Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Razer Viper 8K, Mouse Gaming Paling Responsif di Dunia

0 2.321

Kembali hadirkan sebuah tetikus (mouse) yang punya performa tinggi, baru-baru ini Razer hadirkan perangkatnya yang menjadi mouse paling kencang atau responsif di dunia. Dinamakan Razer Viper 8K, embel-embel di akhir penamaannya bukanlah sama seperti resolusi pada layar TV, melainkan untuk penamaan hal lain.

Hadir sebagai mouse gaming, Razer Viper 8K adalah mouse pertama di dunia dengan polling rate 8000Hz. Perangkat ini merupakan sebuah penyempurnaan dari versi Viper yang sudah rilis 2019 lalu. Hampir seluruh bagian eksteriornya masih sama alias identik, pun begitu dengan harga yang ditawarkan. Namun kini membawa pembaruan yang bisa membawa keuntungan untuk pemain gim profesional.

Pembaruan utamanya adalah dengan menurunkan tingkat latensi yang menjadi bagian penting dalam gameplay. “Tak seperti DPI, latensi yang rendah menguntungkan semua sektor mulai dari pemain kasual hingga profesional dengan memotong beberapa milidetik penting dari waktu respon,” ujar Alvin Cheung, Senior VP, Razer untuk bagian peripheral.

Dalam sebuah rilis yang diterima Gizmologi (28/1), Alvin juga menyebutkan bila selama proses uji coba dengan sekumpulan besar atlit esport, banyak yang laporkan gerakan yang lebih smooth dan responsif secara signifikan, saat menggunakan Hyperpolling Technology yang ada di mouse gaming Razer Viper 8K.

Baca juga: Razer Naga X, Mouse Khusus MMO Gaming dengan 16 Tombol Kustom

Lebih Responsif dengan HyperPolling Technology

Razer Viper 8K

Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan polling rate? Ini adalah jumlah frekuensi di mana perangkat (yang di sini adalah Razer Viper 8K), mengirimkan data ke PC. Mungkin kalau di televisi, bisa dianalogikan seperti refresh rate. Standar mouse saat ini adalah 1000Hz atau 1000 kali per detik. Milik Razer? Delapan kali lebih tinggi.

Dengan Razer HyperPolling Technology, Razer Viper 8K mampu mencapai polling rate sebesar 8000Hz, memanfaatkan USB micro-controller berkecepatan tinggi. Artinya, setiap detiknya perangkat mouse terbaru Razer ini mengirimkan sinyal 8000 kali untuk pergerakan kursor, mengurangi input delay dari 1ms menjadi 1/8ms.

Teknologi HyperPolling Technology juga bisa mengimbangi refresh rate monitor yang lebih cepat, sehingga delay antara data terakhir dengan frame rendering bisa lebih sedikit. Berikan output pergerakan yang lebih halus dan up-to-date, mengurangi micro-stutter dan efek jumping dari posisi kursor.

Kecepatan ini sangat krusial, terutama untuk pemain gim profesional yang memainkan judul gim first person shooter yang memang butuhkan responsivitas tinggi. Razer sendiri menyebutkan bila efek 8000Hz ini tidak terlalu terasa di awal, terutama untuk pemain gim kasual. Namun bakal sangat membantu untuk atur pergerakan atau gerakan menembak saat main gim FPS.

Selain itu, input kliknya juga ditingkatkan dengan tactile feedback lebih baik, sehingga setiap klik memiliki rasa dan suara lebih menyenangkan dari seri sebelumnya. Ditambah dengan Razer Focus+ Optical Sensor yang punya akurasi resolusi 99,6% terbaik di kelasnya. Bobotnya hanya 71 gram, dan punya 8 tombol yang bisa diprogram sesuai kebutuhan.

Harga Razer Viper 8K

Razer Viper 8K

Lalu berapa harga yang ditawarkan untuk sebuah mouse yang juga dilengkapi dengan Razer Chroma RGB satu ini? Razer Viper 8K dijual resmi di Indonesia dengan harga Rp1,299 juta. Konsumen mulai dapat membelinya di situs dan toko ritel resmi Razer pada tanggal 7 Februari 2021 mendatang.

Ya, harganya sama persis dengan Razer Naga X yang juga baru-baru ini dirilis. Perbedaan yang paling mencolok adalah dalam hal kustomisasi, di mana mouse yang satu ini punya lebih banyak tombol untuk segala pintasan yang dibutuhkan oleh konsumen.