vivo Y73 Diresmikan di India, Pakai Cip Helio G95 & Kamera 64MP

Masuk ke seri paling terjangkau, tetapi hadir sebagai versi paling mewah. Selain lini flagship X series, lini Y series menjadi yang paling populer dari vivo, mengingat harganya yang tersedia mulai dari harga sejutaan. Kali ini, vivo coba berikan penawaran mendekati premium lewat seri vivo Y73, baru rilis di India.

Secara spesifikasi, vivo Y73 bisa dibilang cukup menggiurkan. Gunakan chipset seri gaming dari MediaTek, punya setup kamera beresolusi tinggi di belakang, fast charging sampai desainnya yang mirip seri di atasnya. Namun tetap saja, ada beberapa bagian yang masih dibuat sederhana, demi menjaga harga jualnya di pasaran.

Secara desain, smartphone vivo terbaru ini mengusung bahasa desain sama persis vivo V21 5G yang baru kami ulas. Mulai dari sudut lengkungan sampingnya, desain modul kamera belakang hingga notch di bagian layar. Sedikit perbedaan terdapat pada opsi warnanya saja, di mana vivo tawarkan pola layaknya batu berlian yang mampu pancarkan beragam warna.

Baca juga: vivo Y53s 5G Meluncur dengan Snapdragon 480 & Memori 256GB

Desain vivo Y73 Dibuat Tipis & Ringan

vivo Y73

Ketebalannya hanya 7,38 mm saja, ditambah bobotnya yang sangat ringan di 170 gram. Padahal, kapasitas baterainya cukup besar, ditambah dengan penggunaan material kaca pada bodi belakangnya. Ya, bukan plastik dan vivo melapisinya dengan lapisan anti-glare. Membuatnya selalu bersih alias bebas bekas sentuhan jari manusia.

Lanjut ke bagian depan, vivo Y73 lebahkan sudah menggunakan panel layar AMOLED dengan in-display fingerprint sensor. Dimensinya 6,44 ini dengan rasio 20:9 dan resolusi full HD+. Belum memiliki refresh rate tinggi, memang, namun panelnya bisa tampilkan warna lebih baik. Lebih lagi mendukung standar streaming video HDR10.

Kamera depannya sendiri beresolusi 16MP, diletakkan dalam wujud waterdrop notch dan punya diafragma lebar di f/2.0. Sementara di belakang, sensor utamanya beresolusi 64MP f/1.79. Dua sisanya hanyalah sensor 2MP untuk foto bokeh dan makro. Namun fitur kamera yang dibawa cukup lengkap, meski bukan masuk lini mid-range.

Punya Fitur Kamera Lengkap

vivo Y73

Selain mode malam yang menggunakan algoritma AI, terdapat fitur stabilisasi tambahan berbasis EIS yang tersedia baik untuk kamera depan dan belakang. Tak hanya itu, selain bisa rekam video sampai resolusi 4K, fitur Dual-View Video juga bisa digunakan untuk rekam momen dalam bentuk video dari dua sisi kamera.

Untuk sektor performa, digunakan cip MediaTek Helio G95 octa-core, bersama dengan RAM 8GB dan penyimpanan 128GB—masih bisa ditambahkan kartu microSD yang mampu mendeteksi kapasitas sampai 1TB. Demi performa terbaik, opsi Extended RAM juga hadir, membuat total RAM bisa naik menjadi 11GB dengan mengambil sisa penyimpanan internal.

Lewat Funtouch OS 11.1 berbasis Android 11, sejumlah fitur yang dirancang untuk tingkatkan pengalaman bermain juga disediakan. Kapasitas baterai 4,000 mAh menjadi sangat normal untuk smartphone berbodi tipis. Setidaknya disematkan pula dukungan 33W Flash Charge, diklaim bisa isi daya 61% hanya dalam 30 menit saja.

Harga vivo Y73 di India

vivo Y73

Tersedia dalam opsi warna Roman Black dan Diamond Flare, vivo Y73 dijual secara perdana di India secara daring. Penjualan perdananya bakal dimulai pada 12 Juni mendatang. Dalam beberapa platform seperti Flipkart, Reliance Digital dan lainnya.

Harganya? INR20,990, atau bila dikonversikan mencapai Rp4 jutaan. Spesifikasinya cukup menarik, dalam tampilan bodi tipis dan ringan. Namun di rentang harga tersebut, bakal melawan kompetitor seperti OPPO Reno5 F yang juga dirancang untuk ngegim, serta realme 8 yang juga oke.

Tinggalkan komen