alexa

realme narzo 30, Smartphone Gaming dengan Sensor NFC Harga Rp2 Jutaan

Memasuki pertengahan tahun 2021, realme secara global telah hadirkan beragam perangkat baik smartphone maupun AIoT dengan ragam segmen harga untuk bermacam-macam daya beli konsumen. Kalau di Indonesia baru saja hadirkan smartphone termurahnya, kali ini di Malaysia baru saja diluncurkan realme narzo 30.

Ini adalah sekuel dari seri narzo setelah sebelumnya narzo 30A telah hadir di Tanah Air. Seri narzo sendiri lebih bisa dikategorikan sebagai smartphone yang benar-benar mengutamakan performa, baik itu CPU, GPU maupun daya tahan baterainya. Dengan harga yang lebih terjangkau tentunya, agar mampu bersaing dengan kompetitor sekelas seperti Poco, misalnya.

Secara tampilan, narzo 30 terlihat cukup familiar. Wajar saja, karena smartphone realme terbaru satu ini bisa dibilang punya bodi yang hampir sama persis layaknya realme narzo 20 Pro. Mulai dari panjang, lebar, ketebalan hingga bobotnya sama, begitu pula desain modul kameranya. Yang berbeda hanyalah aksen pada bodi belakangnya.

Baca juga: realme C20A Meluncur dengan Helio G35 & Baterai 5,000 mAh

realme narzo 30 Punya Spesifikasi Mirip Pendahulunya

realme narzo 30

Kalau seri 20 Pro punya lapisan glossy yang utuh, realme narzo 30 kombinasikan desain matte serta garis panah mengarah ke bawah yang hanya ada pada bagian bawah modul kameranya. Terinspirasi dari bagian sirkuit, chevron, smartphone ini tersedia dalam warna Racing Blue dan Racing Silver.

Sama seperti seri sebelumnya yang hadir lebih premium, realme narzo 30 juga dipersenjatai dengan layar full HD+ dengan refresh rate 90Hz. Panelnya memang masih IPS—pada segmen yang sama, pengguna masih harus memilih antara gunakan layar AMOLED 60Hz seperti Redmi Note 10 atau IPS 90Hz. Dengan begitu, sensor sidik jarinya disematkan pada samping kanan bodi, menyatu dengan tombol power.

Selain layarnya yang bisa menyala cerah hingga 580 nits, disematkan pula sebuah kamera depan berjenis punch-hole yang diletakkan pada sisi kiri atasnya. Kamera tersebut gunakan sensor Sony IMX471, beresolusi 16MP. Sementara di belakang setupnya tergolong sederhana, serupa dengan seri narzo 30A.

Masih belum menggunakan setup empat sensor kamera belakang, tiga di antaranya hanya sensor utama, makro dan depth sensor. Kamera utamanya beresolusi 48MP dan sudah dilengkapi dengan fitur kamera khas realme, sebut saja Super Nightscape dengan filter malam, plus perekaman video UIS Stabilization.

Untuk urusan performa, realme mempercayakan chipset dari MediaTek, yaitu Helio G95 dengan RAM 6GB dan penyimpanan internal 128GB. Yang tak kalah menarik, realme juga menyematkan sensor NFC pada smartphone gaming terbaru satu ini. Membuatnya bisa dibilang seimbang dengan Redmi Note 10S yang baru saja diluncurkan di Indonesia.

Harga realme narzo 30 di Malaysia Tergolong Murah

realme narzo 30

Sementara untuk sektor baterai, kapasitas yang cukup lega di 5,000 mAh diimbangi dengan teknologi pengisian daya 30W, tentunya melalui port USB-C. Mengisi daya dari nol hingga penuh membutuhkan waktu sekitar 65 menit. Dan dalam kondisi mendesak, realme narzo 30 juga dapat difungsikan sebagai powerbank lewat teknologi reverse wired charging.

Pertama kali dijual di negara tetangga, realme Malaysia membanderol narzo 30 dengan harga RM799, atau sekitar Rp2,7 jutaan. Smartphone ini dijual secara daring lewat situs e-dagang Shopee, dan pembeli pertama berhak mendapatkan diskon sebesar Rp300 ribu. Bila masuk Indonesia dengan harga Rp2,4 jutaan, tentu bakal jadi pilihan opsi smartphone gaming yang menarik.

Tinggalkan komen