Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Deretan Ponsel Flagship Besutan Apple

smartphone flagship merupakan perangkat utama dari vendor yang fitur dan spesifikasinya sangat mumpuni. Oleh karena itu, tentunya setiap ponsel flagship menjadi representasi sebuah brand dan positioning mereka.

Konsumen pun memberi perhatian khusus pada deretan ponsel flagship. Bukan untuk pamer, konsumen pun lebih cerdas dalam memilih dan menjadikannya untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Salah satu produsen yang terkenal dengan ponsel flagship adalah Apple melalui merek iPhone.

Bahkan, Apple sama sekali tidak masuk ke pasar menengah dan menengah ke bawah. Berbeda dengan lainnya, raksasa teknologi yang didirikan mendiang Steve Jobs tersebut hanya merilis smartphone sekali dalam satu tahun. Dan semua rangkaian produk yang dirilis adalah high-end alias flagship.

Memproduksi perangkat flagship tidak membuat perusahaan menjual produk dalam jumlah sangat banyak. Makanya iPhone belum pernah sekalipun masuk ke dalam jajaran lima besar produsen yang menjual ponsel terbanyak. Di sisi lain, dengan menjual produk yang harganya mahal, margin keuntungan yang diperoleh jauh lebih besar dibanding ponsel low-end.

Sesuai tradisi, Apple biasanya merilis iPhone di bulan September. Artinya, satu bulan lagi kita bakal melihat smartphone terbaru iPhone. Sembari kita menunggu seperti apa terobosan yang dihadirkan Apple, mari kita flashback seperti apa ponsel flagship iPhone yang terakhir dirilis pada tahun lalu.

Baca juga: iPhone 7 Plus, Masih Layakkah Dibeli di Tahun 2019?

Daftar ponsel flagship Apple

Related Posts
1 daripada 19
iPhone XS, XS Max dan XR

Ponsel flagship andalan iPhone yang pertama yaitu iPhone XS. iPhone XS memiliki layar HDR OLED “Super Retina” diagonal 5,8 inci dengan 458 piksel per inci, lebih besar ukurannya ketimbang iPhone 8 dengan layar 5,5 inci. Ukuran iPhone XS sedikit lebih tipis sehingga memiliki total volume layar yang lebih sedikit pula.

Kamera 12 megapiksel (MP) dilengkapi fitur stabilisasi, optical zoom 2X, ditambah fitur mode Potret kontrol kedalaman yang baru. Harga iPhone XS diperkirakan adalah Rp 14 jutaan untuk 64GB, Rp 17 jutaan untuk 256 GB, atau Rp 20 jutaan untuk 512 GB.

Kemudian ponsel flagship yang kedua adalah XS Max. Dengan mengusung layar “Super Retina” HDR 6,5 inci adalah layar terbesar yang pernah disematkan pada iPhone. Jika dibandingkan, iPhone XS Max mengerdilkan layar 8 Plus. Layar yang besar dan bezel yang nyaris tak terlihat menutupi sebagian besar dari wajah ponsel. Lensa kembar 12 megapiksel menstabilkan gambar dan menawarkan zoom optik 2x, serta kontrol kedalaman mode Portrait.

iPhone XS dan iPhone XS Max ditawarkan dengan tiga pilihan warna, yakni silver, space gray, dan gold.

Dan ponsel flagship yang terakhir yaitu iPhone XR. Lebih sedikit piksel dan tidak dilengkapi layar HDR bukan berarti XR tidak akan terlihat secantik model XS. Dengan bodi aluminum, XR memiliki enam varian, yaitu putih, hitam, biru, kuning, karang dan merah. XR hanya memiliki satu lensa kamera 12 MP, sehingga tidak menawarkan stabilisasi atau zoom optik 2X seperti versi yang lain. Walaupun begitu, iPhone XR masih mendapatkan depth control yang baik dan mode bokeh Portrait yang keren.

Harga iPhone XR lebih murah dibanderol dengan harga Rp 11 jutaan untuk 64 GB, dengan Rp 11,8 jutaan untuk 128 GB dan Rp 13 jutaan untuk 256 GB.