Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Apple Watch Series 6 Rilis Bersamaan dengan Versi Murah, Watch SE

5 1.850

Bersamaan dengan peluncuran iPad generasi baru pada tadi malam(16/9), Apple juga memperkenalkan tak hanya satu, namun dua smartwatch baru yang mampu tingkatkan kualitas kesehatan penggunanya. Produk tersebut adalah jam pintar Apple Watch Series 6 dan Apple Watch SE.

Produk jam tangan andalannya, Apple Watch Series 6 dibuat sama seperti seri sebelumnya. Hanya saja kini hadir dengan pilihan warna baru yang cukup menarik. Selain opsi warna space gray, merah dan aluminum keemasan, Apple hadirkan hero color baru yaitu warna biru. Lalu apa saja yang baru di dalamnya?

Prosesor yang lebih kencang, fitur kesehatan serta aksesoris baru adalah beberapa poin yang ditekankan dalam peluncuran Apple Watch Series 6. Untuk menunjang kesehatan penggunanya, smartwatch terbaru Apple ini sudah dilengkapi dengan sensor baru, untuk mengukur saturasi oksigen dalam darah atau SpO2. Metode pengukuran ini menjadi sangat populer, sebagai salah satu pengukuran gejala Covid-19.

Baca juga: Apple iPad Air (2020) Tampil dengan Desain Baru, Pakai Chipset A14 Bionic

Keunggulan Apple Watch Series 6

Apple Watch Series 6

Sebenarnya fitur serupa sudah tersedia di smartband murah yang ada di Indonesia, sebut saja Huawei Band 4 yang sudah kami ulas kemarin. Namun Apple unggulkan keakuratan hasil, serta pembacaan cepat dalam waktu 15 detik saja. Informasi juga bisa diukur otomatis secara periodik ketika pengguna sedang beristirahat.

Dimensi layarnya sendiri masih sama, namun Apple mengklaim layar Apple Watch Series 6 2,5 kali lebih terang dari generasi sebelumnya. Prosesor S6 yang digunakan memakai basis dari A13 Bionic milik iPhone 11, sehingga mendatangkan performa 20% lebih kencang. Ditambah chip U1, smartwatch ini bisa dijadikan kunci mobil digital.

Daya tahan baterainya juga masih sama, sekitar 18 jam penggunaan aktif. Pengisian dayanya hanya memerlukan waktu 1,5 jam, sementara Apple janjikan efisiensi daya lebih baik saat mencatat gerakan olahraga. Fitur always-on altimeter hadir untuk mencatat perubahan tingkat ketinggian penggunanya, memanfaatkan sensor yang juga lebih hemat daya.

Apple juga menambahkan pilihan strap untuk Apple Watch Series 6, dengan solo loop dan braided solo loop. Strap ini tidak memiliki kancing, alias terlihat seperti karet gelang yang akan merenggang saat dimasukkan ke pergelangan tangan. Mulai bisa dipesan sejak hari ini secara global, varian GPS dijual seharga mulai USD399 (Rp5,9 jutaan), sementara dengan dukungan eSIM di USD499 (Rp7,4 jutaan).

Apple Watch SE Hadir Sebagai Alternatif Murah

Apple Watch SE

Untuk pertama kalinya, Apple menambahkan varian baru pada perangkat wearable berjenis smartwatch ini. Setelah perkenalkan Series 6, Apple hadirkan Apple Watch SE bagi konsumen yang menginginkan smartwatch Apple dengan harga murah. Desainnya sendiri gunakan model dari Series 3, dengan dimensi layar lebih besar 30%.

Chipset yang digunakan adalah Apple S5 dari Series 5, sementara fitur kesehatan lainnya tak kalah lengkap dengan Series 6. Sebut saja always-on altimeter, sleep tracking dan pendeteksi gerakan cuci tangan otomatis. Juga fall detection atau pendeteksi apabila penggunanya terjatuh, secara otomatis mengirim pesan darurat ke kontak yang sudah disesuaikan.

Kecuali untuk mengukur tekanan oksigen dalam darah (SpO2) serta VO2 Max—mungkin agar menjadi diferensiasi kedua produk. Seri ini juga belum mendukung always-on display. Hadir dalam dua ukuran (40mm & 44mm), masing-masing dibanderol seharga USD279 (Rp4,1 jutaan) & USD309 (Rp4,5 jutaan).