Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

MediaTek Helio G25 & G35 Bawa HyperEngine ke Smartphone Entry Level

0 2.653

Beberapa smartphone kelas entri yang dirilis pada penghujung bulan Juni 2020 ini gunakan chipset baru dari MediaTek. Bersamaan dengan hadirnya realme C11 di Indonesia, serta Redmi 9A & 9C di Malaysia, MediaTek juga resmikan dua chipset terbarunya. Yaitu chipset gaming MediaTek Helio G25 & G35, unggulkan kemampuan gaming untuk smartphone mainstream.

Baik MediaTek Helio G25 & Helio G35 mengedepankan teknologi grafis HyperEngine untuk kinerja yang lebih yang lebih cepat dan lancar terutama untuk gaming. Chipset ini juga dibuat hemat daya dengan tingkat efisiensi lebih tinggi, membuat daya tahan baterai smartphone lebih tahan lama. Dengan dua chipset baru ini, MediaTek membantu para pembuat perangkat untuk mendesain smartphone inovatif serta kaya fitur di harga yang kompetitif.

“Mobile gaming merupakan cara yang sekarang dipilih untuk hiburan di berbagai segmen pasar, dan MediaTek memperluas seri G untuk memenuhi kebutuhan yang besar akan smartphone gaming mainstream dengan harga bersaing,” kata Dr. Yenchi Lee, Deputy General Manager, Wireless Communications Business Unit, MediaTek dalam sebuah rilis yang diterima Gizmologi.

Baca juga: MediaTek Dimensity 820, Chipset Baru untuk Smartphone 5G Kelas Menengah

MediaTek Helio G25 & G35 Unggulkan Performa Gaming

MediaTek Helio G25

Ia menambahkan, MediaTek Helio G25 & G35 membawa fitur-fitur smartphone premium yang juga ada di lini seri G series lainnya. Salah satunya adalah efisiensi daya yang lebih tinggi, kinerja optimal, permainan yang lebih mulus dan kemampuan fotografi yang lebih baik. Keduanya miliki arsitektur CPU dan GPU yang sama.

Masing-masing ditenagai CPU Arm Cortex-A53, dengan perbedaan terletak pada kecepatan atau clock-speed tertingginya. Untuk MediaTek Helio G25, clock-speed tertinggi mencapai 2GHz, sedangkan Helio G35 di 2,3GHz. Keduanya juga miliki GPU yang sama, IMG PowerVR GE8320, dengan kecepatan hingga 650Mhz untuk G25 & 680Mhz untuk G35.

Termasuk dalam seri G series, MediaTek Helio G25 & G35 mengedepankan MediaTek HyperEngine. Teknologi ini memastikan kinerja lancar dengan cara mengelola sumber daya lebih cerdas. Senang bermain gim online? Kedua chipset ini dapat secara pintar mengaktifkan konkurensi Wi-Fi dan LTE dalam waktu milidetik. Jadi ketika jaringan Wi-Fi terputus, bisa langsung pindah ke mobile data tanpa lag, cegah berhentinya permainan.

Chipset ini juga memungkinkan pembuat perangkat untuk rilis smartphone multi-kamera dengan fungsi efek kedalaman (bokeh) tingkat hardware. MediaTek Helio G25 mendukung resolusi hingga 21MP, sementara Helio G35 lebih tinggi sampai 25MP. Plus fitur-fitur kamera AI seperti efek bokeh.

Bakal Hadir di Lebih Banyak Smartphone Tahun Ini

MediaTek Helio G35

Seperti yang kita ketahui, realme C11 gunakan MediaTek Helio G35 dan dilengkapi dua kamera utama, yaitu 12MP + 2MP depth sensor. Redmi 9C yang baru saja diluncurkan di Malaysia malah lebih banyak dengan tiga lensa. Untuk perekaman video, chipset ini mendukung EIS dan Rolling Shutter Compensation (RSC), mencegah efek lengkung pada video.

Untuk lebih detil mengenai konektivitas, baik MediaTek Helio G25 & Helio G35 mendukung dual SIM 4G VoLTE/ViLTE di kedua koneksi. Dengan teknologi antena MediaTek TAS 2.0, chipset secara aktif akan deteksi kualitas sinyal untuk sediakan koneksi terbaik yang memiliki daya konsumsi rendah. Kedua chipset ini bakal hadir di lebih banyak smartphone terjangkau pada bulan-bulan mendatang.