Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

realme C20 Diresmikan, Bawa Helio G35 Harga Rp1,5 Jutaan

0 6.749

Setelah rumor dan poster promosinya sempat muncul, akhirnya realme Vietnam resmikan smartphone kelas entri termurahnya di 2021 yaitu realme C20. Ini adalah perangkat realme C series pertama yang diresmikan pada awal tahun ini, memiliki beberapa fitur kunci yang disesuaikan agar bisa rilis dengan harga murah.

Lini paling laris bagi realme adalah C series, mengingat harganya yang terjangkau ditambah dengan chipset yang cukup bertenaga, memungkinkan konsumen termasuk di Indonesia untuk bisa bermain gim berjudul premium di segmen kelas entri. Dari fitur dan harga yang ditawarkan, realme C20 nampak hadir untuk gantikan realme C11 yang rilis Juni 2020 lalu.

Meski kalau dilihat-lihat kembali, secara spesifikasi malah ada yang dibuat lebih rendah dibandingkan seri sebelumnya. Apakah justru bakal hadir untuk harga jual yang lebih murah? Bisa jadi. Meski begitu, desainnya tetap dibuat kece dengan desain kamera belakang kotak dan aksen dua warna pada bodi belakangnya.
Baca juga: realme Bakal Siapkan 2 Flagship, Gunakan MediaTek Dimensity 1200

Spesifikasi realme C20

realme C20

Terlihat dari foto di atas, realme C20 miliki logo yang cukup besar pada bodi belakangnya. Selain sama-sama belum dilengkapi dengan sensor sidik jari, peletakan speakernya nampak diubah, diletakkan di bawah logo. Mungkin bakal lebih pas untuk main gim, namun bakal mudah tertutup bila sedang diletakkan di meja.

Sementara tampilan depannya sama persis dengan rangkaian smartphone kelas entri dari realme lainnya. Sebut saja dimensi layar 6,5 inci beresolusi HD+ dengan desain waterdrop notch. Gunakan panel IPS, kaca depannya sudah terlindungi dengan Gorilla Glass 3, dan miliki rasio layar ke bodi sebesar 89%.

Dapur pacunya pun masih identik dengan realme C11, di mana realme C20 percayakan chipset MediaTek Helio G35 octa-core 12nm yang cukup mumpuni untuk gaming ringan. Chipset tersebut dipadukan dengan opsi RAM 2GB LPDDR4x dan penyimpanan internal 32GB berjenis eMMC. Tentunya masih bisa diekspansi lewat mekanisme triple slot SIM card.

Meski desain kameranya terlihat mirip, sejatinya realme C20 hanya memiliki satu sensor kamera belakang. Resolusinya pun turun menjadi 8MP saja, ditemani lampu LED. Sementara kamera depannya beresolusi 5MP. Ya, setup kameranya lebih sederhana. Meski tetap mengusung fitur AI dan mode malam.

Kapasitas baterainya juga sama-sama lega di 5,000 mAh. Dan tentunya, belum dilengkapi dengan fast charging dan masih gunakan port micro USB. Sudah jalankan realme UI, versi Android yang digunakan juga masih Android 10. Begitu pula kelengkapan sensornya yang terbatas, seperti proximity sensor, ambient light dan akselerometer.

Harga realme C20 di Vietnam

realme C20

Dengan spesifikasi kamera yang lebih sederhana, apakah harganya lebih murah dari seri C11? Di Vietnam, harga realme C20 dibanderol VND2,690,000 atau sekitar Rp1,6 jutaan. Namun selama masa penjualan perdana, harganya didiskon menjadi VND2,490,000 atau Rp1,52 jutaan saja.

Sementara di Indonesia, realme C11 dijual mulai Rp1,599 juta. Maka sepertinya wajar bila spesifikasinya disesuaikan, mengingat harganya sedikit lebih murah. Namun dengan selisih harga yang tergolong tipis, mana yang jadi pilihan Gizmo friends?