alexa
Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

realme C20A Meluncur dengan Helio G35 & Baterai 5,000 mAh

Segmen smartphone kelas entri memang begitu menggiurkan bagi beberapa produsen. Tanpa bujet yang melimpah, lebih banyak konsumen dapat membeli smartphone sejutaan dibandingkan kelas flagship. Demi perkuat portofolio, realme C20A baru saja diluncurkan di Bangladesh. Membawa spesifikasi dan tampilan yang mirip seri lainnya.

C-series sendiri bisa dibilang berperan sebagai penopang angka penjualan smartphone realme selama ini, dibandingkan dengan number series maupun X series atau flagship-nya. Meski begitu, dari data yang baru dirilis oleh Canalys, realme baru saja turun peringkat ke posisi kelima sebagai vendor smartphone terbaik di kuartal pertama 2021 ini.

Dengan unit share sejumlah 12%, pertumbuhannya sendiri memang masih cukup tinggi di 39%. Namun tetap saja, disalip oleh OPPO dan Samsung yang kini masing-masing naik menempati peringkat pertama dan kedua. realme C20A bisa juga hadir berperan merebut Kembali penjualan pasar, beri spesifikasi tinggi di harga terjangkau. Mari kita simak spesifikasinya.

Baca juga: realme Watch 2 Bisa Deteksi 90 Jenis Olahraga, Baterai Lebih Awet

Spesifikasi realme C20A

realme C20A

Terlihat familiar? Betul, sejatinya realme C20A adalah penamaan lain dari realme C20 untuk regional luar saja. Maka tak heran bila desain bodinya menganut bahasa yang sama, yaitu Geometric Art. Modul kamera belakang dibuat kotak dengan tampilan seolah ada beberapa sensor, meski sebenarnya hanya ada satu.

Selain logo realme dan speaker yang diletakkan di bodi belakang bagian bawah, belum ditemukan adanya sensor sidik jari pada smartphone Android sejutaan ini. Sementara di bagian depan, persis dengan realme C-series di rentang harga sama lainnya. Masih mengusung waterdrop notch, punya bentang layer 6,5 inci dengan resolusi HD+. Rasio layar ke bodinya mencapai 89,5%.

Di balik layar tersebut, terdapat prosesor yang bisa dibilang cukup membanggakan. Kalau harga sekelasnya umumnya gunakan chipset rilisan Spreadtrum atau Helio G25, maka realme C20A lebih bertenaga dengan MediaTek Helio G35. Bermain gim seperti PUBG Mobile masih bisa, asal setting grafis low dan tak untuk berkompetisi ya.

realme C20A

Setidaknya cip yang kencang bisa membantu proses buka tutup aplikasi, mengingat kapasitas RAM-nya hanya 2GB saja. Penyimpanan internalnya sendiri 32GB, dan masih bisa di-ekspansi lewat mekanisme triple slot SIM. Selain unggulkan performa, daya tahan baterainya juga awet. Kapasitas 5,000 mAh juga mendukung fitur reverse charging untuk isi daya perangkat lain.

Ketika baterai hampir habis, kapasitas 5% bisa digunakan untuk nonton konten di YouTube selama 77 menit, bila mengaktifkan Super Power Saving Mode. Setup kamera smartphone realme sejutaan ini tergolong sederhana; kamera 5MP di depan dan 8MP di belakang. Bisa rekam video hingga 1080p tanpa EIS, dilengkapi Chroma Boost untuk tingkatkan saturasi dan mode malam.

Harga realme C20A di Bangladesh

realme C20A

Untuk pastikan daya tahan tinggi, seluruh unit realme C20A telah melewati serangkaian pengujian. Seperti tombol-tombol yang uji pakai 200 ribu kali atau port pengisian daya dan jack audio dengan tes 100 ribu kali.

Hadir dalam dua warna yaitu Lake Blue dan Iron Grey, realme C20A dijual di Bangladesh seharga BDT8,990 alias Rp1,5 jutaan. Harga yang kurang lebih sama seperti realme C11 di Indonesia. Dengan kata lain, realme Fans di Tanah Air tergolong beruntung, bisa mendapatkan realme C20 dalam harga yang lebih murah.

Tinggalkan komen