Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Modem 5G Snapdragon X65 Hadir dengan Kecepatan Unduh 10 Gbps

0 1.185

Meski ketersediaan jaringan 5G di dunia masih belum merata sampai saat ini, produsen pengembang teknologi seperti perangkat modem telah menyiapkan perangkat hardware yang didesain untuk keperluan masa depan. Salah satunya Qualcomm, pembuat cip smartphone yang baru saja rilis modem Qualcomm Snapdragon X65 5G, plus rangkaian perangkat lainnya.

Rangkaian tersebut dirilis untuk berikan pilihan kepada pembuat produk atau OEM untuk hadirkan kecepatan data tingkat tinggi, yang bisa diterapkan di produk terbarunya pada masa mendatang. Yang menjadi highlight utama tentunya modem Snapdragon X65 5G, menjadi modem 5G pertama yang bisa capai kecepatan hingga 10 Gigabit (10 Gbps).

Sebagai perbandingan, modem 5G milik Qualcomm generasi sebelumnya, Snapdragon X60 memiliki kecepatan unduh maksimum hingga 7,5 Gbps. Dengan begitu, peningkatan yang dibawa pada modem generasi keempat ini cukup signifikan. Selain Snapdragon X65, juga dihadirkan Snapdragon X62 5G, modul mmWave baru serta solusi RF front-end terbaru dari Qualcomm.

Baca juga: Qualcomm Rilis Snapdragon 870 5G, Chipset Smartphone dengan Clock Speed Tertinggi

Snapdragon X65 & X62 Hadir Untuk Ragam Perangkat

Snapdragon X65 5G

Lewat sebuah rilis dari situs resminya, Cristiano Amon, President & CEO terpilih untuk Qualcomm Inc. menyebutkan bila sistem modem RF milik Snapdragon X65 5G membuat pihaknya telah meraih pencapaian yang signifikan, berikan koneksi cepat dan dukungan spesifikasi jaringan 5G terbaru. Tak hanya untuk smartphone, namun bisa di-ekspansi ke jenis perangkat lainnya.

Untuk mencapai kecepatan 10 Gbps, modem terbaru Qualcomm ini gunakan standar baru. Yaitu 3GPP 5G NR Release 16, atau penamaan lainnya adalah “5G fase 2”. Snapdragon X65 5G sendiri menjadi modem pertama yang mendukung standar tersebut, siapkan penerapan jaringan 5G NR ke depannya.

Modem ini dirancang melalui proses fabrikasi 4nm, dan sudah mendukung sistem carrier aggregation baik dari jaringan 5G sub-6 maupun mmWave. Lalu untuk varian yang lebih terjangkau yaitu Snapdragon X62, dukungan kecepatan unduhnya masih cukup tinggi mencapai 4,4 Gbps.

Keduanya mendukung arsitektur yang bisa diperbarui, dengan begitu ketika nanti ada fitur baru terkait 5G ke depannya, perangkat yang gunakan modem Snapdragon X65 maupun X62 hanya perlu perbarui software-nya saja. Mirip dengan fitur GPU yang juga dirilis oleh Qualcomm di seri-seri terbarunya.

Bakal Digunakan di Smartphone Jelang Akhir 2021

Snapdragon X65

Qualcomm juga tengah mengembangkan teknologi “AI antenna tuning” pertama di dunia. Teknologi ini mampu mendeteksi genggaman tangan manusia dalam sebuah perangkat lebih akurat mencapai 30%. Dengan begitu, kecepatan data dan tangkapan sinyal dapat meningkat, sekaligus menambah masa pakai baterai.

Demi menghemat daya lebih maksimal, teknologi 5G PowerSave 2.0 juga hadir untuk mendukung fitur baru dari standar Release 16, yaitu Connected-Mode Wake-Up Signal. Fitur ini memungkinkan modem untuk standby lebih lama, dan aktif ketika diperlukan saja, yang bisa hemat daya 10%.

Qualcomm sendiri telah mengirimkan beberapa unit sampel dari modem 5G Snapdragon X65 dan X62 ke beberapa produsen perangkat. Diperkirakan, perangkat pertama yang bakal rilis menggunakan modem terbaru ini bakal hadir di akhir tahun 2021. Kira-kira smartphone dari merek mana yang bakal pertama kali gunakan modem ini ya?