Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Razer Naga X, Mouse Khusus MMO Gaming dengan 16 Tombol Kustom

1 4.279

Tidak hanya dikenal dengan perangkat seperti laptop dan smartphone gaming, Razer juga menjadi salah satu merek yang rilis aksesori gaming paling lengkap nan unggul. Baru-baru ini, perusahaan yang betempat di California tersebut hadirkan Razer Naga X, sebuah gaming mouse yang ringan dan kaya akan kustomisasi.

Ya, sebuah mouse atau tetikus tak hanya harus nyaman untuk digenggam saja, namun juga harus responsif dan memenuhi seluruh keperluan penggunanya, terutama mereka yang memang hobi bermain game berjudul MMO. Razer Naga X dibuat khusus kepentingan tersebut, di mana pemain bakal membutuhkan banyak kendali maupun pintasan untuk dikuasai.

Dan “Naga” sendiri adalah lini mouse gaming khusus dari Razer, di mana sebelumnya sudah tersedia Razer Naga Trinity dan Naga Pro yang hadir untuk gim MOBA dan MMO. Razer Naga X sendiri menjadi salah satu yang termurah, tak gunakan sistem nirkabel atau wireless. Namun memiliki bobot yang jauh lebih ringan.

Baca juga: CES 2021: Razer Blade Series Hadir dengan Opsi Layar 4K & Refresh Rate 360Hz

Masa Pakai Razer Naga X Ditingkatkan Hingga 70 Juta Klik

Razer Naga X

Agar cocok menjadi pilihan mouse terjangkau yang reliabel, Razer Naga X sudah menggunakan optik generasi kedua seperti varian-varian yang lebih mahal. Tujuannya supaya memiliki masa pakai yang lebih lama. Diklaim hingga 40% lebih awet, dengan total 70 juta klik (lebih dari klaim 50 juta dari produk sebelumnya). Meski bobotnya hanya 85 gram saja, Razer masih sediakan total 16 tombol.

12 tombolnya berada di bodi samping kiri, mudah dijangkau oleh ibu jari. Keseluruh tombol tersebut ini bisa dikustomisasi sesuai keperluan masing-masing pengguna. Dengan Rzer 5G Advanced Optical Sensor, Razer Naga X memiliki tingkat presisi sangat tinggi hingga 18,000 DPI. Ditambah mouse feet berbahan PTFE agar perangkat bisa digerakkan secara halus.

Selain seluruh tombol yang bisa dikustomisasi, mouse Razer Naga X juga dilengkapi dengan pencahayaan Chroma RGB. Karena belum wireless, perangkat ini menggunakan kabel berbahan soft braided Razer SPEEDFLEX. Razer mendesainnya untuk kenyamanan penggunaan pemain tangan kanan, didesain dengan peletakan tombol yang sudah disesuaikan.

Untuk mengurangi delay, teknologi Razer optical micro-motion hanya memiliki response time 0,2ms saja. Sementara untuk mengatur fungsi dari masing-masing 16 tombol, disiapkan software Razer Synapse Thunder Cloud. Razer Naga X juga dilengkapi memori agar bisa hasilkan file konfigurasi, supaya pengguna bisa melakukan backup konfigurasi pribadi.

Harga Resmi Razer Naga X

Razer Naga X

Hadir dengan harga yang lebih terjangkau dari seri Trinity dan Pro X, Razer Naga X dijual seharga CNY499, atau sekitar Rp1 jutaan. Perangkat ini sudah tersedia di situs e-dagang lokal Tmall, dan bakal menyusul secara global dalam beberapa waktu mendatang.

Sementara di Indonesia, harga resminya Rp1,299 juta. Dengan fungsi dan tingkatan kustomisasi yang tinggi, perangkat ini cocok untuk penggunaan tingkat basic hingga advanced. Namun tentunya bukan untuk mereka yang cari mouse praktis tanpa kabel.