Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

MIUI 12 Dirilis, Ini Jadwal Update dan Daftar Tipe yang Kompatibel

8 67.873

Masih dalam euforia ulang tahun Xiaomi yang ke-10, Xiaomi kembali mengadakan sebuah acara daring di China. Selain memperkenalkan keluarga baru dari Mi 10 series, menunjukkan pembaruan perangkat lunak mereka yang paling mutakhir. Ya, MIUI 12 resmi diperkenalkan, membawa tampilan antarmuka yang lebih baik serta penambahan fitur lainnya.

MIUI 12 diperkenalkan bersamaan dengan Mi 10 Youth Edition. Dalam acara tersebut, Xiaomi menyebutkan bahwa ‘perangkat lunak adalah jiwa dari ponsel, dan hal tersebut lebih penting daripada perangkat keras dalam batas tertentu’. Apa saja fitur barunya dan untuk seri apa saja MIUI 12 bakal tersedia? Berikut informasi lengkapnya.

Baca juga: Xiaomi Bawa Mi TV 4 ke Indonesia

Fitur Baru MIUI 12

MIUI 12

Lewat MIUI 12, Xiaomi memperkenalkan sebuah framework baru yang meningkatkan elemen desain serta animasinya. Framework tersebut ditujukan untuk menghadirkan detail terkecil seperti efek bayangan antar elemen serta pencahayaan yang lebih realistik, sampai sudut lengkung (rounded corners) dibuat lebih presisi menyesuaikan sudut layar smartphone.

Pengguna langsung dapat merasakan efek animasi baru mulai dari membuka kunci layar smartphone. MIUI 12 akan membawa live wallpaper baru yang berkelanjutan dari lock screen hingga ke homescreen dengan transisi yang mulus. Perangkat lunak ini juga sudah dilengkapi Dark Mode 2.0 yang bisa ubah tampilan aplikasi pihak ketiga sekalipun menjadi gelap.

Untuk menjalankan beberapa aplikasi sekaligus, floating windows dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi dalam tampilan kecil di atas aplikasi lain. Navigasi gestur penuhnya juga sekarang mengadopsi gestur yang sama dengan Android 10. Sementara untuk faktor keamanan, MIUI 12 bakal menunjukkan hardware apa saja yang sedang diakses seperti mikrofon, lokasi dan kamera.

Xiaomi juga menghadirkan fitur AI Calling yang bisa mentranskrip telepon dan memberikan saran respon untuk membantu pengguna yang memiliki gangguan pendengaran. Untuk tema, Xiaomi akan meluncurkan kembali tema klasik dari generasi sebelumnya dengan kualitas yang lebih baik. Mi Health juga diperbarui, kini dapat memonitor kualitas tidur, sampai merekam suara dengkuran dan kata-kata yang diucapkan selama tidur.

Jadwal Pembaruan MIUI 12

MIUI 12

Versi closed beta dari MIUI 12 sudah mulai rilis lewat OTA kepada segelintir pengguna terpilih mulai 27 April kemarin, dan Xiaomi juga telah merilis jadwal hadirnya MIUI 12 ke beberapa smartphone mereka yang kompatibel. Xiaomi membaginya dalam tiga batch, dan batch awal akan mulai mendapatkan pembaruan ini mulai Juni 2020 mendatang.

  • Batch Pertama: Xiaomi Mi 10, Mi 10 Pro, Mi 10 Youth Edition, Mi 9 Pro 5G, Mi 9 Explorer Edition, Mi 9, Redmi K30 Pro Zoom Edition, Redmi K30 Pro, Redmi K30 5G, Redmi K30, Redmi K20 Pro Premium Edition, Redmi K20 Pro, Redmi K20.
  • Batch Kedua: Xiaomi Mi Mix 3, Mi Mix 2S, Mi CC9 Pro, Mi CC9, Mi 9 SE, Mi 8 Screen Fingerprint Edition, Mi 8 Explorer Edition, Mi 8, Redmi Note 8 Pro, Redmi Note 7 Pro, Redmi Note 7.
  • Batch Ketiga: Xiaomi Mi CC9e, Mi Note 3, Mi Max 3, Mi 8 Youth Edition, Mi 8 SE, Mi Mix 2, Mi 6X, Redmi Note 8, Redmi 8, Redmi 8A, Redmi 7, Redmi 7A, Redmi 6 Pro, Redmi 6, Redmi 6A, Redmi Note 5, Redmi S2.

Kalau seri smartphone kamu tidak muncul di atas, perlu diketahui bahwa ini merupakan daftar yang dirilis Xiaomi untuk smartphone yang terdistribusi di China. Bisa dijadikan gambaran, tapi untuk ketersediaannya secara global, kita nantikan kembali daftar terbarunya ya.