LinkedIn Putuskan Untuk Menyudahi Layanan di China

Jakarta, Gizmologi – Aplikasi jejaring pertemanan berbasis pekerjaan dan bisnis dari Microsoft, LinkedIn, akan segera menyudahi layanannya di China. Perubahan aturan dan persaingan dengan aplikasi lokal disinyalir menjadi sebab Microsoft mengambil kebijakan tersebut.

“Kami menghadapi perubahan signifikan dalam lingkungan operasional yang menantang dan juga persyaratan yang semakin banyak di China,” ujar Senior Vice-President LinkedIn, Mohak Shroff, melalui blog perusahaan.

Menurut Wall Street Journal, LinkedIn diberita tenggat waktu oleh regulator di China untuk dapat memperbaiki konten mereka agar sesuai dengan aturan yang ada. China memang mulai banyak membuat aturan terkait teknologi informasi terutama dalam hal aplikasi yang beredar di negara mereka.

Pemerintah China memang lebih mendukung pengembangan startup lokal untuk digunakan oleh warganya. Sebut saja Bilibili (Youtube versi China), Weibo (serupa Twitter), maupun WeChat sebagai sosial media terbesar di negeri tirai bambu.

Baca juga: Belasan Jaksa AS Surati Facebook Soal Disinformasi Vaksin

LinkedIn Berganti Nama Jadi InJobs 

LinkedIn versi China telah hadir sejak 2014. Kini enam tahun kemudian, nama tersebut akan segera ditanggalkan dan berganti nama menjadi InJobs. Microsoft tidak begitu saja meninggalkan pasar pontesial di bidang tenaga profesional. Mengganti strategi layanan akhirnya dilakukan bersamaan dengan pergantian nama, yang diperkirakan launching pada akhir tahun 2021 nanti.

InJobs akan menitikberatkan pada fungsi layanan pencarian kerja saja. Sementara fitur pertemanan dan relasi kerja yang ada pada LinkedIn akan ditanggalkan. Juga tidak ada fitur untuk berbagi atau posting informasi dalam bentuk artikel di dalamnya.

“Kami akan tetap melanjutkan kehadiran kami di China dengan strategi baru dan kami bersemangat untuk meluncurkan InJobs pada akhir tahun ini,” ujar Shroff. InJobs menjadi penghubung para profesional pencari kerja dengan perusahaan yang mencari kandidat terbaik.

Tinggalkan komen