Kominfo Dorong Konten dan Developer Game Lokal Berkembang Pesat

Jakarta, Gizmologi – Pemerintah terus mengupayakan agar industri game dalam negeri dapat tumbuh dan berkembang pesat. Terlebih game yang beredar bisa menguasai pasar lokal, bahkan mampu bersaing dengan game asing.

“Jangan sampai dibanjiri game asing, jangan sampai kita jadi pasar saja. Kita produksi juga (game) dalam negeri,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, seperti dikutip dari Antara, Selasa (19/10/2021).

Menurut Johnny, pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, sedang mengupayakan tata kelola untuk industri game dalam negeri. Berkaitan dengan konten game, dia mengharapkan permainan yang mengandung budaya dan sejarah Indonesia.

Johnny melihat ada game buatan negara lain, termasuk dari China, yang bertema budaya negara tersebut. Tema seperti itu juga bisa diterapkan pada game lokal. “Mendorong inovasi dan kreativitas nasional kita supaya diisi orang Indonesia sendiri.”

Pengawasan Orang Tua

waktu bermain game
Orang tua tetap punya peran utama dalam memantau aktivitas game anak.

Di sisi lain, Johnny mengaku sering mendapat aduan dari orang tua bahwa anak-anak terlalu sering bermain game online, beberapa pihak juga meminta game tertentu diblokir. Berkaitan dengan hal itu, pemerintah tidak bisa serta-merta memblokir game ketika mendapat aduan.

“Game online, selama ia legal, tidak melanggar aturan. Berbeda dengan pinjaman online (yang ilegal), hoaks dan pornografi,” kata Johnny.

Dalam hal ini, Johnny menngharapkan partisipasi dari orang tua, guru sampai tokoh agama supaya bisa memberi pemahaman ke anak-anak untuk tidak terus-menerus bermain game. Orang tua perlu menerapkan aturan ketika anaknya mengakses game online, seperti mengatur waktu belajar dan bermain.

“Jangan sampai, waktu main game mendominasi,” kata Johnny.

Kominfo bersama Asosiasi Game Indonesia tahun ini merencanakan konferensi untuk pengembang game lokal, Indonesia Game Developer Exchange (IGDX). Acara ini berisi pelatihan intensif untuk pengembang game, seminar, sampai pertemuan dengan pengembang asing dan calon investor.

Tinggalkan komen


Bagi 10 responden terpilih, berhak mendapatkan
saldo e-wallet masing-masing senilai Rp100 ribu.