Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

OPPO Ajak Fotografer Rio Motret Uji Kamera Reno4

0 5.811

Setelah memperkenalkan beberapa terobosan desain yang dibawa OPPO pada seri Reno4 awal pekan lalu, OPPO Indonesia Kembali mengajak rekan media untuk merasakan secara langsung fitur unggulan yang bakal dibawa smartphone terbarunya tersebut. Sesuai dengan nama acara yang berjatuk “Reno4 Camera Experience Event”, kami mendapat kesempatan untuk ujicoba langsung kemampuan kamera OPPO Reno4.

Tak hanya unggul dalam mengambil jepretan foto artistik, kamera OPPO Reno4 juga dapat merekam video dengan efek yang cukup unik. Untuk memperlihatkan kebolehan kameranya, OPPO Indonesia menghadirkan Rio Motret, fotografer profesional yang cukup dikenal untuk memotret kalangan artis Indonesia. Setelah pemaparan fitur-fitur kamera yang lengkap, Rio langsung mengajak media untuk uji pakai kamera OPPO Reno4 secara langsung.

Membuka sesi diskusi, Rio mengawali dengan menyampaikan kesan pertamanya saat menggunakan OPPO Reno4. “First impression saya pada saat pertama kali menyentuh OPPO Reno4, ini adalah perangkat yang canggih dan lengkap untuk kebutuhan seorang fotografer dan videografer. Dua profesi dalam satu smartphone. Bagi yang memiliki hobi fotografi dan bikin video, ini adalah perangkat yang sangat cocok,” jelasnya.

Sebelumnya, Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia menjabarkan satu persatu fitur-fitur kamera yang boleh diketahui media saat ini, yang belum boleh dijelaskan berapa besaran megapiksel masing-masing sensornya. Yang pertama adalah AI Color Portrait, yang mampu beri efek hitam putih ke seluruh komponen foto kecuali objek manusia di dalamnya.

Baca juga: Review OPPO Reno4: Lebih Murah dan Stylish, Kamera Lebih Canggih

Hasilkan Foto & Video Artistik Lewat Kamera OPPO Reno4

Rio Motret OPPO Reno4
Rio Motret mendemonstrasikan langsung kamera OPPO Reno4 dengan AI Color Portrait.

Fitur ini dapat diakses melalui menu portrait, lalu memilih filter “portrait color retention”. Ketika kamera diarahkan ke objek manusia, kamera secara otomatis memberi warna sesuai kenyataan, dan bagian lain foto terlihat hitam putih. Tak hanya pada foto, fitur ini juga bekerja cukup sempurna dalam mode perekaman video juga.

hasil foto kamera OPPO Reno4
Hasil tangkapan gambar dari Rio Motret. Meskipun latar aslinya berwarna, lewat mode AI Color Portrait, latar terlihat berwarna hitam putih saja.

Rio juga menambahkan tips singkat untuk mengambil foto potret, terutama memanfaatkan fitur AI Color Portrait dari kamera OPPO Reno4. “Sebaiknya, objek yang kita rekam atau foto menggunakan pakaian yang lebih colourful atau warna-warni, supaya lebih terlihat efeknya. Dengan begitu, akan terlihat jelas style-nya, dan jika diposting ke media sosial juga terlihat lebih jelas,” tambahnya.

Kami sendiri berkesempatan untuk menjajal fitur ini langsung Ketika acara berlangsung. Hasilnya sendiri cukup meyakinkan, bahkan dari smartphone yang perangkat lunaknya masih belum final. Untuk memberi separasi antara latar belakang dengan objek saja merupakan tantangan tersendiri, terutama untuk smartphone di kelas harga menengah. Namun OPPO Reno4 malah sanggup berikan efek warna berbeda, bahkan saat merekam video.

hasil foto OPPO Reno4 hasil foto OPPO Reno4

Ada juga mode monochrome video, dimana Gizmo friends bisa memilih spesifik warna apa yang ingin hanya ditampilkan di foto; merah, hijau atau biru. Kedua fitur ini cukup menyenangkan Ketika digunakan, ditambah efeknya yang langsung terlihat di viewfinder. Dengan fitur kamera yang ada di OPPO Reno4 ini, kita tak lagi perlu melakukan editing seperti masking di Photoshop atau editor video profesional.

Untuk foto portret, juga ada mode night flare portrait dimana cahaya pada efek bokeh bakal terlihat membulat seperti lensa dengan bukaan yang sangat lebar. Sementara di video, OPPO hadirkan peningkatan pada kemampuan perekaman Reno4. Kini smartphone tersebut dapat merekam video slow-motion hingga 960fps dalam resolusi 720p (dan 480fps di resolusi 1080p).

Kamera OPPO Reno4 Dilengkapi Fitur Steady Video

kamera OPPO Reno4
Aryo Meidianto A saat menjelaskan fitur-fitur kamera OPPO Reno4.

Tak hanya Gerakan lambat, fitur Ultra Steady Video 3.0 juga dihadirkan dengan stabilisasi yang jauh lebih baik. Serta untuk pertama kalinya, Steady Video juga hadir di kamera depan OPPO Reno4, cocok banget bagi Gizmo friends yang hobi nge-vlog pakai kamera yang menghadap langsung ke wajah.

Dan untuk memudahkan penggunanya dalam percantik tampilan video yang sudah direkam, SoLoop video editor siap membantu. Dengan bantuan algoritma AI, SoLoop bakal secara otomatis memilih potongan detik video-video yang sudah direkam dari hasil kamera OPPO Reno4, menjadi sebuah video dengan efek musik sesuai.

Lewat SoLoop, pengguna OPPO Reno4 tak perlu lagi mengunduh aplikasi edit video pihak ketiga. Yang biasanya harus berlangganan untuk menghapus watermark dalam hasil video, misalnya. Dengan begitu, tak perlu membayar lagi untuk hasilkan video bagus dengan proses editing simple nan otomatis.

Desain, sudah. Jenis layar dan kamera depan yang digunakan juga sudah diketahui, dan kini fitur-fitur kamera yang diunggulkan juga sudah diperkenalkan ke awak media. Yang perlu dinantikan Kembali adalah dapur pacunya, besaran resolusi kamera, dan tentu harga yang ditawarkan. Apakah bakal sama atau lebih mahal dari OPPO Reno3? Mari kita tunggu bersama dalam beberapa pekan mendatang.