Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Sony Xperia 5 II, Smartphone Kompak dengan Snapdragon 865

0 5.567

Ketika semua smartphone flagship berlomba-lomba hadir dengan spesifikasi layar canggih berdimensi besar, sangat jarang produsen yang merilis smartphone dengan desain kompak. Punya performa tinggi, namun tetap nyaman digunakan dengan satu tangan. Apple mencoba hadirkan alternatif dengan iPhone SE (2020), namun dengan desain lawas alias punya bezel yang tebal.

Untuk smartphone Android, yang paling dinantikan adalah penerus dari seri kompak Xperia. Dan Sony menjawabnya dengan merilis Xperia 5 II. Ini bukanlah penerus, namun versi kecil dari Xperia 1 II dalam dimensi lebih kecil. Walaupun begitu, teknologi layar serta kamera barunya tetap dibawa, plus kapasitas baterai yang lebih besar.

Desainnya masih dibuat sama, sangat khas perangkat Sony Xperia sejak dulu. Sudut-sudut Xperia 5 II dibuat tegas, dengan permukaan kaca Gorilla Glass 6 di bagian depan dan belakang. Disematkan tiga kamera utama di bodi belakang, diletakkan di sudut kiri atas. Sementara sensor sidik jarinya menyatu dengan tombol power di samping.

Baca juga: Wireless Headphone Canggih, Sony WH-1000XM4 Hadir Resmi di Indonesia

Keunggulan Sony Xperia 5 II

Xperia 5 II

Dengan ketinggian 158mm dan lebar hanya 68mm, Sony Xperia 5 II punya ketebalan 8mm dan bobot 163 gram. Layarnya punya rasio lebar 21:9, gunakan panel OLED 6,1 inci beresolusi full HD+. Yang cukup spesial, layar ini sudah mendukung refresh rate tinggi 120Hz dengan touch sampling rate 240Hz, juga standar HDR.

Kapasitas baterainya cukup besar untuk ukuran smartphone kompak, yaitu 4.000 mAh dengan dukungan USB-PD 18W. Mendukung adaptive charging, Xperia 5 II akan mengisi daya penuh hanya saat di penghujung waktu tidur, atau di pagi hari. Dan hebatnya, Sony masih bisa menyematkan jack audio 3,5mm, lengkap dengan speaker stereo.

Xperia 5 II gunakan chipset Qualcomm Snapdragon 865 (tanpa Plus), dipasangkan dengan RAM 8GB serta pilihan memori internal 128GB/256GB. Mendukung 5G, smartphone ini juga hadir dengan opsi dual SIM hybrid, sekaligus slot kartu microSD.

Unggulkan kemampuan gaming, terdapat fitur game enhancer dimana pengguna bisa mengunci refresh rate, motion blur dan touch response. Juga diberikan fitur power bypass, dimana kita bisa hanya gunakan input daya dari kabel USB-C, tanpa menggunakan baterainya. Tujuannya supaya smartphone tidak overheat ketika digunakan bermain berlama-lama.

Setup tiga sensor kamera dari Xperia 1 II juga dibawa ke seri kompak terbaru yang satu ini. Masing-masing punya resolusi yang sama yaitu 12MP. Sensor utamanya, 24mm punya dimensi fisik besar 1/1,7 inci, punya diafragma f/1.7 dengan Dual Pixel PDAF & OIS. Lalu ada sensor telefoto 70mm (3x zoom) f/2.4 dengan OIS, dan ultra-wide 16mm f/2.2. Yang absen adalah sensor 3D Time-of-Flight (ToF).

Xperia 5 II punya keunggulan pada perekaman videonya, jadi salah satu smartphone pertama yang bisa merekam video 120fps dalam format 4K HDR. Selain itu, juga ada aplikasi Pro Video khusus untuk perekaman dengan variabel yang bisa dikustomisasi. Kemampuan fokusnya tidak main-main, presisi 60 kali dalam satu detik, dan dengan Real-time Eye Tracking AF.

Harga Sony Xperia 5 II

Sony Xperia 5 II

Menjadi smartphone flagship, Sony Xperia 5 II tentu punya banderol harga premium. Bakal hadir dalam empat pilihan warna (Black, Grey, Blue & Pink), pemesanannya dimulai di Amerika Serikat pada 29 September mendatang. Harga yang dipatok mencapai USD950 (Rp14 jutaan), dan unit baru dikirim awal Desember mendatang.

Selama masa pre-order, konsumen bisa mendapatkan bonus gaming bundle lengkap dengan headset, powerbank dan 21,600 poin Call of Duty Mobile. Tentunya, urungkan niat untuk menunggu kehadirannya secara resmi, karena Sony Mobile sudah pamit sejak lama dari Tanah Air.