalu.

Baca juga: iPad Pro 2021 Kini Jauh Lebih Kencang dengan Chipset Apple M1

iOS 14.5 Bawa Alternatif Buka Kunci Selain Face ID

iOS 14.5

Sebelum iOS 14.5 hadir, Face ID pada iPhone X ke atas hanya bisa mendeteksi apakah penggunanya sedang mengenakan masker atau tidak. Bila iya, maka secara instan layar smartphone bakal tampilkan tombol input password maupun PIN. Kali ini, pengguna Apple Watch Series 3 ke atas bakal bisa gunakan perangkatnya untuk membuka layar.

Ketika Apple Watch sedang dikenakan di pergelangan tangan dengan kunci terbuka, saat layar iPhone diakses, smartwatch tersebut bakal berikan getaran halus menandakan berhasil digunakan untuk membuka kunci layar. Setidaknya konsumen tak perlu menggunakan Apple Watch seri terbaru agar dapat menikmati fitur yang sejatinya juga sudah tersedia sejak lama di perangkat Xiaomi sekalipun.

Mekanismenya pun sama, bila pengguna sedang menggunakan perangkat wearable seperti Mi Band, smartphone Android dapat mendeteksi bila perangkat tersebut aktif dan berada di dekat pengguna lewat konektivitas Bluetooth. Bakal too good to be true kalau fitur ini juga hadir di iPhone—tentunya eksklusivitas di Apple Watch juga untuk mendorong penjualan (selain utamakan keamanan).

iOS 14.5

Di iOS 14.5, pengguna juga bakal bisa mengubah bahasa dan aksen suara Siri mulai dari awal pertama kali menyalakan smartphone. Tujuannya adalah demi tingkatkan diversivitas atau tingkat inklusif kepada penggunanya. Selain itu, pengguna juga bisa aktifkan fitur di mana Siri bakal sampaikan notifikasi telepon bila sedang menggunakan AirPods.

iOS 14.5 Juga Bawa Banyak Emoji Baru

iOS 14.5

Selain menampilkan izin untuk aplikasi agar bisa mencatat kegiatan penggunanya, iOS 14.5 juga hadir membawa banyak emoji baru. Lagi-lagi, demi tingkatkan inklusivitas, kini pilihan emoji lebih lengkap untuk lebih banyak warna kulit. Plus beberapa emoji baru seperti ekspresi membuang napas, perempuan dengan kumis sampai ekspresi wajah pusing.

Dan beberapa peningkatan lainnya. Seperti Apple Podcasts yang kini diperbarui tampilannya agar pengguna bisa lebih mudah menemukan pilihan konten yang relevan dengan minat. Plus dukungan perangkat AirTag di aplikasi Find My, tampilan News+ di Apple News, serta peningkatan konektivitas 5G yang lebih hemat daya.

Pembaruan iOS 14.5 sendiri berkisar 1GB, bisa didapatkan secara langsung lewat menu Pengaturan. Ini adalah pembaruan terbesar selama iOS 14, maka proses pengunduhan dan pemasangannya akan memakan waktu sedikit lebih lama daripada biasanya. Selamat mencoba!

Tinggalkan komen