Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Apple iPad Pro 2020 Hadir dengan LiDAR Scanner & Magic Keyboard Baru

1 12.259

Apple baru saja memperkenalkan generasi terbaru dari perangkat tablet portable paling powerful mereka, iPad Pro. Perangkat ini diperkenalkan secara daring atau online saja, mengingat Apple pun tidak mengadakan Worldwide Developers Conference (WWDC) 2020 secara offline, merespon situasi pandemik COVID-19 saat ini.

Dengan prosesor baru, iPad Pro 2020 diklaim lebih cepat bahkan dari banyak perangkat Windows PC sekalipun. Kameranya juga diperbarui dengan dua sensor tambahan, yang salah satunya cukup spesial. Tablet ini juga bisa ‘melayang’ dengan aksesori keyboard baru yang kini dilengkapi dengan trackpad.

Fitur Baru di iPad Pro 2020

Performa A12Z Bionic iPad Pro 2020

“iPad Pro baru memperkenalkan teknologi canggih yang belum pernah ada dalam komputasi mobile,” ujar Phil Schiller, Senior Vice President, Worldwide Marketing untuk Apple. “Menggabungkan mobile display dengan performa yang kuat, kamera pro, audio pro, terobosan pemindai LiDAR dan Magic Keyboard baru dengan Trackpad, ini merupakan lompatan besar untuk iPad. Tidak ada perangkat lain di dunia seperti iPad Pro baru, dan kami pikir pelanggan kami akan menyukainya.”

Baca juga: Deretan Ponsel Flagship Besutan Apple

iPad Pro 2020 banyak digunakan untuk edit video resolusi tinggi maupun desain model 3D, maka dari itu, Apple meningkatkan performanya dengan chip Apple A12Z Bionic. Chip ini dilengkapi 8-core CPU & 8-core GPU, ditambah Neural Engine yang diperbarui serta arsitektur termal yang ditingkatkan. Dikombinasikan dengan dukungan Wi-FI 6, gigabit-LTE dan baterai yang tahan hingga 10 jam pemakaian, iPad Pro 2020 dirancang agar pengguna bisa fokus menjadi produktif dan kreatif sepanjang hari.

Hadir dalam dimensi layar 11 & 12,9 inci, layar Liquid Retina di iPad Pro punya standar warna P3 dengan teknologi ProMotion, memiliki refresh rate hingga 120 Hz untuk responsivitas yang tinggi. Dengan True Tone, kombinasi warna bisa berubah otomatis menyesuaikan pencahayaan di sekitar, serta mendukung high brightness dan lapisan anti-reflektif agar tetap jelas saat digunakan di luar ruangan.

Kamera iPad Pro 2020

Nah, ketika dibalik, terlihat modul kamera baru untuk iPad Pro terbaru ini. Setup kameranya terlihat seperti iPhone 11, kini punya kamera 12MP yang mampu merekam hingga resolusi 4K dan kamera kedua 10MP ultra wide-angle. Selain kamera, iPad Pro 2020 dilengkapi lima mikrofon yang diklaim setara dengan kualitas mikrofon studio, sehingga cocok digunakan untuk profesional seperti pembuat film, podcast dan kreator konten lainnya.

LiDAR Scanner iPad Pro 2020

Di sebelah dua kamera utama iPad Pro 2020, ada sebuah sensor baru yang juga digunakan oleh Google Maps pada mobil Street View mereka untuk merekam peta 3D jalanan. Sensor tersebut adalah LiDAR Scanner, yang bisa mendeteksi jarak objek sekitar sampaai lima meter, bekerja baik indoor maupun outdoor. Dikombinasikan dengan data dari kamera dan sensor gerakan, iPad Pro bisa menghasilkan model virtual 2D maupun 3D dalam ruangan untuk simulasi akurat, maupun anatomi tubuh yang bisa digunakan untuk dokter dan pasien.

Harga & Aksesori Baru iPad Pro 2020

Magic Keyboard iPad Pro 2020

Selain cocok dipasangkan dengan aksesori Apple Pencil, Apple memperkenalkan Magic Keyboard baru yang kini dilengkapi dengan trackpad. Dengan hinge yang didesain unik, layarnya bisa dibuat melayang dengan viewing angle yang bisa diubah hingga 130 derajat. Tombol-tombol pada keyboardnya dilengkapi dengan lampu backlit, dan iPadOS 13.4 menambahkan dukungan trackpad untuk mempermudah editing teks.

Aksesori baru tersebut dijual seharga 299 USD (Rp4,7 jutaan), sedangkan perangkatnya sendiri, iPad Pro varian termurah (11 inci Wi-Fi only) dijual mulai 799 USD (Rp12,7 jutaan). Ada empat pilihan memori yang disediakan, mulai 128GB, 256GB, 512GB hingga 1TB.

iPad Pro 2020 dijual di 30 negara dan region terpilih mulai pekan depan, sementara iPadOS 13.4 juga akan hadir untuk iPad Air 2 ke atas, iPad 5th generation ke atas dan iPad mini 4 ke atas mulai 24 Maret 2020 mendatang, menghadirkan dukungan penggunaan trackpad ke seri iPad lainnya, termasuk perangkat mouse lewat sambungan Bluetooth & USB.


Beli produk Apple di:

Eraspace (erafone) Lazada.co.id