Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Mitra Lion Parcel Meraup Keuntungan 2x Lipat Selama Pandemi

0 82

Intensitas masyarakat untuk membeli barang dengan cara datang ke toko langsung tentunya lebih menurun selama pandemi. Mereka lebih memilih untuk membeli barang secara daring, dikirim menggunakan jasa pengiriman sesuai preferensi masing-masing, demi kemudahan dan keamanan kesehatan. Otomatis, bisnis logistik atau jasa pengiriman menjadi krusial, dan lebih sering digunakan.

Sektor logistik bisa dibilang menjadi salah satu bagian yang mendapatkan dampak signifikan dan positif di industri selama pandemi. Menjadi salah satu industri yang mampu bertahan bahkan tumbuh secara signifikan, karena hadir sebagai solusi di tengah keterbatasaan saat ini. Salah satu yang merasakan pertumbuhan adalah Lion Parcel, bagian dari Lion Air Group.

Baca juga: Gandeng Shipper, DANA Hadirkan Layanan Logistik Terintegrasi untuk UMKM

Selain Volume Barang, Jumlah Agen Bertambah Signifikan

Lion Parcel P.O.S Bendungan Jago

Sebagai salah satu pemain logistik di Indonesia, Lion Parcel mencatat adanya kenaikan volume pengiriman selama pandemi. Tercatat selama bulan April hingga September 2020, volume pengirimannya naik atau meningkat sekitar 30% dibanding periode yang sama di tahun 2019.

Data tersebut sejalan dengan data dari RedSeer, yang menunjukkan bila penggunaan layanan e-commerce selama pandemi Covid-19 meningkat tajam sebanyak 69%. Dan memang tak hanya Lion Parcel saja, berbagai penyedia jasa logistik di Indonesia juga turut mencatat kenaikan volume pengiriman barang. Lonjakan permintaan tersebut menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan bagi masyarakat.

Data lebih lanjut mencatat, jumlah agen atau mitra P.O.S (point of sales) yang bergabung dengan jaringan Lion Parcel juga meningkat secara signifikan, mencapai 2x lipat. Dalam sebuah rilis yang diterima Gizmologi (23/9), Cipto Laksono, Senior Manager NPOS Lion Parcel menyebutkan bila tercatat lebih dari 800 mitra bergabung ke jaringan Lion Parcel tiap bulannya selama masa pandemi.

“Angka ini naik sebesar 100% dibanding kondisi normal sebelum pandemi, dengan rata-rata sebanyak 400 mitra yang bergabung setiap bulannya. Antusiasme masyarakat untuk bergabung menjadi mitra Lion Parcel ini menjadi sinyal positif bahwa sector logistik memiliki peluang yang menjanjikan di tengah pandemi ini,” tambah Cipto.

Lebih Dari 3500 Mitra Bergabung dengan Lion Parcel

Ia menambahkan, saat ini Lion Parcel telah memiliki lebih dari 3,500 mitra aktif yang tersebar di seluruh Indonesia. Pihaknya berkomitmen untuk memfasilitasi seluruh mitra P.O.S yang baru bergabung dengan fasilitas seperti franchise fee gratis, komisi penjualan menarik, proses administrasi cepat dan lainnya.

Salah satu mitra Lion Parcel, pemilik Mitra P.O.S Lion Parcel ‘Habibi’ yang berlokasi di Tangerang, Nanundita membagikan cerita kesuksesan selama pandemi. “Saat orang-orang mengalami pasang surut, usaha yang saya rintis sejak tahun 2017 justru berbuah manis karena kebutuhan masyarakat untuk mengirim paket serta dokumen justru meningkat,” tambahnya.

Lion menambahkan, masih ada potensi peluang bisnis kemitraan yang cukup besar, terutama di beberapa daerah potensial dengan kebutuhan mitra Lion Parcel. Daerah terkonsentrasi masih di area Jabodetabek, seperti di daerah Tangerang dan Bogor, tepatnya wilayah Serpong, Balaraja, Parung dan Citeureup. Sementara di Jakarta masih banyak daerah potensial seperti Kecamatan Tambora sampai Jatinegara.