Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Membedah Fitur Smartphone Huawei Y7 Pro 2019 di Indonesia

Setelah gencar memasarkan segmen premium (P & Mate series) dan menengah (Nova series), kini Huawei pun berupaya untuk lebih memperkuat di segmen low-end. Mengawali tahun 2019, Huawei meluncurkan seri Y7 Pro edisi baru. Fitur Huawei Y7 Pro 2019 ini menghadirkan fitur ala smartphone premium dengan harga kelas entry-level.

Huawei memasarkan Y7 Pro 2019 sebagai smartphone yang ditujukan bagi anak muda pemberani, penuh semangat, kreatif dan penuh ide.  Smartphone ini juga dianggap cocok bagi yang suka menciptakan konten, karena beberapa aspek dari sisi spesifikasi dan fitur-fitur telah terpenuhi.

Desain anak muda tercermin dari pilihan warna yang tersedia yaitu Midnight Black dan Aurora Blue. Midnight Black dianggap mewakili anak muda yang penuh dengan sisi misterius, introvert namun pemberani dan pantang menyerah. Sementara Aurora Blue mencirikan kaum muda yang ceria, penuh semangat dan ekstrovert.

Dua warna yang indah ini juga terinspirasi dari warna-warna yang ada di alam semesta, yang melekat indah di bodi bagian belakang keramiknya. Perangkat ini dirancang dengan tubuh berbahan polycarbonat untuk meningkatkan daya tahan terhadap goresan yang bakal merusak penampilan dan estetikanya.

Fitur Huawei Y7 Pro 2019

Kamera menjadi fitur yang paling ditonjolkan. Kamera belakang diperkuat komposisi dual camera: 13MP dan 2 MP. Fitur Huawei Y7 Pro 2019 memiliki nilai aperture dengan rentang f-stop yang besar, dimulai dari f/1.8 hingga f/16. Rentang nilai aperture seperti ini akan menghasilkan efek bokeh yang baik.

Selain itu, kamera juga telah dilengkapi dengan teknologi artificial intelligence (AI) untuk meningkatkan kualitas hasil foto. Kamera mampu mengenali 22 objek berbeda yang terdiri dari, langit, manusia, binatang, sampai pantai.  Pengguna bisa menghasilkan foto portrait yang mengagumkan berkat aperture (bukaan lensa) kamera yang besar.

Adapun kamera depan memakai lensa beresolusi 8MP. Walaupun resolusinya tergolong rendah dibanding kebanyakan ponsel zaman now, tapi sudah mencukupi sekadar untuk swafoto. Agar bisa lebih mudah dalam memanfaatkan kamera depan, Huawei juga telah menyiapkan fitur Easy Hands-Free Shooting. Foto selfie akan menjadi lebih mudah dengan memanfaatkan kontrol gerakan dan deteksi senyuman.

Secara teknis, dengan menggunakan kontrol gerakan pengguna yang akan dipotret dan berada di dalam frame dapat dengan mudah menggunakan telapak tangannya untuk memicu timer kamera. Sementara smile detection apabila telah di-enable, Anda bisa memotret hanya dengan senyuman.

Kamera depan ini juga membantu fungsi penguncian layar untuk mengamankan perangkat melalui fitur Face Unlock 2.0. Dengan memanfaatkan AI dan kamera depan, perangkat dapat mengotentikasi identitas pengguna dan membuka kunci perangkat dengan cepat.

Walaupun fitur kameranya cukup kekinian, namun kamu sebaiknya menyadari bahwa bagaimanapun juga, ini ponsel entry level. Hasilnya pasti tidak bisa dibandingkan dengan kelas yang di atasnya, seperti Huawei P20 Pro dan Huawei Mate 20 yang terkenal jagonya kamera, bahkan dibanding Huawei Nova 3i sekalipun. Karena sensor lensa yang dipakai pun berbeda.
Baca juga: Mengenal EMUI 9.0, Platform Antarmuka Terbaru dari Huawei

Untuk memaksimalkan pengalaman penggunaan, fitur Huawei Y7 Pro 2019 dibekali dengan bentang layar seluas 6,26 inci. Smartphone dengan panel layar terteknologi HD ini, semakin dipercantik dengan desain kamera Dewdrop di atasnya. Ini bukanlah hal yang baru, karena kompetitornya seperti OPPO dan Realme telah lebih dulu menerapkan konsep layar dewdrop atau poni kecil mirip tetesan air.

Related Posts
1 daripada 193

Huawei Y7 Pro dibekali baterai berkapasitas 4000mAh yang bisa dipakai seharian untuk sekali isi daya. Huawei mengklaim, baterai ini bahkan masih terus dapat diandalkan bahkan sampai dua tahun lamanya dengan penggunaan normal. Sayangnya, fitur Huawei Y7 Pro 2019 tidak dibekali dengan pengisian daya cepat alias fast charging. Dengan kapasitas baterai besar tanpa fast charging, maka akan butuh waktu yang cukup lama untuk mengisi daya.

Agar penggunaan baterai dapat dihemat, Huawei Y7 Pro, yang sudah memakai sistem operasi EMUI 9.0 berbasis Android P dan memiliki sistem manajemen baterai yang pintar. Sistem akan mendeteksi aplikasi yang menyedot banyak daya baterai di background dan segera mengingatkan pemiliknya. Penggunaan baterai pada tiap-tiap perangkat keras di dalam smartphone ini juga bisa dilihat.

Tak usah khawatir kehabisan tempat untuk menyimpan berbagai aplikasi dan file yang menarik dan menghibur, seperti dokumen, game, foto, musik, dan video. Saat ini varian yang tersedia adalah RAM 3GB dan ROM 32GB yang bisa ditingkatkan dengan slot kartu MicroSD sampai 512GB.

Untuk mendukung kinerja, Huawei Y7 Pro ditopang oleh chipset Qualcomm Snapdragon 450 octa-core. Chipset berteknologi 14nm ini mengandung delapan core ARM Cortex-A53 yang sangat efisien dengan kecepatan sampai 1.8GHz, untuk menyajikan performa multi-core yang luar biasa tapi dengan penggunaan baterai yang efisien.  Dengan pemroses grafis Andreno 506 GPU yang didukung oleh Vulkan, menghasilkan performa grafis yang mulus saat kamu memainkan game yang membutuhkan grafis tinggi.

Ini agak di luar kebiasaan bagi Huawei yang biasanya cukup percaya diri menggunakan prosesor Kirin besutannya sendiri. Tapi sekarang justru memilih chipset dari kompetitor, walau ini tidak ada salahnya. Karena Samsung pun melakukan hal yang demikian untuk beberapa produknya. Mungkin pengembangan teknologi chipset HiSilicon Kirin belum bisa optimal untuk kelas low-end.

Ponsel ini juga belum dibekali sensor sidik jari. Sebagai gantinya, pengguna diberi fitur Face Unlock 2.0 untuk akses ke ponsel dengan cepat tanpa perlu memasukkan password.

Fitur Huawei Y7 Pro 2019 lainnya yang cukup penting bagi kalangan entry level adalah Easy Mode. Fitur ini menyajikan pengalaman akses yang lebih mudah dengan font yang lebih besar, ikon yang lebih besar, dan volume yang lebih kencang. Antarmuka yang disederhanakan akan membuat navigasi di smartphone ini bebas dari stres dan mudah dimengerti.

Harga Huawei Y7 Pro 2019

Untuk memasarkan ponsel ini, Huawei bekerja sama secara ekslusif dengan situs belanja Lazada.

Berkat kerjasama tersebut, anak-anak muda bisa mendapatkan smartphone Huawei Y7 Pro yang dilengkapi dengan fitur-fitur mumpuni tanpa perlu merogoh kocek dalam-dalam.

Huawei Y7 Pro mulai dipasarkan tanggal 25 Januari 2019 jam 11.00 WIB secara eksklusif di Lazada dan dibanderol dengan harga mengejutkan, yaitu Rp1.999.000 dengan penawaran menarik berupa potongan voucher Rp50.000 bagi 2.000 pembeli pertama.

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.