Jokowi Dorong Pembangunan Ekosistem Mobil Listrik di Indonesia

Jakarta, Gizmologi – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong pembangunan ekosistem mobil listrik yang rendah emisi dan ramah lingkungan. Hal tersebut dikatakan seiring dengan meningkatnya produksi mobil listrik maupun hybrid secara global.

“Kita juga mendorong untuk produksi mobil listrik, produksi mobil hybrid. Tetapi sekali lagi, yang semuanya harus ramah lingkungan,” kata Jokowi usai meninjau pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, Rabu (17/11/2021).

Jokowi menyampaikan bahwa sektor otomotif merupakan salah satu industri yang yang memiliki pengaruh terhadap insutri pendukung lainnya. “Pemerintah tahu, bahwa industri otomotif ini membawa gerbong yang tidak sedikit untuk UMKM-UMKM yang menyuplai komponen-komponen yang ada,” ujarnya.

Dan untuk mengatasi efek pandemi, Presiden mengatakan bahwa kebijakan pemerintah mengenai relaksasi PPnBM cukup mendongkrak penjualan dan mendongkrak produksi dari industri otomotif.

“Dan ini, kita lihat, sangat mendongkrak penjualan, mendongkrak produksi dari industri otomotif kita. Terakhir, angka yang saya dapatkan, ada kenaikan kurang lebih 60 persen. Ini sangat baik untuk memberikan dorongan pada pemulihan ekonomi,” tambah Jokowi.

Presiden sempat berkeliling dan meninjau sejumlah stan dari berbagai jenama otomotif. Presiden juga menyempatkan untuk menjajal salah satu mobil listrik yang dipamerkan, yakni Mitsubishi Minicab Miev.

Didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Presiden tampak menyetir mobil listrik tersebut dengan memutari pelataran depan gedung ICE BSD.

Tinggalkan komen