Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

HomePod Mini, Smart Speaker Apple dengan Fungsi Intercom

0 3.841

Secara total, Apple merilis empat perangkat baru pada gelaran acara October Event 2020 yang diadakan 14 Oktober pukul 00:00 WIB lalu. Selain empat varian iPhone 12 series, diperkenalkan sebuah perangkat audio pintar berupa smart speaker, yang hadir dalam dimensi kompak serta harga relatif murah.

Perangkat tersebut adalah HomePod Mini, yang bisa dilihat dari harga serta fitur dan dimensinya, bakal hadir sebagai kompetitor langsung untuk Google Nest Mini. Ini adalah varian tambahan dari Apple HomePod yang sudah dirilis dua tahun lalu. Dengan harga yang jauh lebih murah, Apple berharap akan lebih banyak pengguna ekosistem Apple yang tertarik menggunakan perangkat ini.

Disampaikan melalui sebuah rilis, Bob Borchers, VP of Worldwide Product Marketing di Apple menyampaikan bila HomePod Mini adalah smart speaker yang cocok untuk seluruh pemilik produk Apple. Bisa disambungkan dengan iPhone untuk mentransfer lagu, mengangkat panggilan, sebagai speaker Apple TV, dipasangkan dengan Mac dan lainnya.

Baca juga: Apple Resmikan iPhone 12 & 12 Mini, Smartphone 5G Paling Mungil

Meski Kecil, HomePod Mini Punya Kualitas Audio Tinggi

Sekecil apa perangkat ini? Tinggi HomePod Mini hanya 3,3 inci dengan lebar 5,6 inci, menggunakan material kain mesh yang 90% dari bahannya adalah bahan daur ulang. Di bagian atas terdapat permukaan yang mendukung input sentuh, untuk hentikan dan putar lagu, mengatur volume atau lainnya. Lengkap dengan efek warna ketika perintah Siri dijalankan.

Lewat cip Apple S5, HomePod Mini punya perangkat lunak yang bisa mengatur kualitas suara sesuai dengan lantunan musik. Suaranya dapat dinikmati secara 360 derajat, sehingga fleksibel untuk peletakannya di rumah. Bila diinginkan, pengguna bisa menyambungkan lebih dari satu HomePod Mini untuk suara yang lebih kencang dengan efek stereo.

Speaker pintar ini bisa memutar lagu dari Apple Music, podcast, Amazon Music dan lainnya. Sayangnya, Spotify tidak disebut dalam salah satu platform yang didukung. Dilengkapi dengan total tujuh mikrofon, HomePod Mini dapat menangkap perintah suara meski sedang memutar musik dengan lancar.

Menjadi smart speaker, HomePod Mini sangat cocok untuk penggunaan keluarga. Secara pintar, Siri dapat mengenali karakteristik suara dari masing-masing anggota keluarga, untuk berikan saran musik, maupun respon pesan yang relevan. Seperti perintah “What’s my update?” yang bakal berikan info berita, cuaca, lalu lintas, pengingat dan kalender.

Punya Fitur Intercom Untuk Permudah Komunikasi

HomePod Mini

Untuk memindah suara dari speaker iPhone, pengguna cukup mendekatkan smartphone-nya ke permukaan HomePod Mini, tanpa perlu menekan tombol atau akses menu tertentu. Fitur menarik lainnya adalah Intercom, memudahkan komunikasi antar anggota keluarga yang berada di ruangan berbeda.

Contoh skenario yang ditunjukkan Apple adalah mengabarkan seluruh anggota keluarga untuk bersiap ke luar rumah. Cukup berbicara ke speaker, dan HomePod Mini akan mengirim pesan suara tersebut ke seluruh anggota lain lewat iPad, iPhone bahkan Apple Watch mereka. Plus fitur ambient sounds untuk berikan efek suara hujan maupun perapian.

HomePod Mini bakal tersedia dalam dua opsi warna, yaitu White dan Space Gray. Mulai tersedia secara bertahap pada 6 November mendatang, harganya relatif terjangkau, yaitu USD99 atau sekitar Rp1,4 jutaan saja. Perangkat ini kompatibel dengan iPhone SE/6s ke atas, iPad 5th-gen ke atas, iPad Air 2 dan iPad mini 4 ke atas yang menjalankan iOS 14/iPadOS 14.