Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Mengintip LG V30 yang Bakal Membawa Pembaruan Besar di Sektor Kamera

kamera LG V30 ini akan menempatkannya menjadi smartphone pertama di dunia yang memiliki aperture terbesar sekaligus lensa paling jernih.

0 1.749

Setelah sukses merilis LG V20 di pasar smartphone, LG Electronics pelan-pelan membuka selubung produk penerusnya, LG V30. Vendor smartphone berbasis di Korea Selatan ini memastikan LG V30 bakal membawa pembaruan besar di sektor kamera.

Tak cuma menawarkan bukaan diafragma yang bakal menjadi yang terbesar di smartphone dengan aperture F1.6, LG V30 dikatakan juga akan mengadopsi lensa kaca. Menurut Juno Cho, Presiden LG Electronics Mobile Communications Company, keputusan untuk mengadopsi lensa kaca pada kamera LG V30 karena hal ini sejak dulu merupakan bidang dari DSLR. “Ini bakal menjadi inovasi signifikan bagi segmen pengguna seri V kami,” ujar Juno Cho.

Jika tidak “ditikung” oleh kompetitor, pengumuman inovasi kamera LG V30 ini akan menempatkannya menjadi smartphone pertama di dunia yang memiliki aperture terbesar sekaligus lensa paling jernih.

Sebagai gambaran, nilai aperture F1.6 di LG V30 ini dikatakan bakal menangkap cahaya 25% lebih banyak dibandingkan dengan smartphone yang memiliki aperture F1.8. Sejalan dengan ini, penggunaan lensa bermaterial kaca dengan tajuk Crystal Clear Lens dipilih karena kemampuannya yang lebih baik dalam menangkap dan mengumpulkan cahaya bila dibandingkan dengan lensa plastik. Kemampuan ini membuatnya dapat mereproduksi warna lebih baik. Hal inilah yang dikatakannya membuat ponsel ini akan sangat sesuai bagi kegiatan fotografi dan videografi.

Seiring dengan dua pembaruan besar ini, kamera LG V30 juga bakal mengurangi tingkat distorsi gambar yang biasa terjadi pada tepian hasil tangkapan kamera. LG menyatakan, pengurangan distorsi ini perbandingannya  hingga sepertiga dibanding LG V20 pendahulunya saat mode pengambilan gambar dengan bentang lebar (wide angle shot). Kemampuan ini membuatnya akan sangat sesuai untuk pengambilan gambar dalam kelompok besar (wefies), foto interior besar maupun kemegahan pemandangan yang luas.

Yang menjadikan berbagai pembaruan ini semakin menarik, hal ini tidak akan membuat modul kamera belakang akan semakin besar dan menonjol. Bahkan LG menyatakan modul kamera belakang LG V30 akan tampil 30% lebih langsing dibandingkan LG V20 sebagai pendahulunya.

Melengkapi kenyamanan dalam penggunaannya, pengoperasian kamera V30 bakal mendapat dukungan UX spesial yang lengkap dengan laser detection AF, Optical Image Stabilization dan shutterbugs yang akan memberi kemudahan dan kenyamanan penggunaannya.