Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Review Acer Nitro 5: Laptop Gaming bagi Pemula

Acer Nitro 5 dibekali dengan spesifikasi yang termasuk lumayan. Laptop yang saya uji ini memiliki otak kerja intel Core i5-7300HQ kinerja hingga 3.5 GHz dan 6MB cache.

Sebelum kita membahas tentang Acer Nitro 5. Mungkin banyak di antara kamu yang berhasrat menjadi seorang gamer professional. Terutama ketika melihat tren yang mulai berkembang di Indonesia. Hingga membuatmu bertanya bagaimana caranya agar bisa segera memulai latihan dan masuk ke komunitas gaming lokal.

Belakangan cabang E-Sport turut dipertandingkan di Asian Games 2018 sebagai cabang olahraga eksebisi. Tentu masa depan gamer-pro terasa makin cerah. Nah, hal pertama yang perlu dipikirkan untuk menempuhnya tentu dengan menyediakan perangkat tempur (rig) berupa PC desktop atau laptop mumpuni.

Cabang E-Sport memang berlangsung di dunia digital yang kesemuanya memerlukan hardware kualitas tinggi. Maka pada ulasan kali ini saya akan ajak kamu menyelami Nitro 5, salah satu rig dari Acer yang kadung dikenal lewat seri Predator milik mereka. So, mari kita mulai.

Desain Acer Nitro 5

Melihat presentasi desain pada Acer Nitro 5, kamu tidak akan menyangka bahwa laptop gaming ini memiliki harga yang relatif terjangkau. Kombinasi warna dan lekukan body-nya memiliki nilai estetika yang sangat baik. Warna merah marunnya tersaji dalam porsi ideal mulai dari sisi keyboard chiclit hingga trackpad laptop ini. Pilihan warna yang mengingatkan kita pada seri Republic Of Gamesr (ROG) dari Asus.

Bentuk body laptop memang tidak dibuat persegi standar yang membosankan. Acer membawa konsep octagon (segi delapan) pada Nitro 5 yang dapat terlihat ketika layar dibuka. Sekali lagi, efek yang muncul adalah kesan mewah dan mahal. Meskipun untuk material body-nya masih menggunakan plastik. Bahan yang biasa dipakai untuk mengurangi biaya produksi dan timbangan berat laptop.

Nitro 5 terasa elegan serta minimalis berkat ketiadaan pada bagian DVD-ROM yang dihilangkan. Yang sepertinya ketiadaan DVD-ROM menjadi sebuah konsep baru yang diusung para vendor.  Sehingga laptop lebih menjadi lebih ramping. Dan terdapat tambahan pola arsiran seperti speaker atau ventilasi pada sisi depan laptop ini, padahal sejatinya bagian tersebut tidak memiliki fungsi apapun, namun menghadirkan efek sangar.

Kesemua desain tersebut tertuang dalam dimensi laptop berukuran 390 x 266 x 26,8 milimeter yang memiliki berat 2.7 kilogram. Cukup ringan untuk ukuran laptop gaming. Meski tentu saja butuh effort lebih jika hendak membawanya bepergian karena ukurang yang besar.

Port dan Konektivitas

Acer sudah membekali dengan Nitro 5 dengan sebuah port berkecepatan tinggi pada USB 3.1 Gen 1. Artinya proses transfer data bisa dilakukan dengan lebih cepat hingga 5 Gbps. Meski masih kalah dengan Gen 2 yang mampu manjalankan transfer hingga 10 Gbps, namun hal tersebut terasa masuk akal diberikan pada laptop gaming yang memang diperuntukkan bagi kalangan entrylevel ini.

Disediakan pula masing-masing port untuk USB 2.0 dan USB 3.0, sehingga total ada empat buah port pilihan untuk memasang mouse, eksternal HDD/SSD atau DVD-ROM. Untuk slot kartu memori ada pada sisi kiri laptop, sedangkan port Mic ada pada bagian kanan dekat pada port charging. Dan dipindahkannya buangan panas pada bagian belakang laptop, membuat aktivitas tangan ketika menggunakan mouse pada salah satu sisi menjadi terasa nyaman.

Lalu pada bagian konektivitas jaringan, Nitro 5 tidak mau ketinggalan dengan menjejalkan Wi-Fi berteknologi Multiple Input Multiple Output atau dikenal dengan MIMO. Teknologi yang sudah berkembang dua tahun belakangan tersebut dipakai untuk meningkatkan proses tranmisi dan penerimaan sinyal. Meski berjalan di rentang frekuensi pada umumnya, namun MIMO dimaksudkan agar proses transfer lebih besar, lebih jauh, dan stabil. Tapi pastikan juga kalau kamu punya router yang mendukung koneksi MIMO ya. Karena jika hendak menikmati teknologi tersebut, memang harus di-support dua sisi perangkat.

Oya, jangan lupakan port LAN bila ingin lebih aman dan tidak ingin khawatir gangguan konektivitas wireless. Serta pendukung output video yang bisa dilakukan melalui HDMI 2.0 di antara port USB 3.0 dan port USB 3.1 laptop ini. Kebutuhan port dan konektvitas pada laptop gaming memang terhitung lengkap dan lebih bervariasi. Wajar saja karena banyakny aksesoris gaming yang beredar di luar sana, untuk lebih meningkatkan performa bermain.

Display dan Sound

Sebuah laptop gaming seperti Nitro 5 sudah sewajarnya memiliki layar yang lebar. Maka ukuran 15.6 inci menjadi lumrah dipasangkan pada laptop ini. Ditambah layar full HD beresolusi 1080p dengan panel IPS yang dipilih menjadikan penggunaannya menjadi lebih nyaman. Karena seperti mungkin sudah diketahui, bahwa tipe panel IPS termasuk mampu meredam pantulan cahaya dari belakang.

Related Posts
1 daripada 46

Karakteristik lain laptop gaming yang ada pada Nitro 5 adalah keberadaan fitur backlight di bawah keyboard. Fitur backlight terkadang menjadi hanya sekadar kosmetik saja. Fungsinya akan terasa maksimal kala kamu menggunakan laptop di tempat minim cahaya. Sayangnya Acer tidak menyertakan tipe RGB untuk Nitro 5, melainkan hanya warna merah saja. Agak membosankan.

Kualitas speaker yang ada pada Nitro 5 juga tidak bisa dibilang istimewa. Cukup bagus, karena sudah Dolby Audio Premium, tapi entah mengapa juga tidak menggugah. Meski Acer menyebut fitur audionya ini dengan True Harmony, disebabkan suara yang lebih dinamis. Namun saya lebih memilih untuk memakai headset atau speaker tambahan jika bermain game atau menonton film.

Performa

Acer Nitro 5 dibekali dengan spesifikasi yang termasuk lumayan. Laptop yang saya uji ini memiliki otak kerja intel Core i5-7300HQ kinerja hingga 3.5 GHz dan 6MB cache. Di luaran sana malah sudah beredar versi upgrade laptop ini yang menggunakan prosesor intel Core i7 generasi ke-8.

Pada sektor kartu grafis sudah ada si hijau, Nvidia GeForce GTX 1050 4GB. Graphic Processing Unit (GPU) ini bisa dibilang merupakan seri terbawah dari keluarga GTX saat ini. Dengan inovasi pada kinerja yang lebih irit daya, namun tetap powerfull menjalankan judul games terbaru. Tentu saja, kamu tidak bisa berharap banyak untuk setting rata kanan pada games terbaru dengan rating AAA.

Acer melengkapi Nitro 5 dengan RAM 8GB DDR4-2400. Memori kerja ini bisa di-upgrade hingga 32GB. Serta ruang penyimpanan HDD sebesar 1TB yang juga masih bisa di-upgrade. Termasuk bila kamu ingin beralih ke penyimpanan SSD NVMe yang diklaim 111% lebih cepat daripada teknologi SATA. Nah, kedua komponen tersebut dibungkus backdoor compartment yang memungkinan untuk diakses dengan mudah lewat 1 mur saja tanpa membongkar seluruh casing.

Bagaimana dengan sistem pendingin yang biasa ditemui pada sebuah laptop gaming? Acer mengembangkan sitem pendingin baru yang mereka sebut Acer CoolBoost dengan dua kipas. Sistem pendingin ini memungkinkan kamu mengendalikan proses pendinginan secara manual ketika hardware lain bekerja lebih keras. Sementara noise yang dihasilkan relatif minim ketika sedang terjadi proses pendinginan yang mengurangi temperatur hingga 11%.

Terakhir adalah daya tahan baterai Nitro 5 yang didengungkan mampu bertahan selama 5,5 jam untuk gaming. Namun bagi saya, durasi waktu akan sangat bergantung pada jenis game dan setting yang kita pakai. Karena semakin tinggi kualitas grafis tentu kerja hardware lebih keras, hingga disusul penyusutan isi baterai lebih cepat. Pada sektor ini, saya lebih menyarankan charger dalam kondisi plug-on ketika bermain game.

Hasil Benchmark

Benchmark GeekBench Acer Nitro 5Novabench Acer Nitro 5Benchmark Acer Nitro 5

Kesimpulan

Laptop gaming rata-rata memiliki harga mahal untuk rataan penduduk di Indonesia. Maka solusi yang ditawarkan para vendor seperti Acer adalah dengan meracik spesifikasi perangkat yang lebih terjangkau. Salah satunya lewat Nitro 5 yang saya ulas ini. Atau bisa juga menatap seri desktopnya Acer Aspire GX 281.
Baca: Review Acer Aspire GX-281: PC Desktop Rumahan yang Powerful untuk Gaming

Ditujukan untuk gamer pemula yang mau memasuki skena gaming dengan lebih serius tapi juga punya kualitas perangkat mumpuni. Segala spesifikasi yang ditawarkan pada Acer Nitro 5 ini – menjadikannya masuk kelas mid-range – segera bisa dipakai untuk bermain game. Pembedanya terletak pada teknologi pendinginan serta pilihan kartu grafis khusus gaming.

Saya akan senang merekomendasikan Nitro 5 untuk kamu yang masih ingin fun bermain gaming tanpa perlu menjebol tabungan. Dimana laptop ini jelas tidak cocok bagi kamu yang ingin kualitas tampilan permainan yang lebih maksimal terutama pada game terbaru.

Spesifikasi Acer Nitro 5 (AN515-51-58YX)

CPU Type Intel® Core™ i5-7300HQ (6MB cache, up to 3.5Ghz) processor
Model Name Nitro 5 AN515-51-58YX
Graphics NVIDIA GeForce® GTX 1050 4GB
OS Windows 10 Home
Memory 8GB, up to 32GB DDR4-2400
Storage 1TB
Cooling Acer CoolBoostTM Technology
Audio Dolby Audio Premium
Display 15.6 inci Full HD IPS
Wireless Fast 2×2 802.11ac MIMO
Port USB 3.1 Type-C
Keyboard Red Backlight
Output HDMI 2.0 Port
Power 3-pin 125 A AC Adapter
Accessories No Bag
Harga Rp 10.999.000
75%
Not Bad

Acer Nitro 5

Bagi Pemula yang baru mulai bermain game via laptop dan ingin masuk ke jagat permaianan yang lebih luas tanpa menguras kantong, bisa mempertimbangkan Acer Nitro 5.

  • Design
  • Display
  • Performance
  • Features
  • Multimedia
  • Battery
Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan Balasan

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini: