Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

OPPO A3 Hadir dengan “Poni” dan Android Oreo Teranyar

Setelah peluncuran OPPO F7 disambut antusias konsumen dengan penjualan yang laris di pasar, OPPO menambah lagi koleksi portofolionya. Kali ini, produsen asal Tiongkok ini membidik pasar segmen menengah ke bawah lewat OPPO A3.

Desain berponi dipilih sebagai fitur pemercantik ponsel kelas menengah ini. Bezel ultra tipis yang diusung dalam OPPO A3 ditambah pula dengan LCD berpanel 6,2 inci. Rasio pun sungguh lega, yakni 19:9 plus resolusi Full HD. Bisa dibayangkan pengoperasian ponsel ini terasa memuaskan dengan layar yang sangat luas.

Android 8.1 Oreo dipercaya menjadi sistem pengoperasian OPPO A3. Ruang penyimpanan hingga 128 GB. Android Oreo sendiri merupakan sistem operasi Android ke delapan, penerus Android 7 “Nougat”.

Pada bagian chipset, OPPO memilih Helio terbaru ditambah dengan octa-core CPU pada 2 GHz dan Mali-G72 MP3 GPU. Helio dibikin oleh MediaTek Inc., perusahaan semikonduktor yang berbasis di Taiwan.

RAM OPPO A3 berkekuatan 4 GB yang dipadukan dengan ruang penyimpanan super besar dan slot microSD yang membuat ponsel ini mempunyai memori jumbo yang jarang kita jumpai pada ponsel untuk konsumen kelas menengah.

Bagaimana dengan sisi kamera yang selama ini jadi jualan utama OPPO?

Related Posts
1 daripada 45

Kamera utama OPPO A3 di bagian belakangnya mempunyai sensor 16 MP dengan lensa f/1.8 di depannya. Walhasil, foto selfie pun bisa ditangkap dengan shooter 8 MP yang berbarengan dengan lensa f/2.2 yang lebih dasar.

OPPO A3 ini didesain untuk konsumen kelas menengah dengan harga Rp4,6 jutaan. Foto oleh gadgets.ndtv.com

OPPO tetap setia menggunakan Color OS dan membawa versi bikinannya sendiri, yaitu UI 5.0 di atas Android 8.1 Oreo-nya. Dengan ukuran fisik 156×75,3×7,8 mm, OPPO A3 memiliki bobot enteng, yakni cukup 159 gram.

Hadir dalam empat warna, yaitu hitam, perak, merah muda dan merah, OPPO A3 dibalut sepenuhnya dengan kaca. Ia dijual mulai dari US$332 atau hampir Rp4,6 juta. Belum ada kabar apakah ponsel ini dijual di Indonesia atau tidak, tulis gsmarena.com sebagaimana diterjemahkan dari versi Mandarin tautan ini.

OPPO merupakan salah satu merk smartphone di Indonesia yang terus naik daun berbekal promosi yang gencar. Salah satu strategi utamanya adalah menggandeng brand ambassador yang sedang naik daun, seperti Raisa dan kini Chelsea Islan. Layaknya vendor smartphone asal Tiongkok lainnya, OPPO konsisten menjual produk dengan spesifikasi oke dengan harga yang masih terjangkau.

Baca juga: Buruan! OPPO F7 dengan Pilihan Warna Diamond Black Sudah Bisa Dibeli

International Data Corporation/IDC Indonesia pernah merilis lima vendor smartphone terbesar di Indonesia sepanjang 2017. Dalam daftar tersebut, OPPO berada di posisi ke-2 dengan pangsa pasar 22,9%, bertambah 6,3% dibanding capaian 2016. Ia hanya kalah dari Samsung yang masih merajai pasar nasional dengan pangsa pasar 31,8%. Lalu di posisi ke-3 ditempati oleh produsen ponsel pintar nasional, yakni Advan, dengan raihan pangsa pasar yang terpaut jauh, yakni 7,7%.