alexa

Penjualan HomePod Disetop, Apple Fokus Jualan Versi Mini

Sebagai usaha untuk lengkapi ekosistem produk, Apple telah merilis sebuah speaker pintar empat tahun lalu, yang mereka beri nama Apple HomePod. Hadir dengan harga yang tergolong mahal, performa penjualannya dinilai kurang baik. Kini muncul sebuah informasi bila Apple telah hentikan produksi perangkat tersebut.

Meski berkualitas berkat lima tahun pengembangan, Apple HomePod sulit bersaing karena harganya yang terpaut cukup mahal di USD349, atau sekitar Rp5 jutaan. Jauh lebih mahal dari speaker milik Google versi besar ataupun speaker lain milik Amazon dan pihak ketiga lainnya. Belum lagi pemanfaatan asisten suara Siri yang kalah pintar dan populer dibandingkan Alexa atau asisten Google.

Selain HomePod, Apple juga merilis versi kecilnya yang dinamakan HomePod Mini, dirilis tahun lalu dengan harga yang lebih masuk akal. Versi terbarunya bisa dibilang sukses, karena mampu jangkau lebih banyak pelanggan. Informasi terkait pemberhentian penjualan Apple HomePod muncul dari situs teknologi Tech Crunch.

Baca juga: HomePod Mini, Smart Speaker Apple dengan Fungsi Intercom

Ingin Teruskan HomePod Mini yang Lebih Laris

Apple HomePod Mini

Dalam sebuah artikel, Apple memberikan sebuah pernyataan resmi kepada Tech Crunch terkait isu ini. Menurut perusahaan yang berlokasi di Cupertino, Amerika Serikat tersebut, penjualan HomePod Mini sudah mencapai puncaknya sejak debut. Mampu berikan suara yang berkualitas, asisten pintar dan kendali IoT rumah dengan harga hanya USD99 saja (Rp1,4 jutaan).

Demi fokus ke penjualan versi Mini, Apple HomePod versi awal bakal didiskontinyu mulai saat ini. Dalam kata lain, saat ini Apple hanya menjual sisa perangkat yang belum laku saja, yang ada di situs daring, ritel hingga para reseller mereka yang tersebar global. Ketika habis, maka konsumen tak bisa menemukan speaker pintar Apple satu ini lagi.

Namun bagi pemilik Apple HomePod versi besar, tak perlu khawatir. Meski penjualan disetop, Apple bakal tetap berikan pelanggannya dukungan hingga masa mendatang. Tak hanya terkait servis, namun juga pembaruan perangkat lunak untuk membuatnya semakin pintar.

Penjualannya Kurang Impresif Sejak Awal Rilis

Apple HomePod

Dikutip dari The Verge, pada kuartal pertama 2018 lalu, Apple telah mengirimkan 600 ribu unit Apple HomePod, membuatnya menguasai pasar sebanyak 6% persentase smart speaker. Amazon jauh lebih unggul di 43,6% dan Google di 26,5%, masing-masing telah menjual 4 juga unit dan 2,4 juta unit.

Padahal sebenarnya perangkat ini termasuk salah satu yang terbaik di kelasnya. Secara spesifikasi, Apple HomePod memiliki sebuah woofer yang dilengkapi dengan 7 tweeter. Bisa dipasangkan antar perangkat untuk efek suara yang lebih menggelegar, dapat memenuhi ruangan secara nirkabel.

Untuk menyambungkan perangkat ini, pengguna hanya perlu menyentuhkan bodi iPhone ke permukaan atas speaker HomePod, dan lagu yang sedang diputar bakal otomatis berpindah ke speaker pintar ini. Dan seperti Google Home, bisa menerima perintah suara melalui Siri, dengan efek cahaya menarik pada bagian atasnya.

Desainnya pun terlihat simpel dan futuristik, meski memang cukup berat di 2,5 kilogram. Wajar saja, mengingat banyaknya jumlah speaker di mana masing-masing dilengkapi dengan amplifier individu. Namun sayangnya, konsumen masih enggan menghabiskan dana lebih dari Rp5 jutaan untuk speaker pintar Apple satu ini.

Tinggalkan komen