Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Apple iPad Air (2020) Tampil dengan Desain Baru, Pakai Chipset A14 Bionic

1 3.093

Acara peluncuran virtual, Apple Event di bulan September 2020 baru saja berlangsung semalam (16/9) tepat pukul 00:00 WIB di Indonesia. Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, kali ini Apple tidak memperkenalkan iPhone terbaru. Atau lebih tepatnya belum, karena kabarnya bakal hadir agak mundur di acara terpisah.

Lalu apa yang diperkenalkan oleh Apple kali ini? Selain smartwatch terbarunya, Apple juga perkenalkan generasi terbaru dari dua perangkat tablet paling populer mereka, yaitu iPad dan iPad Air. Hadir dengan prosesor yang ditingkatkan, iPad Air menarik perhatian karena punya chipset yang benar-benar baru, hadir dalam banyak opsi warna dan Touch ID generasi terbaru.

Untuk penamaannya, Apple hanya akan menyebutnya dengan ‘all-new iPad Air’ atau iPad Air (2020). Desainnya kini berubah total, dibuat lebih mirip atau mendekati seri iPad Pro. Ada lima opsi warna yang bisa dipilih: silver, space gray, rose gold, green dan sky blue. Tanpa home button, Touch ID punya peletakan yang baru.

Baca juga: Apple iPad Pro 2020 Hadir dengan LiDAR Scanner & Magic Keyboard Baru

Keunggulan iPad Air (2020), Gunakan A14 Bionic

iPad Air 2020

Untuk membuka kunci layar dengan aman, pengguna bisa menempelkan sidik jari mereka ke tombol power yang ada di samping atas bodi. Sementara di bagian depan, iPad Air terbaru kini punya layar lebih besar di 10,9 inci, Liquid Retina display yang sudah mendukung standar warna P3 wide color gamut.

Peningkatan paling masif yang dibawa Apple ke iPad Air (2020) adalah chipset A14 Bionic. Ya, ini adalah chipset baru, bukan chipset dari generasi iPhone lama seperti yang biasa dilakukan oleh Apple. Menjadi yang pertama di industri dengan fabrikasi 5nm, chipset terbaru ini bawa peningkatan performa 40% dan olah grafis 30%.

iPad Air 2020

Di dalam A14 Bionic juga disematkan Neural Engine 16 inti plus akselerator machine learning untuk kecepatan kalkulasi 10 kali lebih tinggi. Semuanya dikombinasikan untuk proses pengenalan gambar, gerakan dan lainnya secara instan. Saat perilisan, Apple menunjukkan bagaimana sebuah aplikasi DJ bisa mengenali gestur tangan yang bergerak di atas layar iPad Air dengan sangat responsif.

Kamera depannya beresolusi 7MP, sementara kamera belakangnya sama seperti milik iPad Pro terbaru yaitu 12MP yang dilengkapi stabilisasi video. Speakernya kini dibuat stereo, sementara untuk konektivitas, akhirnya iPad Air juga sudah mengusung port USB-C yang mendukung transfer data hingga 5Gbps.

Bakal hadir dengan iPadOS 14, iPad Air (2020) akan mulai tersedia Oktober 2020 secara bertahap di 30 negara. Varian termurah engan memori 64GB Wi-Fi only dijual seharga USD599 (Rp8,8 jutaan), sementara untuk varian 4G LTE sedikit lebih tinggi di USD729 (Rp10,8 jutaan).

iPad Generasi ke-8 Usung Desain Sama, Gunakan A12 Bionic

iPad 8th Gen

Tidak memerlukan performa yang jauh lebih tinggi? Apple juga perbarui seri iPad dasar mereka, alias iPad 8th Gen (iPad generasi ke-8). Hampir semuanya dibuat masih sama, baik secara desain, layar 10,2 inci Retina display, home button dengan Touch ID di depan serta spesifikasi kameranya.

Yang diperbarui oleh Apple hanyalah chipsetnya saja, kali ini sudah menggunakan Apple A12 Bionic, yang sudah digunakan di seri iPhone XS dan iPhone XR. Dibandingkan dengan generasi ke-7, iPad terbaru ini punya peningkatan performa sebesar 40% dan peningkatan olah grafis 2 kali lipat.

Bahkan secara berani menyebutkan jika performanya enam kali lebih kencang dari Chromebook paling populer di pasaran. Chipset tersebut juga membuat iPad 8th Gen memiliki Neural Engine, untuk kebutuhan aplikasi dengan augmented reality (AR), edit foto lebih cepat serta lainnya.

iPad 8th Gen tersedia untuk dipesan mulai hari ini di situs resmi Apple dan aplikasi Apple Store mulai dari 25 negara. Varian 32GB Wi-Fi only dijual mulai USD329 (Rp4,8 jutaan), sementara varian Wi-Fi + cellular sedikit lebih tinggi di USD459 (Rp6,8 jutaan).