Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Review OPPO Reno5 F: Unggulkan Performa, Fitur Kamera Lengkap

Bila berbicara tentang smartphone rilisan pabrikan asal China satu ini, rasanya memang sepertinya tak ada segmen harga yang ingin dilewatkan. Masih di rentang harga Rp4 jutaan, OPPO Indonesia menghadirkan OPPO Reno5 F yang bawa keunggulan fitur kamera dari kedua seri serupa, untuk kelas harga lebih terjangkau.

Hadir sejak tahun lalu, seri F memang memiliki daya tarik tersendiri. Terutama bagi konsumen yang inginkan desain smartphone stylish, punya kamera bagus dengan fitur kamera asik, tapi di harga yang lebih affordable. Karena memang, segmen mid-range harga Rp3 – 4 jutaan sangat banyak peminatnya.

Sehingga penting bagi produsen smartphone, termasuk OPPO untuk hadirkan lebih banyak pilihan pada rentang tersebut. Dan lewat OPPO Reno5 F, peningkatan yang dibawa cukup banyak, membuatnya punya kemasan keseluruhan yang menarik. Berikut adalah ulasan lengkap saya setelah beberapa hari penggunaan.

Desain

Ketebalan OPPO Reno5 F

Dari tahun ke tahun, memang seri F hadir dengan desain yang berbeda. Tahun ini, OPPO Reno5 F pun punya ciri khas tampilan sendiri. Empat sensor kamera belakang diletakkan di dalam modul persegi, dengan lambang AI serta besaran resolusi kamera beraksen silver di bawahnya. Plus lampu kilat memanjang, seolah seperti kamera saku digital.

OPPO Reno5 F

Dimensi panjang dan lebarnya sama persis dari seri sebelumnya, hanya saja sedikit lebih tebal dan berat, masing-masing 7,8mm dan 172 gram. Masih tergolong sangat tipis dan ringan (walaupun Reno4 F memang setipis dan seringan itu).

Alasan smartphone ini dibuat lebih tebal, karena kapasitas baterai dan sistem pendinginnya ditingkatkan. Saya sih mendukung keputusan tersebut, toh masih kurang dari 8mm. Hanya saja, finishing-nya kali ini tak gunakan permukaan matte. Lebih kinclong, tapi juga lebih mudah membekas sidik jari.

Sambil membaca ulasannya, kamu juga bisa menonton video live unboxing OPPO Reno5 F di bawah ini ya:

Layar

Secara spesifikasi di atas kertas, masih bisa dibilang sama persis dari generasi sebelumnya. Walaupun begitu, tidak bisa dibilang layar OPPO Reno5 F kurang, ya. Karena memang sudah bagus, menggunakan panel AMOLED full HD+ dan sensor sidik jari yang sudah dibenamkan di balik layarnya. Responsif dan akurat seperti biasanya.

Layar OPPO Reno5 F

OPPO sematkan beberapa fitur berbasis kecerdasan buatan lewat software agar nyaman digunakan pada berbagai kondisi pencahayaan. Sunlight Screen, misalnya, bisa berikan tambahan kecerahan layar saat dipakai di bawah sinar terik matahari. Sementara Moonlight Screen untuk penggunaan kondisi gelap, hingga 2 nits saja.

Tak perlu khawatir tergores, karena selain sudah terpasang screen protector bawaan, kaca dari permukaan depan OPPO Reno5 F sudah terlapisi Corning Gorilla Glass 3+. Kurang refresh rate-nya aja, nih, yang belum 90Hz seperti dua seri lainnya. Semoga menyusul di seri mendatang, ya.

Kamera

Kamera OPPO Reno5 F

Walaupun lebih murah dari Reno5, tak lantas membuat kamera dari smartphone ini jadi kurang menarik. Setup kameranya memang lebih sederhana secara besaran resolusi sensor utama; 48MP f/1.7 yang dipasangkan dengan sensor 8MP ultra wide-angle, dan dua sensor 2MP untuk macro dan depth.

Kamera depan OPPO Reno5 F sekarang lebih sederhana—kalau dulu ada dua sensor, sekarang hanya satu, namun resolusinya meningkat dua kali lipat menjadi 32MP. Meski begitu, sama-sama bisa hasilkan efek potret yang halus dan natural. Mode kameranya juga tak kalah banyak, seperti mode potret tambahan, mode tripod sampai mode profesional.

Hasil fotonya bisa dibilang setara dengan kelas smartphone mid-range lainnya. Untuk kondisi luar ruangan, efek HDR mampu seimbangkan scenario bagian gelap dan terang, sementara AI Scene Enhancement membuat foto lebih menarik dipandang berkat tambahan saturasi (yang juga tidak berlebihan). Baik sensor utama dan ultra-wide berikan keseimbangan warna konsisten.

Ultra wide-nya pun masih oke untuk ambil foto di dalam ruangan, asal pencahayaan masih cukup cerah. Ketika sudah agak gelap, pasti detil bakal berkurang. Namun night mode bisa jadi solusi untuk isu tersebut, meski efektifnya hanya untuk hasil foto dari sensor utamanya saja. Proses pengambilannya pun tergolong instan.

Hasil foto lengkap dari kamera OPPO Reno5 F bisa kamu akses di album Google Photos ya.

qXWYaU3zKm0B3 fxLP5MWQUwZ6t9PKFL8zKckHk5oLWQvoBqpg6mvHWUq h8v0uRtAQsJl1RPEFXZMaV Aujg4Z3hbEYbDPhUkNKEdC0vBZKV4uJzas9sARVW29HYrh6mKVVlCiTwg=w1024 h768 p k
Sensor ultra wide-angle, outdoor cahaya berlimpah, uji HDR.
rLmNmA7bZMnFsjVYus3OoqpPYUh A5N6C7i4U emZawh624Lkjq5npO8PKq e8UHzQftbWxa720qlHsuZaeK5eb41iYqHduEy2fVrj6K5QWUqcQXz6HjG97RhAZWaVi0sHWqmDcyUA=w1024 h768 p k
Sensor utama, outdoor cahaya berlimpah.

 

Pdh0cMPgqL8nNYKmRhsCWwOaik2Ob9IJCscnvMnBW TTbv6DHr2ya55hw6xY3TZImHuo2CAX81 Kde3HAaxbRJ3jTz7ngAcTo rL71nsOygVMTvYOoPCTA5EOR0HEeKYXgmp2NnCMw=w1024 h768 p k
Detil yang ditangkap sensor utama tergolong baik.
wtQqq76afaWl0sbt0dK7UPqymvd2ug2qGipcJKCS7syS1SxMFnLndjtFA03cLx8aoT 9JlHOFil9X3gsI 8u lPB4x1g9yD1gzRkBwoe6l k0aRFwiclw1HPmqJS8sIw1ZS6o58 Sw=w1024 h768 p k
Sensor ultra wide-angle, indoor cahaya cukup.

 

bN0w94J J5J42jeUvAvSvltPou7BxS cdZu8nizAKYKtdiMAmHFBBrQcPADcE7R1tjuGaG2otKwGKkNRW0hMi3s7o4Nsvep5FM Mg391rAt4dBrH7L7PlfpEnjpzKV5k6RymWRdLfQ=w1024 h768 p k
Sensor utama, outdoor menjelang malam.
CrJitkj3mhD6ljWXkR ZDpguePi9QsQXoZaMaNw4l oBKaGlH3oU9 WDkBAfZNfHr1qNoOcRa5b9PCZRZ9yUYQwzj7SNOL4L4r6fcsy9CVGOE9JAg3zk1RrffNANl8jo zGqeRErxA=w1024 h768 p k
Ultra wide-angle, indoor cahaya cukup, dengan mode malam.

 

K1nXNApUMLYKbJVpVkWHSa4bPP5BiNkj d4jWkAmjqNQo rbRP1O37dTCGG6QzO1P46OxELMlGura09xleibtGIXAQBS1SrTogiqHfxY78UaTiCDOM C70cZpLJOuLpIhI2D6pdHrA=w1024 h768 p k
Menggunakan mode AI Color Portrait.
E9UeINLzugLv3K3DFonrpEctxGDzkxR2EB538QNWGycKDSK7QB6RMZ adcqZgs5XGSkL64h 2h7dJDVlZ uFmJZxSdx8ANIFqjBW5jluQxzba9oTM4V40QHzWkBY6XiS29MFvbW33A=w1024 h768 p k
Efek potret baru, Dynamic Bokeh.

 

0eRscFgc132W5MDcxlfXj16uzeYY49aJv59UjVvMNaem5G82MdvTl956ae2JdhfqUJK4OWlFgrviqs7MOLxGYWUhzgPEdMS0S4oKqWTrI5nYRps9BnRa ucIzFyJLruucyU HzHilA=w1024 h768 p k
Kamera depan, menggunakan AI Color Portrait.

Kalau kamu mencari smartphone dengan kualitas foto terbaik, mungkin kurang cocok. Namun secara keseluruhan, saya sudah cukup puas dengan kamera OPPO Reno5 F. Kamera depan dan belakang sama-sama bisa diandalkan, belum lagi fitur seperti AI Color Portrait yang bisa beri efek menarik baik di foto bahkan video.

Dual View Video OPPO Reno5 F

Kamera belakang bisa rekam video hingga 4K 30fps. Namun untuk mengaktifkan EIS, hanya bisa pada resolusi 1080p 30fps. Mode Dual-View Video juga bisa dimanfaatkan untuk rekam konten video kreatif seperti konten jalan-jalan, reaction video dan sebagainya.

Fitur

Sejak buka kotak, OPPO Reno5 F sudah menjalankan Android 11 dengan tampilan antarmuka terbaru ColorOS 11.1. Kustomisasinya sangat banyak, namun saya mengapresiasi OPPO karena bisa tampilkan seluruh opsinya secara elegan. Dengan kata lain, nggak bikin penggunanya bingung, mau nggak disentuh pun tidak masalah karena opsional.

OPPO Reno5 F

Dan walaupun hanya punya satu kamera depan, kamera tersebut masih bisa digunakan untuk hadirkan fitur air answer. Berguna banget kalau smartphone lagi diletakkan di meja dan tangan sedang kotor atau basah. Cukup buat gerakan mengayun ke atas atau bawah untuk angkat telepon, dan suara panggilan otomatis keluar dari loudspeaker.

OPPO Reno5 F tentunya juga dilengkapi aplikasi Game Space yang bisa tingkatkan performa smartphone. Ketika mode gaming di dalamnya diaktifkan, touch sampling rate atau tingkat respon layar bakal meningkat hingga 180Hz. Alangkah menyenangkan bila diimbangi juga dengan setup speaker stereo.

Oh ya, untuk bagian konektivitas, seri ini belum dilengkapi dengan sensor NFC ya.

Performa

Geekbench 5 OPPO Reno5 F

Untuk bagian ini, juga masih sama seperti generasi sebelumnya. Menggunakan chipset MediaTek Helio P95 dengan fabrikasi 12nm, CPU-nya masih cukup kencang untuk penggunaan sehari-hari secara intensif sekalipun. Juga diperlancar dengan RAM 8GB serta penyimpanan internal luas di 128GB.

Suhu bodi smartphone juga bakal tetap terjaga berkat adanya sistem pendingin berlapis di dalamnya, alias berbasis hardware. Sementara software-nya juga secara pintar mengalokasikan performa chipset ke aplikasi yang diperlukan, ditambah dengan bantuan AI serta NPU atau Neural Processing Unit.

Jadi wajar aja kalau smartphone ini juga dianggap sebagai smartphone gaming. Bukan yang bisa digunakan untuk bermain dengan pengaturan grafis mentok kanan, tapi penggunaan kasual masih sangat cukup. Lumayan, terutama dalam desain kompak nan tipis.

Baterai

OPPO Reno5 F
OPPO Reno5 F dilengkapi fitur tambahan khusus berikan daya hemat dan menambah masa pakai baterai.

Prosesor masih sama, spesifikasi layar juga sama, namun kapasitas baterai dibuat sedikit lebih besar. Dengan kapasitas 4,310 mAh di OPPO Reno5 F, penggunaan intensif a-la saya sudah cukup membuat smartphone ini bisa digunakan dalam satu hari penuh. Atau beberapa kali masih tersisa hingga keesokan paginya, dengan screen on-time rata-rata 5 jam.

Kapasitas lebih besar, kecepatan pengisian dayanya juga meningkat, menjadi 30W alias setara dengan seri Reno4. Proses pengisiannya tak membutuhkan waktu lebih dari 1 jam, jadi cukup charge di pagi hari saja setiap harinya. Atau mau semalaman pun juga tak masalah, bisa gunakan fitur “optimized night charging” supaya tidak overcharge ketika ditinggal tidur semalaman.

Kesimpulan

Kelengkapan OPPO Reno5 F

Smartphone ini mampu berikan fitur-fitur menarik dan berkualitas yang tentu membuat penggunanya jadi lebih nyaman menggunakannya sehari-hari. Kamera bagus, performa terjaga, tampilan ColorOS terbaru yang juga nyaman, dengan desain yang tak kalah menarik dari smartphone lain. OPPO Reno5 F hadir bawa sejumlah peningkatan, meski harganya masih sama.

Dan mungkin beberapa dari Gizmo friends merasa selisih harganya membuat kurang menarik, atau dalam kata lain, “mending OPPO Reno5 sekalian”. Menurut saya sih keduanya berbeda. Kalau memang tak memerlukan sensor NFC dan sudah cukup puas dengan kualitas kameranya, Reno5 F bisa berikan fitur setara dengan harga lebih hemat.

Review OPPO Reno5 F
8.4 / 10 Reviewer
{{ reviewsOverall }} / 10 Users (0 votes)
Design9
Display8
Camera8.5
Performance8
Battery9
Features8
Pros
- Desain tetap tipis dan ringan
- Kapasitas baterai lebih besar
- 30W VOOC Flash Charge 4.0
- Fitur kamera lengkap
Cons
- Belum dilengkapi NFC
- Speaker masih mono
- Permukaan bodi belakang mudah kotor
Summary
Meski hadir lebih murah, OPPO Reno5 F masih memiliki daya tarik tersendiri, hadir sebagai alternatif bagi mereka yang inginkan pengalaman kamera Reno5 series lebih terjangkau.
Review menurut pengguna Tulis review kamu
Order by:

Be the first to leave a review.

User AvatarUser Avatar
Verified
{{{ review.rating_title }}}
{{{review.rating_comment | nl2br}}}

This review has no replies yet.

Avatar
Show more
Show more
{{ pageNumber+1 }}
Tulis review kamu

Your browser does not support images upload. Please choose a modern one


Cek harga smartphone OPPO di:

BLIBLI SHOPEE  LAZADA JD.ID

Spesifikasi OPPO Reno5 F

OPPO Reno5 F - APS
Klik pada gambar untuk spesifikasi lebih lanjut.

General

Device Type Smartphone
Model / Series Oppo Reno5 F
Released 24 Maret, 2021
Status Available
Price Rp4.299.000

Platform

Chipset Mediatek MT6779V Helio P95 (12 nm)
CPU Octa-core (2x2.2 GHz Cortex-A75 & 6x2.0 GHz Cortex-A55)
GPU PowerVR GM9446
RAM (Memory) 8 GB
Storage 128 GB UFS 2.1
External Storage Up to 256GB (dedicated slot)
Operating System Android 11
User Interface ColorOS 11.1

Design

Dimensions 160.1 x 73.8 x 7.8 mm
Weight 172 gram
Design Features Plastic back
Warna: Fluid Black, Fantastic Purple
Battery 4,300 mAh, 30W VOOC Flash Charge 4.0

Network

Network Frequency GSM / HSPA / LTE
SIM Dual-SIM
Data Speed HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A

Display

Screen Type Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Size and Resolution 6.43", full HD+ 2400x1080 pixels (409 ppi)
Touch Screen Capacitive Touchscreen
Features Always-on display
800 nits maximum brightness
TUV Rheinland certified

Camera

Multi Camera Yes (Rear)
Rear 48 MP, f/1.7, 26mm (wide), 1/2.0", 0.8µm, PDAF; 8 MP, f/2.2, 16mm, 119˚ (ultrawide), 1/4.0", 1.12µm; 2 MP, f/2.4, (macro); 2 MP, f/2.4, (depth)
Front 32 MP, f/2.4, 24mm (wide)
Flash Yes
Video Front Camera: 1080P/[email protected]; Rear Camera: 4K/30fps; 1080P/30fps; [email protected]/30fps
Camera Features Ultra Steady Video 3.0
Ultra 108MP Clear Image
AI Color Portrait Mode
Night Flare Portrait
AI Super Night Portrait
Tripod Mode
Monochrome Video
Dual View Video

Connectivity

Wi-fi WLAN 2.4G / WLAN 5.1G / WLAN 5.8G, WLAN Display
Bluetooth 5.0, A2DP LE
USB 2.0, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
HDMI No
Wireless Charging No
NFC
Infrared No

Smartphone Features

Multimedia Features • Super Power Saving Mode
• Super Night Time Standby
• Icon Pull Down gesture
• Quick Return Bubble
• Gravity Wallpaper
• OPPO LAB
FM Radio Yes
Web Browser HTML 5
Messaging SMS, MMS, Online
Sensors Fingerprint (Hidden Fingerprint Unlock 3.0), accelerometer, gyro, proximity, compass, geomagnetic,
Other Dalam Kotak:
Ponsel x1
Pengisi daya x1
Earphone x1
Kabel Data USB x1
SIM Ejektor x1
Panduan Keamanan x1
Panduan Memulai Cepat x1
Case Pelindung x1

Disclaimer: artikel ini merupakan kerja sama dengan OPPO Indonesia

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.