Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Tinggalkan Nama DualShock, Inilah Kontroler DualSense PlayStation 5

0 15.035

Sony memang akan merilis konsol terbaru mereka, PlayStation 5, disiapkan untuk menjadi rival langsung dari perangkat Xbox milik Microsoft. Meski desain fisik perangkatnya sendiri belum diketahui, hari ini Sony mengumumkan bentuk desain kontroler terbarunya.

Meninggalkan nama “DualShock” yang selalu digunakan pada seri-seri sebelummya, Sony menamakan kontroler PlayStation 5 dengan “DualSense”, hadir dalam desain yang cukup signifikan perbedaannya. Sejumlah fitur baru dihadirkan dan secara bersamaan tetap membawa fungsi yang sama dari generasi sebelumnya, untuk pengalaman bermain yang optimal.

Baca juga: Lawan Covid-19 Melalui Turnamen eSport, FORWAT Donasikan Rp50 Juta untuk Tenaga Medis

DualSense PlayStation 5 Hadir dalam Warna Baru

tampak depan dualsense playstation 5

Dari segi desain, kontroler DualSense milik PlayStation 5 terlihat sangat futuristik, dengan kombinasi dual-tone warna hitam dan dominasi putih. Namun dengan layout tombol yang dibuat sama, perangkat ini dengan mudah terlihat sebagai kontroler untuk PlayStation. Kali ini, Sony menyematkan fitur haptic feedback, yang mereka klaim dapat meningkatkan tingkat imersif saat bermain. Fitur haptic feedback yang baik juga umumnya dihadirkan dalam smartphone flagship, terutama yang fokus untuk gaming.

Tombol L2-R2 “adaptive triggers” pada perangkat DualSense juga ditingkatkan untuk memberikan respon lebih nyata saat digunakan, misalnya ketika digunakan untuk memanah dalam game. Teknologi tambahan ini membuat bobot fisik DualSense PlayStation 5 lebih berat daripada generasi sebelumnya. Namun Sony mengklaim desainnya dibuat sedemikian rupa agar terasa jauh lebih ringan ketika benar-benar digunakan. Sony juga menghilangkan tombol “Share” dan menggantinya dengan tombol “Create” baru, yang hingga saat ini belum dijabarkan fungsinya, yang pasti lebih bermanfaat dengan fungsi lebih banyak dari yang sebelumnya.

Meski Sony tetap menganjurkan untuk menggunakan headset ketika bermain game yang membutuhkan input suara, kontroler DualSense dilengkapi mikrofon terintegrasi, bisa digunakan kapan pun ketika pengguna sedang tidak memakai perangkat audio lain. Sony juga memberikan aksen warna menarik yang berada di sisi kiri dan kanan touchpad. Untuk pengisian daya, DualSense milik PlayStation 5 sudah menggunakan port USB-C agar memudahkan kompabilitas dengan perangkat lainnya.

“DualSense telah diuji oleh berbagai gamer dengan berbagai ukuran tangan, agar kami dapat mencapai tingkat kenyamanan yang kami inginkan dengan ergonomi yang hebat,” kata Hideaki Nishino, Senior Vice President, Platform Planning & Management. “Tujuan kami dengan DualSense adalah untuk memberikan gamer perasaan tersambung ke dunia game secara instan setelah mereka memulainya. Kami ingin para gamer merasa bahwa kontroler adalah perpanjangan dari diri mereka ketika bermain, sangat banyak sehingga mereka lupa bahwa itu ada dalam genggaman mereka.”

Ketersediaan DualSense PlayStation 5

tombol atas DualSense PlayStation 5

Sony juga belum mengumumkan apakah ada varian warna lain dari kontroler barunya ini, serta harga perangkat jika ingin bermain bersama teman. Kemungkinan informasi lebih lanjut untuk DualSense baru akan diberikan menjelang perilisan PlayStation 5. Sebagai referensi, DualShock 4 yang dirilis 2013 lalu untuk PlayStation 4 dijual seharga USD 59,99 ketika pertama kali dirilis. Menurut beberapa analis, ada kemungkinan jika jadwal perilisan perangkat ini mundur akibat adanya pandemi Covid-19, selambatnya hingga tahun 2021.