Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Di Malaysia, Xiaomi Luncurkan Redmi 9A & Redmi 9C

0 9.514

Melalui seri Redmi, Xiaomi ingin hadirkan smartphone Android terjangkau dengan value terbaik. Meski harganya dikenal murah, spesifikasi yang dibawa cenderung tinggi pada masing-masing kelasnya. Di tahun 2020, Xiaomi telah perkenalkan seri Redmi 9 di Spanyol, kini miliki total empat kamera utama. Kemudian disusul oleh Malaysia, yang selain hadirkan Redmi 9, juga perkenalkan dua seri baru yaitu Redmi 9A dan Redmi 9C.

Dari penamaannya sendiri, jelas Redmi 9A akan menjadi penerus seri Redmi 8A yang sudah ada di Indonesia. Lini seri ini memang jadi yang terlaris, salah satu smartphone termurah Xiaomi (setelah Redmi Go, ya). Yang menarik, Xiaomi sepertinya hadirkan kelas smartphone baru dengan memperkenalkan Redmi 9C. Miliki desain kamera trendi seperti smartphone flagship 2020.

Sebetulnya spesifikasi dari kedua smartphone ini belum diketahui secara lengkap. Namun akun resmi Xiaomi Malaysia di Facebook sudah membeberkan berbagai informasi perihal fitur-fitur kunci yang dibawa. Dimulai dari Redmi 9A yang hadir dalam tiga warna menarik; Midnight Gray, Peacock Green & Twilight Blue.

Baca juga: Xiaomi Redmi 9 Diluncurkan di Spanyol dengan Empat Kamera & Helio G80

Spesifikasi Redmi 9A & Redmi 9C

Opsi warna Redmi 9A

Smartphone ini memiliki desain yang sedikit berbeda. Posisi kamera belakangnya tak lagi terletak di tengah, melainkan di sisi atas kiri smartphone. Xiaomi juga berikan aksen pita yang memanjang dari bawah kamera ke bodi bawah Redmi 9A, mirip seperti apa yang realme berikan lewat realme C11.

Di sisi depan, terdapat layar IPS beresolusi HD+ yang memiliki dimensi 6,53 inci. Redmi 9A bakal tetap membawa baterai besar, dengan kapasitas 5.000 mAh. Yang cukup menarik, chipset yang digunakan sepertinya jenis baru, yaitu MediaTek Helio G25 octa-core hingga 2GHz. Prosesor tersebut ditemani RAM 2GB serta penyimpanan internal 512GB.

Pada bagian belakangnya, terdapat sebuah kamera 13MP yang dilengkapi AI dan sebuah lampu kilat. Jumlah kameranya memang masih hanya satu, namun biasanya Xiaomi tetap berikan mode potret menggunakan proses olah digital. Sementara besaran resolusi kamera depannya cukup standar di 5MP.

Redmi 9C

Selain Redmi 9A, ada Redmi 9C dengan perbedaan harga sedikit lebih mahal. Dimensi serta spesifikasi layarnya sama, termasuk memori RAM serta penyimpanan internalnya. Hanya saja, Redmi 9C menjalankan chipset yang lebih baik, yaitu MediaTek Helio G35 octa-core 2.3GHz. Chipset ini juga digunakan pada realme C11.

Sama-sama punya kamera depan 5MP, kamera utama 13MP di sisi belakangnya ditemani dua lensa tambahan. Xiaomi tidak menyertakan fungsi dari masing-masing lensa, namun dilihat dari harganya, besar kemungkinan adalah lensa makro serta depth sensor. Selain itu, sensor sidik jari juga bisa ditemukan di bodi belakang Redmi 9C.

Harga Redmi 9A & Redmi 9C di Malaysia

Redmi 9A & Redmi 9C

Xiaomi Malaysia mulai menjual Redmi 9A lebih dulu pada 7 Juli mendatang lewat e-commerce Lazada. Sementara Redmi 9C menyusul di akhir bulan. Untuk harganya, Redmi 9A dijual mulai RM359 atau sekitar Rp1,2 jutaan, dan Redmi 9C di RM429 (Rp1,4 jutaan).

Hanya beda Rp200 ribuan dan konsumen bisa mendapatkan chipset lebih ngebut, sensor sidik jari plus kamera belakang yang lebih lengkap. Belum diketahui apakah Xiaomi Indonesia akan memasukkan kedua smartphone ini ke tanah air. Namun yang pasti, jika nanti hadir dengan harga kurang lebih sama, pasti sangat memikat untuk segmen kelas entri.


Beli produk Xiaomi secara online di:

SHOPEE Lazada Blibli Eraspace JD.ID