Kominfo Kembali Blokir Situs PeduliLindungi Palsu

Jakarta, Gizmologi – Kementerian Komunikasi dan Informatika (kominfo) kembali menemukan situs PeduliLindungi palsu yang beredar di masyarakat. Kali ini dengan nama domain pedulilindungiq.com.

“Situs pedulilindungiq.com merupakan situs palsu dan bukan situs yang digunakan pemerintah dalam melakukan penanganan Covid-19,” kata Juru Bicara Kemkominfo, Dedy Permadi, dalam keterangan resminya, Rabu (6/10/2021).

Ia menegaskan seluruh isi dan informasi dalam situs pedulilindungiq.com tidak terkait dengan situs Pedulilindungi.id dan tidak berhubungan dengan upaya pemerintah melakukan penanganan Covid-19 dalam bentuk apapun. Dedy menjelaskan alamat situs tersebut telah diblokir, sehingga tidak bisa diakses oleh masyarakat.

“Kementerian Kominfo telah melakukan pemutusan akses terhadap situs pedulindungiq.com yang menggunakan atribut logo, gambar, dan tema menyerupai situs pedulilindungi.id,” ucapnya menambahkan.

Dedy menjelaskan, situs dan aplikasi PeduliLindungi yang resmi tidak pernah melakukan pemungutan biaya apapun kepada penggunanya, termasuk untuk keperluan pendaftaran vaksinasi. Sedangkan situs pedulilindungiq.com justru mengenakan biaya pendaftaran untuk vaksinasi COVID-19.

“Situs pedulilindungiq.com mewajibkan pembayaran sebesar Rp.1.000.000 untuk pendaftaran vaksinasi Covid-19.

Baca Juga: Jangan Sembarang Klik Web PeduliLindungi Palsu!

Kominfo mengimbau agar masyarakat hanya mengakses situs resmi pedulilindungi.id serta mengunduh aplikasi resmi PeduliLindungi yang tersedia di App Store dan Google Play Store. Hal tersebut dilakukan guna menghindari disinformasi terkait situs maupun aplikasi palsu yang mengatasnamakan PeduliLindungi.

“Apabila masyarakat menemukan situs atau aplikasi lain selain Aplikasi PeduliLindungi yang resmi, Kementerian Kominfo meminta masyarakat untuk melakukan pelaporan ke aduankonten.id atau kanal-kanal aduan konten lain yang telah disediakan,” ujarnya.

Tinggalkan komen