Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

KoinWorks Perkenalkan Fitur KoinP2P di Aplikasi Terbarunya

1 1.171

Perusahaan fintech yang menyediakan layanan peer-to-peer (p2p) lending semakin banyak, salah satunya adalah KoinWorks. Awalnya, konsep ini dihadirkan oleh salah satu perusahaan finansial di Inggris yang kemudian digemari masyarakat global sejak krisis ekonomi melanda Amerika tahun 2008 silam.

Seiring dengan pesatnya perkembangan P2P lending, kini semakin banyak yang menganut konsep tersebut sebagai sarana menemukan peminjam modal dan imbal hasil yang kompetitif, termasuk Indonesia. Data statistik OJK mencatat bahwa kini terdapat sekitar 164 perusahaan fintech lending yang sudah terdaftar di Indonesia dengan akumulasi jumlah pinjaman mencapai 81,50 Triliun pada Desember 2019, meningkat sebesar 259% dibanding tahun sebelumnya.

KoinWorks yang mengklaim sebagai penyedia platform P2P Lending dengan jumlah pendana terbesar di Indonesia, belum lama ini memperbaharui aplikasi dan layanannya. Mereka merancangnya sebagai super app untuk finansial sekaligus memperkenalkan layanan P2P lending-nya sebagai KoinP2P.

Frecy Ferry Daswaty selaku VP of Marketing KoinWorks, mengatakan sekarang pengguna dapat memilih ragam layanan finansial sesuai dengan kebutuhannya masing-masing melalui platform KoinWorks. Lewat produk KoinP2P, pihaknya ingin merangkul lebih banyak lagi pengguna agar dapat merasakan manfaat hingga 18% pertahun, sambil membantu para UKM Indonesia dalam mengembangkan bisnisnya.

“Saat ini sudah hampir 300.000 pendana terdaftar di platform KoinWorks dengan tingkat pertumbuhan pengguna sebesar 178% sepanjang tahun 2019,” ungkap Frecy Ferry Daswaty.
Baca juga: Telkomsel TMI & MDI Ventures Gelontorkan Investasi ke Fintech Kredivo

Fitur KoinP2P di KoinWorks

KoinP2pKoinWorks yang pada dasarnya memang berbasis P2P lending, kini telah mengembangkan produknya lebih jauh dan lebih banyak lagi dari sebelumnya. Salah satunya adalah KoinP2P. Ini adalah produk pendanaan peer-to-peer yang mengkoneksikan pendana dengan para peminjam yang terdiri dari UMKM dan perorangan dalam satu aplikasi.

Melalui produk KoinP2P, KoinWorks mewujudkan misi perwujudan inklusi finansial di Indonesia dengan memberikan akses finansial kepada seluruh masyarakat Indonesia agar bisa mendapat keuntungan kompetitif yang dapat dimulai dari Rp100.000 dengan imbal hasil hingga 18% per tahun.

Pendana juga dapat memilih sendiri pinjaman yang ingin didanai sesuai dengan profil resiko masing-masing pendana. Selain itu, KoinWorks juga menyediakan dana proteksi hingga 100% untuk mengcover kerugian pendana bila terjadi gagal bayar. Dari awal berdiri, KoinWorks berhasil menjaga nilai NPL dibawah 1%.

Rachel Sugeha sebagai Head of Portfolio Management / Product Owner of KoinP2P menambahkan bahwa KoinP2P sudah memiliki pendana yang tersebar dari Sabang hingga Merauke dengan jumlah penyaluran pinjaman sebesar Rp350M setiap bulannya.

Selain KoinP2P, fitur andalan lainnya adalah KoinRobo. Produk ini dapat membuat kamu membangun portofolio yang cerdas dan terdiversifikasi secara otomatis dengan teknologi machine learning. Dengan KoinRobo, pengguna berkesempatan untuk mendapatkan bunga terprediksi sesuai tenor pilihan. Para pendana juga bisa memilih mau disalurkan ke mana, misalnya ke bisnis lokal, bisnis yang dipimpin oleh para wanita, serta masih banyak lagi yang lainnya.

“Dengan pertumbuhan yang begitu pesat disetiap tahunnya, membuat kami kian terpacu lagi untuk memberikan layanan terbaik untuk setiap pengguna lewat beragam feature dan teknologi terkini untuk memastikan kegiatan pendanaan di platform KoinWorks aman dan menyenangkan,” pungkas Rachel.