Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Lebaran 2017, Operator Seluler Panen Lonjakan Traffic Data Hingga 200%

0 1.564

Berbagai antisipasi yang telah dilakukan operator seluler menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 1438H membuahkan hasil. Kini mereka memanen pendapatan dari lonjakan traffic komunikasi selama musim Lebaran 2017. Walaupun tidak memberi tahu jumlah pendapatan yang diperoleh, namun mereka telah melaporkan kenaikan traffic komunikasi terutama data internet yang signifikan. Setidaknya dari tiga operator yang telah merilis laporan resmi yaitu Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo dan Tri.

Operator Telkomsel mengalami lonjakan penggunaan layanan data lebih dari 136%. Angka tersebut meningkat jika dibandingkan dengan trafik data di periode yang sama di tahun 2016. Dan jika dibandingkan dengan hari normal selama 2017, layanan ini juga mengalami kenaikan lebih dari 27%. Penggunaan layanan data ini paling banyak dimanfaatkan oleh pelanggan untuk mengakses media sosial (36%), disusul layanan video streaming (29%).

Di sisi lain, trafik telekomunikasi di jaringan Indosat Ooredoo khususnya trafik layanan data  juga meningkat cukup signifikan meski masih di bawah Telkomsel. Pada puncak hari Lebaran tanggal 25 Juni 2017, trafik layanan data meningkat sebesar 113.60% dibanding trafik data di hari Lebaran tahun sebelumnya (2016). Bila dibandingkan dengan trafik harian reguler, trafik data pada hari Lebaran meningkat sebesar 39.52%.

Sementara itu untuk operator Tri mencatatkan peningkatan trafik di jaringan Tri lebih tinggi lagi yaitu hampir 200% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Pelanggan Tri aktif menggunakan sosial media, aplikasi instant messaging seperti WhatsApp dan menikmati manfaat telepon tanpa pulsa dan kuota fitur telepon di aplikasi WhatsApp dan Lines untuk menyampaikan ucapan dan salam Idul Fitri. Selain itu streaming juga menjadi aktivitas utama pelaggan Tri selama musim liburan, mudik dan lebaran 2017.

XL Axiata mencatatkan peningkatan traffic data paling tinggi. Dalam periode 20-27 Juni 2017 atau H-5 hingga H+2 Lebaran 2017, tercatat terjadi kenaikan trafik layanan Data hingga 15% dibandingkan hari-hari biasa, serta meningkat 218% dibandingkan trafik di periode yang sama tahun lalu. Kenaikan ini didorong oleh terutama meningkatnya aktivitas akses ke layanan Data oleh pelanggan dibandingkan hari-hari biasa, serta sebagai dampak positif dari perluasan layanan 4G LTE dan 3G U900 di berbagai daerah di Indonesia.

Kendati peningkatan trafficnya rendah dibanding operator lainnyam namun konsumsi data Telkomsel jauh melewati kompetitornya. Operator anak perusahaan Telkom dan Singtel ini menembus angka lebih dari 6.000 TB (Terabyte) di hari Lebaran 2017. Sedangkan untuk XL Axiata, trafik data selama periode H-5 hingga H+2 tercatat total lebih dari 4020 TB, meningkat dari rata-rata trafik data di hari-hari biasa sebesar 3.600 TB.

Sementara itu trafik data Tri rata-rata per hari 3.000 Tb/hari, 35% adalah trafik 4G LTE. Hal ini tentu tak lepas dari jumlah pelanggan Telkomsel yang terbesar dibanding lainnya. Untuk Indosat Ooredoo, khusus pada tanggal 25 Juni mampu meraup traffic sekitar 2813.18 Terabyte/hari. Justru peningkatan trafik data tertinggi terjadi selama masa mudik Lebaran 2017 yaitu pada hari puncak mudik H-3 Lebaran, dimana trafik data meningkat menjadi sekitar 3102.10 Terabyte/hari,

Meski terjadi kenaikan trafik, jaringan XL Axiata diklaim sukses melayani pelanggan, tanpa hambatan yang berarti. Begitupun dengan Telkomsel yang  menyatakan jaringannya berfungsi dengan baik untuk melayani kebutuhan komunikasi pelanggan di momen Lebaran 2017. Serta Tri  yang bersyukur pelanggan tidak mengalami kendala yang sangat berarti dalam menggunkaan layanan kami selama mudik dan merayakan Idul Fitri.

BTS 4G LTE XL Mataram
Teknisi sedang melakukan perbaikan jaringan (Foto: XL Axiata)

Layanan data semakin diminati

Berbeda dengan layanan data yang semakin diminati oleh banyak pelanggan sebagai pilihan utama untuk berkomunikasi di hari lebaran, layanan suara dan SMS tidak mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan trafik di hari normal. Di jaringan Telkomsel, trafik layanan suara turun 6% menjadi 1,3 miliar menit, sementara SMS cenderung stagnan di angka 740 juta SMS.

Hal yang sama terjadi di Indosat Ooredoo di mana trafik layanan suara dan SMS cenderung turun selama Lebaran 2017. Bila dibandingkan dengan trafik reguler harian biasa, trafik voice pada hari Lebaran mengalami penurunan menjadi sekitar 286.52 Juta menit, atau turun sekitar 14.45%  dan trafik SMS di hari Lebaran menurun menjadi  sekitar 321.12 Juta SMS, atau turun 31.40%.

Akses ke sejumlah media sosial popular memang meningkat dibandingkan trafik akses pada hari biasa. Di jaringan XL, trafik akses ke Facebook tertinggi meningkat lebih dari 50%, Instagram lebih dari 20%, serta YouTube lebih dari 17%.

Sementara itu, kenaikan trafik juga terjadi pada akses ke layanan Google seperti Google Map dan aplikasi penunjuk rute jalan dan kepadatan lalu lintas Waze hingga mencapai lebih dari 135%. Kenaikan akses ke kedua layanan tersebut seiring dengan melonjaknya kebutuhan pelanggan atas informasi rute dan kondisi lalu lintas saat menuju kampung halaman dan lokasi-lokasi wisata di luar Jabodetabek.

Kemajuan teknologi digital juga semakin memberikan layanan yang berkualitas untuk akses ke layanan instant messaging, voice, video, dan video call seiring dengan semakin meningkatnya kualitas jaringan Data yang tersedia di tengah pelanggan. Kecenderungan tersebut terlihat dari meningkatnya akses ke layanan social media messaging (WhatsApp, FB Messenger, LINE) lebih dari 46,5%. Hal yang sama juga terjadi pada akses ke layanan berbasis VoIP Call (WhatsApp Call, BBM, Facebook VoIP, Skype) hingga sekitar 9%, sebagai sarana baru untuk menggantikan layanan voice tradisional atau telepon biasa.

Hal yang serupa terjadi di jaringan Tri. Peningkatan penggunaan streaming video melalui YouTube meningkat hampir 60% dibandingkan hari biasa. Sementara apliaksi sosial media didomoniasi oleh penggunaan Instagram meningkat hampir 70%. Penyampaian pesan melalui WhatsApp dan fitur Line Call mendominasi peningkatan trafik. Penggunaan WhatsApp meningkat lebih dari 80% dan fitur call melalui aplikasi meningkat utamanya didominasi oleh Line Call yang meningkat 60%. Layanan telepon dan SMS mengalami peningkatan dibanding trafik di hari biasa namun tidak tinggi

Kecenderungan tersebut menunjukkan perubahan behavior pelanggan yang sebelumnya banyak menggunakan layanan tradisional SMS. Kenaikan yang tinggi ini juga terdorong oleh kebutuhan pelanggan untuk menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri.