Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Review Redmi Note 7: Kompetitif dari Segala Sisi

Apa yang bisa diharapkan dari smartphone dengan harga Rp 2 jutaan? Desain oke? Kamera oke? Performa oke? Baterai oke? Tampaknya Redmi Note 7 bisa memenuhi itu semua, tapi …

Apa yang Xiaomi hadirkan pada Redmi Note 7 memang terbilang kompetitif untuk di semua fitur. Mulai dari desain hingga daya tahan baterai, smartphone ini bisa bilang mumpuni melangkahi harga yang ditawarkan. Hanya saja, ketika semua ini bukan tanpa “tapi”, apakah berarti layak untuk dimiliki?

Daripada penasaran, yuk baca selengkapnya review Redmi Note 7 berikut ini

Desain Menjenuhkan Tapi Kekinian

Redmi Note 7 desainApa yang paling menjenuhkan dari profesi reviewer smartphone? Salah satunya adalah mengulas smartphone yang desainnya itu-itu saja. Ya, Redmi Note 7 ini termasuk dalam kriteria itu.

Pada varian dream blue yang Gizmin dapatkan, Redmi Note 7 memang terbilang keren dan kekinian. Hanya saja, permukaan reflektif yang memberikan efek gradasi pada bodi belakang smartphone ini sudah terlalu banyak diadopsi smartphone lain. Bisa dibilang konsep desainnya sudah usang.

Penempatan dual-camera di sisi kiri atas juga masih menyisakan desain ala iPhone X dengan housing yang mencuat ke atas sehingga rentan tergores atau terbentur. Agak ke bawah sedikit, ada fingerprint scanner yang terbilang responsif dan memang seperti tidak ada daya upaya lain untuk ditempatkan di bagian lain selain di tengah.

Beralih ke bagian depan layar, konsep Dot Drop untuk menempatkan kamera depan bukan juga barang baru. Hal ini dikarenakan Xiaomi ingin memberikan pengalaman tampilan penuh pada layarnya.

Baca juga: Redmi 7 vs realme C2: Duel Smartphone Entry Level

Untuk bagian bawah dagu Redmi Note 7, terlihat slot USB type C diapit oleh 2 buah gril speaker. Bisa dibilang smartphone ini menjadi smartphone termurah yang mengusung USB tipe ini sebagai konektivitas transfer data dan pengisian baterai. Sementara di bagian atas ada audio jack 3.5mm, microphone, dan infrared.

Pada sisi kiri, tersembunyi tray yang bisa menampung dua micro SIM, di mana salah satunya bisa dimanfaatkan untuk microSD berkapasitas hingga 126 GB. Sedangkan di sisi kanan ada tombol pengaturan volume dan power. Dalam hal ini tidak ada yang istimewa, karena sudah menjadi generik smartphone Android kekinian.

Dengan dimensi 159,21 x 75,21 dan 8,1 mm dan berbobot 186 gram, Redmi Note 7 memang termasuk jenis smartphone yang bongsor. Namun, lumayan ergonomis ketika dipegang dan digunakan untuk mengetik dengan satu tangan. Permukaan glossy-nya tidak terlalu membuatnya licin, hal ini mungkin karena pada framenya mengusung material plastik sekalipun pada bagian bodi belakangnya berbasis kaca.

Layar Lega

layar Redmi Note 7Bagi yang suka bermain game atau menonton video, ini adalah sebuah kesenangan yang ditawarkan Redmi Note 7. Dengan layarnya yang seluas 6,3 inci beresolusi 2340 x 1080 piksel berdensitas 409 ppi dan aspek rasio 19,5:9 bisa memberikan pengalaman yang cukup nyaman bagi mata dalam penggunaan, meskipun bukan termasuk yang terbaik.

Asyiknya, tampil ala smartphone flagship bukan cuma jadi embel-embel semata. Meskipun minus perlindugan IP68 yang membuatnya tahan debu dan air, smartphone ini dilapisi Gorilla Glass 5 sebagai perlindungan layarnya.

Kamera Banyak Gimmick

kamera Redmi Note 7Selain spesfikasi “jeroan” yang oke buat multitasking, inilah fitur unggulan dari Redmi Note 7. Dengan kamera ganda 48 MP + 5 MP pada bagian belakang, Gizmin bisa menangkap berbagai hal dengan hasil foto yang cukup oke.

Bukaan lensa F/1.8, 1,6μm piksel besar, dan PDAF tentu punya pengaruh besar yang membuat kamera utama Redmi Note 7 mampu menghasilkan foto yang layak ditampilkan di media sosial. Fitur Night mode yang dimiliki smartphone ini mampu menangkap objek di kondisi low-light dengan kualitas baik.

Memang fitur-fitur yang dimiliki Redmi Note 7 seperti menjiplak apa yang sudah ada pada smartphone flagship atau smartphone yang dibanderol harga lebih mahal. Perbedaan teknologi, modul kamera, dan kualitas sensor yang dimiliki tentu tidak bisa dibilang setara.

Kehadiran seabrek fitur fotografi ala smartphone flagship pada Redmi Note 7 memang bisa dikatakan hanya gimmick, namun bukan berarti jelek. Pada hasil tangkapan gambar yang Gizmin lakukan, smartphone ini cukup mumpuni digunakan untuk berbagai situasi dan kondisi, baik itu untuk foto bokeh, low-light, dan selfie semuanya tampak oke-oke saja meskipun tidak istimewa.

Begitupun ketika digunakan untuk video, dengan adanya gyro-EIS, Redmi Note 7 bisa dibilang sebagai perangkat yang cukup layak untuk nge-vlog murah meriah. Kualitasnya terbilang komplit dari 720p @30fps hingga 1080p @120fps.

Hasil Foto kamera Redmi Note 7:

IMG 20190615 113634
Foto lanskap

IMG 20190615 114119 1

Foto makro Redmi Note 7
Foto makro
IMG 20190526 075851
Kamera portrait
Selfie
Foto selfie
Foto malam Redmi Note 7
Foto malam
Foto malam Redmi Note 7
Foto malam

IMG 20190622 184902 1

IMG 20190614 180523 1

Performa Juara di Kelasnya

Redmi Note 7 tampaknya bisa jadi bukti bahwa chipset Snapdragon 660 AIE yang dipadukan dengan RAM 4 GB bisa menjalankan berbagai aplikasi dengan smooth, begitu juga untuk gaming.

Paling tidak, ketika Gizmin mencoba multitasking dengan membuka sebanyak 10 aplikasi yang terdiri dari media sosial, browser, dan dompet digital, tidak ada tanda-tanda nge-lag. Hanya saja begitu membuka aplikasi game seperti PUBG mobile, terasa agak lambat. Namun begitu dimainkan cukup lancar jaya.

Selain itu, MIUI 10 yang berjalan dengan Android 9 Pie juga terbilang smooth dan playable. Bagi pengguna yang awam sekalipun dengan smartphone Android, akan tetap mudah menggunakannya.

Salah satu aplikasi bawaan yang Gizmin suka, tak lain dan tak bukan adalah Mi Remote. Sangat berguna sekali untuk menghubungkan perangkat ini untuk berfungsi sebagai remote berbagai perangkat mulai dari TV hingga kamera.

Gizmin mencobanya untuk AC dan ternyata begitu mudah dihubungkan. Sungguh, Gizmin terasa norak sekali menggunakannya!Benchmark Redmi Note 7

Baterai Tahan Lama

Dengan kapasitas yang bisa dibilang hampir setara dengan tablet, yakni 4.000 mAh tentu bisa dibayangkan berapa lama kita bisa menggunakan smartphone ini. Sepanjang pengalaman Gizmin, untuk penggunaan normal sanggup seharian lebih dari 10 jam.

Yang menyenangkan, dengan harga terbilang murah, smartphone ini sudah berani menghadirkan pengisian cepat yang didukung teknologi Qualcomm Quick Charge 4 dengan charger 5V/2A. Pengisian dari 0% hingga full, hanya butuh waktu sekitar 1,5 jam saja. Mantap!

Kesimpulan

Dengan banderol harga Rp 2 jutaan, tidak bisa dibantah lagi jika Redmi Note 7 sangat kompetitif. Dari desain, spesifikasi, fitur kamera, hingga baterai benar-benar menawarkan lebih dari apa yang ditawarkan lewat banderol harganya.

Meskipun beberapa fitur masih terkesan gimmick ala flagship, tapi mengingat harganya yang terjangkau, tentu gimmick yang dihadirkan masih masuk akal dari sisi kualitas. Sangat sulit menemukan kualitas dan performa smartphone sebaik ini dengan rentang harga yang sama.

Redmi Note 7
8 / 10 Reviewer
{{ reviewsOverall }} / 10 Users (0 votes)
Design8
Display8
Camera8
Performance8
Battery8
Features8
Pros
- Daya tahan dan build quality body bagus
- Harga terjangkau
- Fitur melimpah
- Performa andal
- Baterai awet
Cons
- tidak ada tahan air, debu
- tidak mendukung NFC
- Hasil kamera 48MP biasa saja
- MIUI banyak iklan
Summary
Dengan banderol harga Rp 2 jutaan, tidak bisa dibantah lagi jika Redmi Note 7 sangat kompetitif. Dari desain, spesifikasi, fitur kamera, hingga baterai benar-benar menawarkan lebih dari apa yang ditawarkan lewat banderol harganya.
Review menurut pengguna Tulis review kamu
Order by:

Be the first to leave a review.

User AvatarUser Avatar
Verified
{{{ review.rating_title }}}
{{{review.rating_comment | nl2br}}}

This review has no replies yet.

Avatar
Show more
Show more
{{ pageNumber+1 }}
Tulis review kamu

Your browser does not support images upload. Please choose a modern one

Tertarik memiliki Redmi Note 7 yang keren ini? Kamu bisa membelinya di Lazada.co.id atau Blibli.com
Redmi Note 7
Untuk melihat spesifikasi lebih lengkap, silakan klik pada gambar

General

Device Type Smartphone
Model / Series Xiaomi Redmi Note 7
Released 21 Maret, 2019
Status Available
Price Rp 1.999.000 (3GB+32GB) dan Rp 2.599.000 (4GB+64GB)

Platform

Chipset Qualcomm Snapdragon 660
CPU Octa-core 2,2 Ghz
GPU Adreno 512
RAM (Memory) 3GB / 4GB RAM
Storage 32 GB / 364GB, support micro SD 256 GB
Operating System Android 9.0 (Pie);
User Interface MIUI 9

Design

Dimensions 159,21 x 75.21 x 8.1 mm
Weight 186 g
Design Features Color:Nebula Red, Neptune Blue, dan Space Black.
Battery Non-removable 4000mAh
Mendukung Teknologi Qualcomm®️ Quick Charge™️ 4
Termasuk pengisi daya 5V/2A
Port charging tipe-C

Network

Network Frequency 2G: GSM: 2/3/5/8
3G: WCDMA: 1/2/5/8
4G: FDD-LTE: 1/3/4/5/7/8/20
4G: TDD-LTE: 38/40
SIM 4G dual SIM: 3-pilih-2 hybrid SIM tray Nano-SIM + micro-SIM atau Micro-SIM + kartu SD micro
Data Speed 4G LTE

Display

Screen Type IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors Dot Drop
Size and Resolution 6.3 inches, 2340x1080 FHD+, 409 PPI
Touch Screen Yes, Multitouch capacitive touchscreen
Features Corning Gorilla Glass 5

Camera

Multi Camera Yes (Rear)
Rear 48MP+5MP AI; 1,6μm piksel besar (4-in-1 Super Piksel) PDAF
Front 13 MP
Flash Dual LED flash (rear), softlight (front)
Video 1080p, 60fps/30fps 720p, 30fps 720p gerak lambat, 120fps 1080p gerak lambat, 120fps
Camera Features Kamera
48MP AI dual kamera belakang*
Kamera belakang
48MP+5MP AI dual kamera belakang
1,6μm piksel besar (4-in-1 Super Piksel)*
PDAF
Lensa ƒ/1.8 aperture
Fotografi malam hari dengan genggaman yang stabil
Mode Portrait AI, latar belakang blur
Flash single-tone
Peningkatan low light
HDR standar
HDR Auto
Stabilisasi video (EIS)
Mode foto beruntun (Burst)
Mode Panorama
Pengenalan wajah (Face recognition)

Connectivity

Wi-fi 801.12 a/b/g/n, Mendukung 2.4/5GHz Wi-Fi / Wi-Fi Direct / Wi-Fi Display
Bluetooth Bluetooth 4.2/HID
USB USB 3,0 Type C
GPS Yes, with GPS, AGPS, GLONASS, BeiDou
HDMI No
NFC
Infrared No

Smartphone Features

Multimedia Features MP4M4VMKVXVIDWAVAACMP3AMRFLAC
Mendukung H.265 /HEVC (profil utama), H.264 (profil dasar/utama/tinggi), MPEG4 (profil simple/ASP), dan format video lainnya. Mendukung PCM, AAC / AAC+ / eAAC+, MP3, AMR (NB dan WB), WAV dan format audio lainnya.
Web Browser HTML 5 with Android Browser, Google Chrome
Messaging SMS (threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Sensors GiroskopAkselerometerSensor jarakKompas elektronikSensor sidik jariIR blasterMotor getaranSensor cahaya ambient
Other Isi kotak:
Redmi Note 7/ Adaptor / Kabel USB Tipe-C / Alat SIM ejektor / Panduan pengguna / Clear soft case / Kartu garansi
Tunjukkan Komen (1)