Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

MediaTek Helio G85 Tingkatkan Kemampuan GPU dengan HyperEngine

0 8.693

Salah satu produsen chipset paling terkemuka untuk smartphone, MediaTek secara resmi merilis chipset terbarunya, Helio G85. Chipset ini adalah senjata baru dari MediaTek yang berfokus pada pengalaman mobile gaming. MediaTek Helio G85 membawa peningkatan pada sisi GPU, jika dibandingkan dengan seri Helio G80 sebelumnya.

Dengan fitur HyperEngine yang sudah ditingkatkan, smartphone yang menggunakan chipset ini nantinya akan dapat menikmati kinerja tinggi, sekaligus durasi permainan yang lebih lama. Helio G85 menambah portofolio lini solusi gaming MediaTek, setelah sebelumnya ada Helio G70, Helio G80 serta seri G90 yang sudah digunakan di beberapa seri smartphone realme serta Xiaomi seri Redmi Note.

“MediaTek memperluas lini Helio G untuk memberikan lebih banyak opsi bagi para pembuat perangkat dalam merancang smartphone yang menawarkan pengalaman game canggih,” kata Dr. Yenchi Lee, Assistant General Manager, Wireless Business Unit, MediaTek. Ia menambahkan, Helio G86 hadir memberikan kombinasi kinerja tinggi, konsumsi daya minimal dan rangkaian peningkatan gaming lainnya, sehingga pengguna bisa menikmati permainan cepat dan lancar.”

Helio G85 Usung GPU Lebih Baik

Menggunakan GPU Arm Mali-G52, clockspeed-nya kini ditingkatkan hingga 1GHz, untuk performa yang lebih tinggi dari generasi sebelumnya. GPU tersebut ditemani dengan CPU octa-core fabrikasi 12nm, dengan konfigurasi 2 x Cortex-A75 hingga 2GHz dan 6 x Cortex-A55 hingga 1.8GHz. Kapasitas RAM-nya sendiri sudah mendukung hingga 8GB LPDDR4x 1800 MHz.

Teknologi HyperEngine yang ditingkatkan di Helio G85 mampu meningkatkan konektivitas serta menghemat konsumsi daya. Chipset secara pintar mampu memprediksi pergantian jaringan Wi-Fi & 4G LTE hanya dalam waktu 13ms, mengeliminasi adanya lag ketika sedang melakukan panggilan atau bermain game. Respon antar tangkapan sinyal smartphone dengan menara jaringan juga dibuat lebih cepat, serta adanya panggilan masuk dijamin tak mengganggu koneksi data saat sedang bermain.

Sementara untuk penggunaan daya, HyperEngine bantu mengatur penggunaan CPU serta GPU secara optimal. Performa akan ditingkatkan ketika sedang bermain game, tapi dalam waktu yang sama dibuat lebih efisien untuk daya tahan baterai yang lebih lama. Untuk sektor kamera, Helio G85 juga sudah mendukung sistem multi kamera dengan resolusi tertinggi hingga 48MP.

Redmi Note 9 Jadi Yang Pertama Gunakan Helio G85

Redmi Note 9 Helio G85

Dibantu dengan kecerdasan buatan (AI), MediaTek Helio G85 juga mendukung fitur voice wakeup terintegrasi. Fitur tersebut memungkinkan smartphone untuk menangkap panggilan voice command dari pengguna, seperti Google Assistant, meski dalam keadaan standby tanpa perlu khawatir memakan daya baterai. Ditambah dukungan Dual 4G VoLTE serta navigasi inersial yang lebih akurat.

Baca juga: Xiaomi Redmi Note 9 Debut dengan Prosesor MediaTek Helio G85

Saat ini, baru Xiaomi Redmi Note 9, smartphone pertama yang mengusung chipset terbaru MediaTek Helio G85. Redmi Note 9 diperkenalkan secara global pada akhir April kemarin, punya setup empat kamera belakang dengan sensor utama 48MP Samsung GM1. Varian termurah smartphone dengan NFC tersebut dijual dikisaran Rp 3 jutaan rupiah.