alexa

Kemendag Bakal Siapkan Aturan untuk Mendukung Ekosistem Kripto

Jakarta, Gizmologi – Selama pandemi transaksi digital mengalami lonjakan luar biasa, secara khusus perdagangan dan investasi aset kripto. Hal ini mendorong Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga untuk menyiapkan aturan yang mendukung ekosistem kripto di Indonesia.

Terlebih masih banyaknya pemahaman yang salah mengenai definisi dari aset kripto. Menurutnya, aset kripto atau cryptocurrency merupakan bentuk komoditas dan tidak diklasifikasikan sebagai mata uang resmi.

“Banyak yang bilang kripto itu currency, ada juga yang bilang bisa sebagai transaksi berbayar atau semacamnya. Saya ingin menjelaskan kepada publik bahwa kripto di Indonesia itu komoditas bukan sebagai alat pembayaran. Hanya rupiah yang bisa dijadikan alat pembayaran, sehingga ini tidak misleading bahwa kripto di Indonesia adalah komoditas,” kata Jerry saat menghadiri seminar web bertajuk “Tren Crypto Currency to Indonesia” secara virtual, pada Selasa (24/8).

Jerry Sambuaga mengungkapkan, pihaknya bersama Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) akan menggaungkan rencana untuk membentuk bursa kripto sebagai manifestasi perdagangan komoditas, khususnya aset kripto.

Hadirnya bursa kripto bisa menciptakan kepastian hukum bagi konsumen, menciptakan sistem otomatis yang dapat mengetahui rekam jejak transaksi aset kripto dan mendorong pertumbuhan transaksi aset kripto yang lebih terjamin.

“Kami berharap langkah ini akan membuat traffic penjualan aset kripto di Indonesia dapat berkembang secara masif sehingga menambah token dan menjadi bagian perdagangan nasional di era modern.”

Baca Juga: Transaksi Aset Kripto Meroket, Luno Bidik Investor Pemula di Indonesia

Lonjakan Transaksi Perdagangan Kripto

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga

Dirinya mengakui, bahwa transaksi aset kripto mengalami lonjakan luar biasa di Indonesia, karena kenaikan jumlah pelanggan dan transaksi yang signifikan. Ini dibuktikan dengan keberadaan aset kripto yang menempati posisi kedelapan dalam kategori komoditas yang paling diminati di dunia.

“Bahkan, mampu mencetak akumulasi nilai transaksi di angka triliunan rupiah, terhitung dari Rp1,7 triliun per hari sampai Rp370 triliun rupiah per bulan,” ujarnya.

Berdasarkan catatannya, Per Juli 2021, jumlah pelanggan kripto di Indonesia sudah mencapai 7,4 juta orang padahal di periode sebelumnya jumlahnya hanya berkisar 4 juta orang. Adapun nilai transaksi aset kripto mencapai Rp478,5 triliun hingga Juli 2021, angka ini naik signifikan dari 2020 pada kisaran Rp65 triliun.

Sementara itu, transaksi harian perdagangan kripto per Juli 2021 mencapai Rp2,3 triliun, melonjak dari 2020 yang angkanya hanya Rp180 miliar. “Kenaikannya boleh dibilang sangat signifikan dan sangat tinggi. Pasti akan memberikan pengaruh, dalam arti share nilai transaksi harian di Indonesia secara global.”

Jerry memaparkan menurut data Kemendag, 80-90 persen pelanggan atau pengguna trading kripto umumnya adalah generasi muda berusia 20-30 tahun. Hal itu membentuk sebuah pemahaman bahwa kripto sebagai salah satu aset dan komoditas itu potensial sebagai produk digital.

“Jadi, bisa dibayangkan ini bagaimana kripto menggerakkan trafik dan menaikkan volume, dan kami juga memastikan bahwa perdagangan ini ke depannya akan terus meningkat dan menciptakan sebuah ekosistem baru bagi pertumbuhan produk-produk digital,” tukas Wamendag.

Baca Juga: Bappebti: Edukasi Penting untuk Maksimalkan Potensi Aset Kripto di Indonesia

Bitcoin Paling Diminati

Ilustrasi bitcoin blockchain (Foto: 123rf/melpomen)
Ilustrasi bitcoin (Foto:
123rf/melpomen)

Ia menambahkan beberapa jenis aset kripto banyak diminati banyak kalangan di Indonesia, khususnya generasi muda. Dalam hal ini, Bitcoin menjadi yang paling digemari dari beberapa jenis token lainnya.

Dari data tersebut, Jerry mengatakan bahwa ke depannya, aset kripto akan coba diversifikasi, diatur, dan dipastikan legalitasnya secara hukum oleh Kementerian Perdagangan.

“Kami juga akan membuatnya semakin terintegrasi dengan menghadirkan bursa kripto sebagaimana yang banyak media sampaikan tentang pernyataan dari kami,” pungkas Jerry.

Tinggalkan komen