Jumlah pelaku UMKM di Indonesia dilaporkan mencapai 49 juta dan diprediksi menyerap lebih dari 107 juta tenaga kerja. Kontribusi sektor ini terhadap produk domestik bruto (PDB) pun semakin meningkat dalam lima tahun terakhir. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah mencatat lonjakan dari 57,84 persen menjadi 60,34 persen di tahun 2016.
Data tersebut membuktikan segmen pasar UKM yang cukup besar. Beberapa perusahaan besar pun tertarik menggarap sektor ini melalui berbagai solusi bisnisnya, tak terkecuali dengan Telkomsel melalui layanan MyBusiness. Sebagai informasi, sebelumnya pada awal Oktober yang lalu Telkomsel telah menawarkan layanan serupa. Namun menyasar ke segmen korporat atau enterprise. Pendekatan yang dilakukan Telkomsel pun berbeda.
MenurutArief Pradetya, VP Enterprise Mobile Product Marketing Telkomsel ,jika solusi untuk enterprise lebih bersifat kustomisasi benar-benar menyesuaikan kebutuhan tiap perusahaan yang sangat berbeda-beda tiap industri. Sedangkan solusi untuk UKM lebih bersifat dasar yang menjadi kebutuhan utama pebisnis yang ingin lebih meningkatkan produktivitasnya dengan layanan digital.
Arief menandaskan, seiring meningkatnya kebutuhan UKM dalam meningkatkan kinerja bisnisnya, pihaknya berupaya menyediakan solusi lengkap namun terjangkau sesuai dengan kebutuhan pelaku UKM. “Solusi-solusi digital dalam MyBusiness kami harapkan dapat menjadi solusi terlengkap bagi UKM untuk memaksimalkan potensinya dan membuat UKM tetap fokus kepada keahliannya dalam membuat dan memasarkan produk,” ujarnya saat jumpa pers di Jakarta (31/10).
Ia menambahkan, solusi yang disediakan ini dapat dinikmati dengan jumlah minimal, dibayar bulanan, dan disesuaikan seiring kebutuhan dan dioperasikan dengan mudah tanpa perlu integrasi yang rumit. Artinya UKM yang memulai usaha atau mengembangkan bisnisnya tidak perlu melakukan investasi besar di depan dari sisi teknologi atau IT. Seperti untuk perangkat lunak atau perangkat keras, atau keharusan melakukan rekrutmen tambahan orang untuk fungsi pendukung.

Dua Layanan Telkomsel MyBusiness untuk UKM
Dijelaskan lebih lanjut, layanan MyBusiness ini menyediakan berbagai pilihan solusi yang terbagi menjadi dua kategori besar. Pertama, “Mulai Usaha Anda” yang menyediakan solusi terintegrasi bagi pelaku UKM yang baru merintis usaha. Kedua, “Kembangkan Usaha Anda” yang menyediakan berbagai solusi bagi pelaku UKM yang ingin mengembangkan bisnis.
Solusi “Mulai Usaha Anda” terdiri dari Paket MITRA, Wireless Broadband, dan Business Connect. Paket MITRA sendiri tersedia bagi para pemilik usaha yang memberikan tunjangan komunikasi secara rutin terhadap karyawannya. Di mana nomor karyawan dan biayanya dibebankan ke nomor pemilik usaha. Paket ini disesuaikan dengan kebutuhan komunikasi dan akses internet dari karyawan UKM, serta besaran kuota penggunaan dapat dimonitor setiap saat oleh pemilik usaha.
Sementara itu, layanan Wireless Broadband menawarkan jaminan koneksi internet prima untuk lingkungan kantor pelaku UKM. Sedangkan Business Connect menyediakan solusi komunikasi yang terintegrasi penuh, mulai dari email hingga penjadwalan, dokumen, serta aplikasi kolaborasi sehingga mampu meningkatkan produktivitas.
Paket kedua, yaitu solusi “Kembangkan Usaha Anda” menyediakan layanan Telkomsel Office 365, Telkomsel MPOS Solution, Telkomsel Employee Management, Telkomsel Accounting Solution, Telkomsel E-Commerce Solution, dan Telkomsel E-Health. Telkomsel Office 365 menyediakan versi terbaru dari aplikasi Microsoft Office, layanan email 50 GB dan storage berkapasitas 1 Terabyte, serta layanan kolaborasi berbasis video (Skype for Business).
Kemudian MPOS Solution yang merupakan aplikasi kasir untuk mengelola transaksi melalui tablet atau smartphone. Telkomsel Employee Management mempermudah UKM dalam memiliki sistem kehadiran atau absensi yang terjangkau melalui aplikasi mobile, mengelola rekaman data karyawan, serta penghitungan dan pembayaran gaji karyawan dengan efektif.
Selanjutnya Accounting Solution merupakan solusi akuntansi berbasis cloud yang mempermudah UKM melakukan pencatatan dan pembuatan berbagai laporan keuangan. Dilanjut dengan E-Commerce Solution sebagai platform yang memungkinkan UKM membuka toko online dengan branding usaha sesuai keinginan dan langsung berjualan produk serta jasa pada hari yang sama. Terakhir, Telkomsel E-Health merupakan solusi yang dibuat secara khusus untuk praktek dokter, klinik, atau Puskesmas yang memungkinkan mereka memiliki sistem manajemen kesehatan seperti rumah sakit besar dengan biaya terjangkau.
Untuk memperkenalkan beragam solusi tersebut kepada UKM, Telkomsel menggelar ekshibisi yang berlangsung di empat titik. Yakni Hotel Crowne Plaza Bandung (2 November 2017), Hotel Aston Samarinda (8 November 2017), Hotel Grand Central Pekanbaru (16 November 2017), dan Hotel Novotel Solo (23 November 2017).
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.




