Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Review OPPO Reno4 F: Tetap Stylish, Harga Lebih Murah

7 19.680

Mencoba untuk hadirkan smartphone yang stylish bagi anak muda. OPPO Indonesia baru saja meresmikan smartphone barunya di minggu kedua bulan Oktober 2020 lalu. Masih masuk dalam seri OPPO Reno4, tentu juga dirancang dengan desain tipis nan ringan, ketika kebanyakan smartphone lain memiliki bobot mencapai 200 gram.

Yaitu OPPO Reno4 F, yang harganya dijual lebih murah dari dua seri Reno4 lain, namun tetap memiliki fitur-fitur yang dibawa dari keduanya. Smartphone ini cocok untuk Gizmo friends yang inginkan perangkat baru OPPO dengan harga yang lebih hemat, namun tetap bawa fitur-fitur kamera untuk ekspresi diri lebih mudah. Sesuai jargon yang dibawa, “Clearly Your Expression”.

Apa saja yang menarik dari smartphone ini? Dan bagaimana nilai jualnya bila dibandingkan dengan saudaranya yang tidak terpaut jauh lebih mahal? Berikut ulasan lengkap OPPO Reno4 F.

Desain

Desain OPPO Reno4 F

Kalau seri Reno4 dan Reno4 Pro dibuat cukup mirip, OPPO hadirkan desain yang jauh berbeda di OPPO Reno4 F. Bagian belakangnya seolah memiliki dua warna terpisah, sementara bingkai kameranya dibuat kotak, dengan empat sensor kamera di dalamnya. LED flash di sebelahnya didesain memanjang, mengingatkan saya dengan desain kamera saku, ketika dilihat dalam mode landscape.

Meski lebih murah, OPPO berhasil membuat perangkat terbarunya ini lebih tipis (7,48mm) dan ringan (164 gram). Sangat melegakan dan nyaman di tangan, dengan sudut yang dibuat tumpul di keempat sisinya. Gunakan finishing “Shiny Matte”, OPPO Reno4 F terlihat mengkilap, meski permukaannya doff. Lapisan anti sidik jari juga membuatnya tetap bersih, tidak mudah kotor.

Selain opsi warna Matte Black, warna Metallic White yang saya ulas kali ini dapat memancarkan warna pink di sudut pandang tertentu, ketika terkena pantulan cahaya. Selain terlihat stylish, juga sangat mudah untuk diselipkan di kantong. Semoga tren ini bakal diteruskan di seri-seri berikutnya.

Layar

Layar OPPO Reno4 F

Pada bagian ini, bisa dibilang impresinya sama dengan OPPO Reno4. Keduanya sama-sama miliki layar berdimensi 6,4 inci dengan panel Super AMOLED. Resolusinya juga sama-sama full HD+, miliki dua kamera punch-hole berukuran kecil di atas kini, serta refresh rate 60Hz. Iya, belum 90Hz memang, namun tetap oke karena kualitas panelnya yang bagus.

Sudah terlapisi Gorilla Glass 3+, karena sudah AMOLED, tentu juga dilengkapi fitur always-on display, yang bisa dikustomisasi tampilannya sesuai selera. Belum dilengkapi profil akurasi layar seperti sRGB atau DCI-P3, namun pengguna masih bisa atur temperatur warna untuk lebih hangat atau sejuk.

Sertifikasi dari TUV Rheinland hadir untuk mencegah emisi cahaya biru, demi kesehatan mata. Juga ada fitur adaptive sleep di mana layar akan tetap menyala selama penggunanya menatap layar. Dan tentunya, Hidden Fingerprint Unlock dengan kecepatan dan akurasi yang tidak perlu diragukan lagi.

Kamera

Kamera OPPO Reno4 F

OPPO memasarkan smartphone ini dengan 6 AI portrait camera. Ya, total ada enam sensor kamera di OPPO Reno4 F; dua di depan dan empat di belakang. Di bagian depan, ada dua sensor kamera, masing-masing 16MP f/2.4 dan 2MP f/2.4. Berbeda dengan Reno4, sensor sekunder ini berfungsi sebagai depth sensor saja, meski masih bawa beberapa fitur gestur yang bakal saya bahas di bagian berikutnya.

Di belakang, ada empat sensor dengan sensor utama 48MP f/1.8. Sama-sama punya dimensi fisik ½ inci, sepertinya bukan Sony IMX586 seperti pada Reno4.  Lalu ditemani ultra-wide 8MP f/2.2, serta dua sensor 2MP mono f/2.4, tanpa hadirnya sensor khusus untuk foto jarak dekat (makro). Kamera depannya bisa rekam video sampai resolusi 1080p, sementara kamera belakangnya bisa rekam video hingga 4K, tanpa ada opsi 1080p 60fps.

Fitur kameranya sendiri tergolong lengkap. Ada mode profesional dengan kemampuan ambil foto extra HD 108MP, sampai AI Super Night Portrait untuk pengambilan foto selfie kurang cahaya tanpa flash. Baik perekaman dari kamera depan dan belakang dilengkapi dengan mode Ultra Steady Video maupun video bokeh.

Beberapa fitur kunci yang ada di Reno4 series lainnya turut dibawa. Termasuk AI Color Portrait yang bisa membuat objek lebih dominan, dengan latar yang dibuat hitam putih. Namun fitur ini hanya tersedia pada mode foto saja, tidak dalam video. AI Night Flare Portrait juga hadir di Reno4 F, cocok untuk foto potret dengan latar pemandangan lampu gedung (cityscape).

Kenapa saya menduga sensor utamanya berbeda? Karena dari foto yang dihasilkan, karakteristiknya cenderung lebih halus. Detilnya juga bukan yang terbaik—tidak jelek, hanya sama OPPO Reno4 seolah berhasil optimalkan baik sensor dan ISP yang dibawa, hasilkan foto yang melebihi ekspektasi saya saat itu. Sementara hasil foto OPPO Reno4 F bisa dibilang 1-2 tingkat di bawahnya. Untuk kualitasnya, Gizmo friends bisa nilai sendiri dari hasil foto di bawah ya.

Kamera ultra wide-angle, cahaya melimpah.
Kamera utama, cahaya melimpah.
Kamera utama, indoor.
Kamera ultra wide-angle, indoor.
Kamera utama, menggunakan mode potret.
Kamera belakang, AI Color Portrait.
Kamera belakang, Night Flare Portrait.
Kamera depan, AI Color Portrait.

Hasil foto lengkap dari kamera OPPO Reno4 F bisa diakses pada album Google Photos berikut ini.

Fitur

OPPO LAB OPPO Reno4 F

Menjalankan ColorOS 7.2 berbasis Android 10, OPPO Reno4 F juga dilengkapi aplikasi tambahan seperti SoLoop dan OPPO LAB. SoLoop merupakan aplikasi edit video praktis, di mana kita bisa menggabungkan, memotong sampai berikan efek tertentu pada video. Sangat berguna dan tersedia secara bawaan, tak perlu mengunduh aplikasi berbayar atau aplikasi gratis yang biasanya penuh iklan.

Sementara OPPO LAB berisikan beberapa pintasan fitur khas OPPO, seperti ambil tangkapan layar tiga jari, screen-off gesture, serta dua fitur eksperimen utama. Yaitu Lab Ringtone, fitur untuk kustomisasi nada lagu supaya terdengar lebih personal, serta Decision Spinner yang bisa bantu mengambil keputusan dari beberapa pilihan yang pengguna buat sendiri.

Meski sensor sekunder pada Reno4 F bukan AON Smart Sensor, fitur gestur dari Reno4 tetap dibawa. Pengguna tetap bisa mengangkat telepon dengan cara melambaikan tangan di depan layar, berfungsi ketika tangan sedang kotor. Nantinya, panggilan telepon akan otomatis dialihkan menggunakan speaker.

Performa

Benchmark OPPO Reno4 F

Tidak menggunakan chipset dari Qualcomm, OPPO Reno4 F yang notabene menjadi Reno4 series termurah, pakai chipset yang sama dengan mirip OPPO Reno3 Pro, varian paling mahal di semester pertama kemarin. Yaitu MediaTek Helio P95 12nm dengan CPU octa-core hingga 2,2GHz. Ditemani RAM 8GB dan penyimpanan internal UFS 2.1 berkapasitas 128GB, masih bisa ditambah kartu microSD 512GB lewat konfigurasi triple-slot.

Untuk penggunaan sehari-hari, tidak ada masalah. Tergolong responsif serta lancar untuk multitasking. Mungkin berkat algoritma Anti-Lagging dari OPPO, diklaim mampu kurangi lag hingga 22% (jika dibandingkan dengan F15). Bermain gim seperti Mobile Legends juga lancar, tidak terasa panas yang berlebih mesti dimensinya cukup tipis. Fitur seperti Game Space juga hadir untuk tingkatkan kepuasan bermain, beri gambaran sisa baterai dan kekuatan sinyal, serta pengaturan performa.

Baterai

Baterai OPPO Reno4 F

Dengan dimensi yang sedikit lebih tipis, baterai pada OPPO Reno4 F juga ikut terpangkas. Sedikit saja kok, hanya 25 mAh dari Reno4, alias 4,000 mAh. Untuk penggunaan sehari-hari, screen-on time-nya mencapai 4,5 hingga 5 jam, bergantung dengan intensitas penggunaan aplikasinya. Masih cukup untuk pemakaian sehari penuh, termasuk menyalakan hotspot dan akses kamera beberapa kali.

Teknologi pengisian dayanya juga dipangkas, membawa dukungan fast charging 18 watt. Mengisi daya mulai 10% hingga penuh membutuhkan waktu kurang lebih 90 menit. Untuk perpanjang masa pakai baterai, terdapat fitur AI Night Charging, di mana software akan mempelajari waktu tidur penggunanya. Sehingga ketika diisi daya semalaman, smartphone baru akan diisi hingga 100% mendekati waktu bangun tidur.

Baterai mau habis tapi jauh dari sumber listrik? Bisa memanfaatkan fitur Super Power Saving. Dengan sisa baterai 5%, OPPO Reno4 F masih bisa digunakan untuk akses aplikasi krusial seperti WhatsApp, Google Maps maupun aplikasi ojek daring hingga durasi lebih dari 35 menit. Sementara sleep standby optimization membuat baterai tidak terkonsumsi banyak saat standby di jam malam.

Kesimpulan

Kelengkapan OPPO Reno4 F

Lebih murah, namun masih tetap stylish dengan fitur gimmick menarik. Melalui OPPO Reno4 F, OPPO Indonesia ingin memberikan pilihan tambahan bagi mereka yang inginkan smartphone dengan keunggulan desain serta kamera, lewat fitur seperti AI Color Portrait maupun Night Flare Portrait. Performanya juga masih terjaga dengan prosesor yang mumpuni.

Saya pribadi lebih memilih untuk menabung lebih lama, dan membeli OPPO Reno4 yang dibanderol lebih mahal Rp600 ribu. Kamera lebih baik, fitur kamera lebih lengkap, dengan teknologi pengecasan yang cepat. Namun bila fitur tersebut dirasa tidak terlalu penting, dan sudah puas dengan hasil foto di atas, OPPO Reno4 F tentu menjadi pilihan yang lebih bijak.


Cek harga smartphone OPPO di e-commerce:

BLIBLI SHOPEE BUKALAPAK LAZADA JD.ID


Spesifikasi OPPO Reno4 F

OPPO Reno4 F
Klik pada gambar untuk spesifikasi lebih lanjut.

General

Device Type Smartphone
Model / Series Oppo Reno4 F
Released 12 Oktober, 2020
Status Available
Price Rp4.299.000

Platform

Chipset Mediatek MT6779V Helio P95 (12 nm)
CPU Octa-core (2x2.2 GHz Cortex-A75 & 6x2.0 GHz Cortex-A55)
GPU PowerVR GM9446
RAM (Memory) 8 GB
Storage 128 GB UFS 2.1
Operating System Android 10
User Interface ColorOS 7.2

Design

Dimensions 160.1 x 73.8 x 7.5 mm
Weight 164 gram
Design Features Gorilla Glass 3 (front)
Plastic back
Warna: Matte Black, Metallic White
Battery 4,000 mAh, fast charging 18 watt

Network

Network Frequency GSM / HSPA / LTE
SIM Dual-SIM
Data Speed HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A

Display

Screen Type Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Size and Resolution 6.4", full HD+ 2400x1080 pixels (409 ppi)
Touch Screen Capacitive Touchscreen
Features Gorilla Glass 3+
Always-on display
800 nits maximum brightness
TUV Rheinland certified

Camera

Multi Camera Yes (Rear)
Rear 48MP f/1.7 PDAF (main) + 8MP f/2.2 (ultra-wide) + 2MP f/2.4 (mono) + 2MP f/2.4 (mono)
Front 16MP f/2.4 + 2MP f/2.4 (depth)
Flash Yes
Video Front Camera: 1080P/[email protected]; Rear Camera: 4K/30fps; 1080P/30fps; [email protected]/30fps
Camera Features Ultra Steady Video 3.0
Ultra 108MP Clear Image
AI Color Portrait Mode
Night Flare Portrait
AI Super Night Portrait

Connectivity

Wi-fi WLAN 2.4G / WLAN 5.1G / WLAN 5.8G, WLAN Display
Bluetooth 5.0, A2DP LE
USB 2.0, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
HDMI No
Wireless Charging No
NFC
Infrared No

Smartphone Features

Multimedia Features • Super Power Saving Mode
• Super Night Time Standby
• Icon Pull Down gesture
• Quick Return Bubble
• Gravity Wallpaper
• OPPO LAB
FM Radio Yes
Web Browser HTML 5
Messaging SMS, MMS, Online
Sensors Fingerprint (Hidden Fingerprint Unlock 3.0), accelerometer, gyro, proximity, compass

Disclosure: artikel ini merupakan kerja sama dengan OPPO Indonesia

83%
Lebih terjangkau

Review OPPO Reno4 F

Dibanderol dengan harga yang lebih murah, OPPO Reno4 F tetap membawa bahasa desain yang stylish, tipis dan ringan dari seri lainnya. Serta fitur kamera unggulan yang cocok untuk anak muda.

Beli
OPPO Reno4F di Lazada
  • Design
  • Display
  • Camera
  • Performance
  • Features
  • Battery
7 Komen
  1. […] Review OPPO Reno4 F: Tetap Stylish, Harga Lebih Murah […]

  2. […] Review OPPO Reno4 F: Tetap Stylish, Harga Lebih Murah […]

  3. […] Review OPPO Reno4 F: Tetap Stylish, Harga Lebih Murah […]

  4. […] Review OPPO Reno4 F: Tetap Stylish, Harga Lebih Murah […]

  5. […] Fall/Winter 2020 Digital Catalogue. Di mana foto-foto katalognya diambil menggunakan kamera dari OPPO Reno4 F, lewat mode AI Color Portrait & AI Night Flare […]

  6. […] Baca juga: Review OPPO Reno4 F: Tetap Stylish, Harga Lebih Murah […]

  7. […] Review OPPO Reno4 F: Tetap Stylish, Harga Lebih Murah […]

Tinggalkan Balasan