Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Apple Resmikan iPhone 12 & 12 Mini, Smartphone 5G Paling Mungil

4 2.164

Smartphone Apple generasi terbaru yang ditunggu-tunggu akhirnya resmi diperkenalkan juga. September yang lalu mereka hanya meluncurkan iPad, di luar kebiasaan karena tanpa iPhone baru. Kali ini,Apple resmi hadirkan lini seri smartphone mereka iPhone 12 series, yang hadir dalam empat varian. Seluruhnya kini sudah mendukung konektivitas 5G.

Ya, lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya, iPhone 12 series hadir dalam empat varian berbeda. Dua varian pertama yang diperkenalkan adalah iPhone 12 dan iPhone 12 Mini, punya spesifikasi dan fitur yang kurang lebih sama, hanya berbeda ukuran saja. iPhone 12 Mini bakal menjadi alternatif paling pas bagi pengguna iPhone lawas yang inginkan layar penuh dalam dimensi kompak.

Dari tampilan luarnya, yang langsung terlihat adalah bagian sisinya yang dibuat rata (“flat-edge design”), mengingatkan kita terhadap beberapa seri iPhone lawas seperti iPhone 4 dan iPhone 5. Sayangnya, ukuran notch di bagian atas layar masih cukup lebar, di mana Apple meletakkan sejumlah sensor selain kamera depan untuk keperluan kunci layar Face ID.

Baca juga: Apple Watch Series 6 Rilis Bersamaan dengan Versi Murah, Watch SE

iPhone 12 Series Gunakan Cip A14 Bionic 5nm

iPhone 12

iPhone 12 Mini hadir dalam lima opsi warna yang sedikit berbeda dari sebelumnya. Selain hitam, putih dan merah, hadir juga warna hijau dan biru. Untuk tingkatkan daya tahan saat jatuh, layar depannya sudah terlapis Ceramic Shield, mampu tingkatkan ketahanan hingga empat kali lipat. Bezel layar kini sudah jauh lebih tipis, berkat penggunaan layar AMOLED di semua varian.

iPhone 12 hadir dengan layar berdimensi 6,1 inci, sementara iPhone 12 Mini di 5,4 inci. Dengan ketebalan hanya 7,4mm dan bobot 135 gram, iPhone 12 Mini kini menjadi smartphone 5G paling kecil di dunia. Resolusi layarnya juga meningkat dari iPhone 11, sudah masuk standar Super Retina XDR dengan kerapatan piksel 460ppi atau lebih, mendukung HDR dan P3 wide color gamut.

Keduanya sudah menggunakan chipset terbaru, Apple A14 Bionic, cip pertama yang gunakan fabrikasi 5nm. Apple mengklaim bila performa CPU-nya yang paling cepat saat ini, dengan GPU 50% lebih kencang dari kompetitor terbaiknya. Opsi memorinya sendiri masih sama, mulai dari 64GB, 128GB hingga yang tertinggi di 256GB. Plus sertifikasi ketahanan IP68.

Masih gunakan setup dua kamera belakang, sensor kamera utama pada iPhone 12 series kini ditingkatkan. Beresolusi 12MP, diafragma f/1.6 membuatnya bisa menangkap cahaya 27% lebih banyak. Apple membawa Night Mode serta Deep Fusion ke seluruh kameranya, termasuk ultra-wide 12MP f/2.2 dan TrueDepth (kamera depan) 12MP f/2.2.

Smart HDR generasi ketiga sudah mendukung machine learning untuk pengenalan objek, sementara perekaman videonya kini sudah mendukung HDR 10-bit Dolby Vision. Stabilisasinya juga ditingkatkan agar tetap dapat berikan gerakan sinematik meski tanpa bantuan tripod.

Mendukung Pengisian Daya Nirkabel, Kepala Charger Tak Disertakan 

MagSafe iPhone 12

Fitur menarik lainnya yang dihadirkan adalah teknologi MagSafe. Mudahnya, bayangkan saja plat wireless charging di dalam bodi smartphone, tapi juga dilengkapi magnet. Dengan begitu, iPhone 12 series bakal bisa diisi daya secara nirkabel dengan aman, menempel ke plat wireless charger khusus Apple maupun pihak ketiga. Juga bakal hadir aksesori lain seperti case untuk menyimpan kartu di belakang bodi iPhone 12.

MagSafe wireless charger mendukung kecepatan sampai 15W, setara standar fast charging smartphone Android. Masih gunakan port lightning, smartphone ini mendukung input 20W, dapat isi daya 50% dalam waktu 30 menit.

Oh ya, dalam paket penjualan, kini hanya ada smartphone dan sebuah kabel USB-C to lightning ya. Aksesori lain seperti kepala charger sudah tidak disertakan. Alasannya demi membuat produknya lebih ramah lingkungan. Walau di sisi lain bakal dianggap pelit. Dan bakal menjadi masalah bagi pengguna baru iPhone, karena harus mengeluarkan dana lagi untuk membeli kepala charger.

Harga & Ketersediaan iPhone 12 Series

iPhone 12 & 12 Mini

Lalu berapa harga untuk masing-masing varian? Berikut adalah daftar harga lengkap iPhone 12 dan iPhone 12 Mini:

  • iPhone 12 64GB: USD799 (Rp11,8 jutaan)
  • iPhone 12 128GB: USD849 (Rp12,5 jutaan)
  • iPhone 12 256GB: USD949 (Rp14 jutaan)
  • iPhone 12 Mini 64GB: USD699 (Rp10 jutaan)
  • iPhone 12 Mini 128GB: USD749 (Rp11 jutaan)
  • iPhone 12 Mini 256GB: USD849 (Rp12,5 jutaan)

Menjadi yang paling kecil, iPhone 12 Mini hadir sebagai opsi yang paling murah, dengan harga ritel mulai dari Rp10 juta. Smartphone ini juga cocok sebagai pengguna iPhone lawas yang inginkan iPhone dengan desain baru, tapi punya dimensi yang bahkan lebih kecil dari iPhone 6/7/8 sekalipun. Bakal tersedia di awal November mendatang di sekitar 36 wilayah dan negara.

Sementara iPhone 12 bakal dijual lebih dulu—pemesanan mulai 16 Oktober di wilayah yang sama, dan negara tertentu seperti India, Korea Selatan dan lainnya di 30 Oktober mendatang. Belum ada informasi rinci apakah daftar tersebut termasuk Indonesia, kita nantikan saja kehadiran resminya ya.