Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

MediaTek Dimensity 820, Chipset Baru untuk Smartphone 5G Kelas Menengah

0 2.313

Tidak hanya smartphone flagship saja yang mendukung konektivitas 5G, tahun ini sudah mulai banyak ponsel kelas menengah ke atas atau affordable flagship yang juga memiliki dukungan jaringan tercepat tersebut. Meski persebarannya belum merata bahkan belum ada aturan resmi di Indonesia, setidaknya smartphone-nya sudah siap ketika kedepannya jaringan tersebut tersedia.

Agar dapat terus bersaing dengan kompetitor, hari ini (18/5) MediaTek perkenalkan sebuah prosesor terbarunya, MediaTek Dimensity 820 dengan dukungan 5G. Prosesor ini rencana bakal digunakan untuk seri smartphone yang dirilis sepanjang tahun 2020, menambah portofolio setelah seri Dimensity 800 diperkenalkan Januari lalu.

Sebelumnya, MediaTek memperkirakan bahwa akan ada sekitar 170 sampai 200 juta penjualan smartphone dengan dukungan 5G sepanjang tahun 2020. Perkiraan tersebut sudah direvisi, dari yang sebelumnya dinyatakan lebih dari 200 juta, mengingat adanya pandemi virus korona yang melanda global saat ini. Dimensity 820 adalah salah satu cara dari MediaTek untuk capai target tersebut, mengedepankan konektivitas, fitur multimedia, AI serta kemampuan ambil gambar.
Baca juga: MediaTek Helio G85 Tingkatkan Kemampuan GPU dengan HyperEngine

Spesifikasi MediaTek Dimensity 820 5G

MediaTek Dimensity 820

Dr. Yenchi Lee, Assistant General Manager untuk unit bisnis komunikasi nirkabel, MediaTek mengatakan dalam sebuah rilis jika prosesor Dimensity 1000 mereka sudah menjalankan perangkat flagship 5G di sejumlah pasar. Dengan Dimensity 820, MediaTek ingin membuat 5G jauh lebih mudah dijangkau. “Dimensity 820 sangat menonjol jauh dari kompetitor, dengan menawarkan empat-core Arm Cortex-A76 berkinerja tinggi pada 2.6GHz dalam arsitektur CPU octa-core, memberikan kinerja dan responsivitas yang luar biasa, di antara pengalaman AI, gaming dan fotografi yang luar biasa,” tambah Lee.

Dibuat dengan fabrikasi 7nm FinFET, Dimensity 820 menggunakan arsitektur CPU octa-core big.LITTLE yang sama persis dengan Dimensity 800. Prosesor ini berada tepat di antara Dimensity 1000 dan Helio G90 yang fokus untuk kemampuan gaming. Selain clockspeed CPU yang lebih tinggi, Dimensity 820 punya GPU dengan core tambahan, sejumlah 5 core ARM Mali G57. Dukungan layar dengan refresh rate 120Hz pada resolusi full HD+ juga tersedia.

MediaTek HyperEngine 2.0 pada Dimensity 820 bertugas untuk meningkatkan pengalaman bermain yang lebih baik, dengan mengalokasikan CPU, GPU dan memori, mengoptimalkan latensi jaringan, penerimaan telepon, tampilan visual HDR dan lainnya. Image Signal Processor (ISP) Imagiq 5.0 yang ditingkatkan juga kini mendukung sensor kamera utama hingga resolusi 80MP, serta janjikan EIS setara action cam, 4K HDR, efek bokeh pada video secara real-time dan pengurangan noise yang ditingkatkan.

Dan yang terpenting, MediaTek Dimensity 820 sudah memiliki modem 5G terintegrasi, dengan dukungan jaringan Sub-6GHz SA/NSA. Modem tersebut juga mendukung 5G carrier aggregation, dual-SIM standby, Dynamic Spectrum Sharing (DSS) dan Voice Over New Radio (VoNR) pada kedua SIM yang terpasang.

Redmi 10X Dipastikan Gunakan MediaTek Dimensity 820

Xiaomi Redmi 10X TENAA

Saat prosesor ini diperkenalkan, Xiaomi juga ikut tampil dan mengatakan kerjasama antara kedua pihak. Salah satu smartphone-nya yang akan dirilis nanti, Redmi 10X, bakal gunakan Dimensity 820 agar mendukung jaringan 5G. Hal ini menarik, mengingat smartphone sekelas Redmi juga pada akhirnya tak kalah dengan flagship lainnya dalam hal dukungan konektivitas masa depan.

Fotonya sendiri telah terbit dari lembaga otoritas sertifikasi China, TENAA, miliki warna menarik dengan setup tiga kamera belakang. Redmi 10X dikabarkan telah menggunakan panel AMOLED, dengan sensor sidik jari menyatu di dalam layar. Untuk spesifikasi lebih lanjut, kita nantikan informasi resminya ya.