Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

9 Smartphone OPPO ini Sudah Bisa Pakai ColorOS 7 Versi Uji Coba

0 11.327

Sejak akhir November 2019 yang lalu, OPPO telah memperkenalkan ColorOS 7 versi uji coba (trial version) untuk pasar di luar China. Sistem operasi terbaru ini dibuat berdasarkan Android 10 dengan membawa slogan baru “Smooth and Delightful”, mengambarkan ColorOS 7 terbaru yang tampil lebih modern dengan berbagai macam solusi yang dibutuhkan untuk pengguna.

OPPO telah merilis ColorOS 7 versi uji coba secara bertahap pada sejumlah perangkat andalannya, termasuk untuk para pengguna di Indonesia. ColorOS 7 menawarkan pengalaman yang lebih lancar dan mudah kepada para pengguna OPPO maupun realme yang jumlahnya kian bertambah.

Menurut Martin Liu, Senior Strategy Manager of OPPO ColorOS, pihaknya berusaha mengoptimalkan ColorOS secara komprehensif, untuk membuatnya lebih cepat dan lebih lancar. “Pembaruan ini tidak hanya menata ulang desain dari sistem ColorOS tetapi juga meningkatkan pengalaman audio visual dan gaming,” ujar Martin.
Baca juga: OPPO: Teknologi Layar Jadi Tren Smartphone Flagship 2020

Smartphone yang Mendukung ColorOS 7 Versi Uji Coba

OPPO RenoPengguna kini bisa memakai ColorOS 7 versi uji coba pada sembilan ponsel pintar. Perangkat tersebut adalah OPPO Reno, Reno 10X Zoom, Reno2, F11, F11 Pro dan R17 Pro serta Find X, Find X Automobili Lamborghini Edition dan Find X SuperVOOC Edition.

Dengan demikian, sebagian besar model ponsel pintar yang dipasarkan OPPO di Indonesia mendapatkan peningkatan ColorOS 7 versi uji coba. Tak hanya itu, OPPO terus menghadirkan peningkatan ColorOS 7 versi uji coba ke lebih banyak perangkat di wilayah lain.  Antarmuka baru ini akan segera tersedia untuk lebih dari 20 model ponsel, yakni seri Reno, Find, F, K, dan A, pada kawasan Tiongkok, Asia Selatan, Asia Tenggara, Eropa, Asia Pasifik, dan Timur Tengah.

Selain itu, ColorOS 7 juga akan hadir di smartphone realme yang memang merupakan adik kandung OPPO. Kendati demikian, realme melakukan kostumisasi khusus dari ColorOS 7 yang sudah dikustomisasi dari Android 10. Beberapa perangkat realme yang mendukung pembaruan ColorOS 7 melalui OTA (over the air) adalah realme XT, realme 3 Pro, realme X, realme 5 Pro, dan realme X2 Pro.

ColorOS 7 Versi Uji Coba

ColorOS 7OPPO mengklaim ColorOS 7 banyak mendapatkan pujian berkat sistem antarmuka yang lebih terpadu dan dibuat berdasarkan kebutuhan pengguna. ColorOS 7 telah mengadopsi pendekatan visual modern yang menyederhanakan antarmuka, agar pengguna lebih fokus terhadap konten yang dilihatnya.

ColorOS 7 juga menyajikan pengalaman pengguna yang mudah dan cepat, serta beberapa fitur inovatif lain seperti mode gelap untuk seluruh sistem, tangkapan layar dengan menggunakan tiga jari yang diperbarui, serta editor video Soloop.

OPPO juga mengajak para penggemarnya untuk terlibat dalam proses pengembangan Sistem Operasi tersebut dengan memberikan beberapa masukan secara langsung. Produsen smartphone asal Tiongkok ini merekrut pengguna untuk mencoba antarmuka ColorOS 7 dan membagikan pengalaman mereka melalui forum komunitas. Melalui langkah tersebut, OPPO dapat terus meningkatkan kemampuan antarmuka baru ini dan memberikan pengalaman yang lebih mudah serta menyenangkan.

Cara Update ColorOS 7

Saat ini, terdapat lebih dari 92.000 penguji coba di seluruh dunia. Pengguna bisa mendaftarkan diri secara manual melalui ponsel OPPO miliknya dengan menuju menu “Settings – Software Updates”, lalu memilih ikon pengaturan (setting) pada sudut kanan atas, lalu mengetuk “Trial Version”. Pengguna kemudian dapat mengisi informasi diri, dan memilih opsi must-know checkbox, lalu menekan “Apply Now”.

Pengguna harus melakukan registrasi secepat mungkin agar mendapatkan peningkatan sistem ini. Karena setiap batch hanya dibatasi jumlah pengujinya. Pada update yang terbaru, OPPO membatasi sebanyak 2.000 pengguna untuk seri Find X, serta 4.000 pengguna untuk seri R17 Pro. Pengguna harus mencermati bahwa peningkatan ColorOS 7 versi uji coba tidak sepenuhnya berfungsi  stabil, karena versi tersebut dibuat agar para pengembang mampu menyempurnakan sistem operasi versi final.

Beli smartphone OPPO di:

Shopee.co.id Lazada.co.id Bukalapak.com Blibli.com Eraspace (Erafone)