Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Lima Fitur Tampilan Baru Gmail yang Wajib Kalian Tahu

0 271

Gmail telah melakukan perubahan besar-besaran. Kali ini, pihak Gmil mengusung visi mempermudah pengguna mengoperasikan sistem email ini ditambah memperkenalkan fitur untuk perlindungan. Tampilan baru Gmail ini dapat dinikmati di versi desktop mau pun mobile.

Sejauh ini, Gmail merupakan salah satu layanan email gratis yang populer di kalangan warga dunia. Salah satu produk Google ini tak hanya dipakai sebagai alat komunikasi urusan pekerjaan tetapi juga mengakomodir berbagi file ukuran besar melalui Google Drive-nya.

Berikut lima hal penting mengenai tampilan baru Gmail yang wajib Gizmo lovers ketahui sebagaimana kami sarikan dari slashgear.com:

new gmail
Confidential mode, salah satu fitur menarik di Gmail yang baru. Foto oleh slashgear.com

Mode rahasia

Mungkin fitur dalam tampilan baru Gmail yang paling menarik dikulik adalah mode confidential atau mode kerahasiaannya. Fitur ini memungkinkan pengirim menyetel waktu kadaluwarsa email mereka setelah jangka waktu tertentu atau mencabut akses ke email setelah terkirim. Yang lebih menyenangkan lagi dari fitur ini yakni pengirim akan bisa menggunakan alat baru guna mencegah penerima dalam memperoleh email forward, melakukan download, menyalin atau mencetak email. Ini bisa mencegah kemungkinan bocornya email penting perusahaan ke pihak yang tidak jadi sasaran penerima.

2. Fungsi offline

Ekstensi Google Chrome telah digunakan oleh beberapa orang yang memang rajin menggunakan Gmail. Tampilan baru Gmail secara resmi menambah Google Chrome dimana email tetap bisa diakses meski tanpa koneksi internet. Masa berlakunya pun cukup panjang, yaitu 90 hari.

3. Fungsi ‘menidurkan email

Kadang karena kesibukan ada email penting yang tertimbun lalu terlewatkan. Fitur “Snooze” dalam tampilan baru Gmail mencegah hal itu. Fitur ini bisa berfungsi menyembunyikan lalu menampilkan kembali email di kemudian hari. Cara ini berguna bagi kalian yang membaca email penting masuk tapi tak punya waktu membaca isinya. Kalian bisa “menidurkannya sementara” lalu akan diingatkan kembali untuk membacanya di lain waktu.

Baca juga: Google Trends 2017: Inilah Penelusuran Terpopuler di Indonesia Sepanjang 2017

4. Panel samping G Suite

Apa itu panel samping G Suite? Tambahan fitur dalam tampilan baru Gmail ini merujuk pada sidebar baru yang memudahkan pengguna mengakses ke aplikasi G Suite lainnya. Sehingga, kalian bisa menambahkan tanggal acara tertentu pada Kalender Google atau membuat daftar yang akan dilakukan tanpa mesti berpindah antar aplikasi.

5.Penolong berhenti langganan

Sering berlangganan newsletter situs tertentu tetapi sangat jarang membacanya? Nah, tampilan baru Gmail memuat fitur yang bisa menyarankan kalian unsubscribe atau setop langganan newsletter jika memang jarang mengaksesnya. Terdengar sederhana tetapi bisa membuat inbox kalian terlihat rapi dan terorganisir.

Gizmo lovers yang belum menikmati tampilan baru Gmail bisa langsung memperolehnya dengan cara: membuka Gmail di web browser lalu mengeklik simbol gigi di bagian kanan atas (Settings). Lalu, pilih “Try the new Gmail”.

Silahkan mencoba teman-teman!